Sedekah Sebagai Media Pendidikan Berkarakter Untuk Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini
Abstract
Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan maupun kebangsaan sehingga menjadi insan kamil. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan tentang sedekah sebagai media pendidikan karakter untuk meningkatkan kecerdasan spiritual pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sedekah dapat meningkatkan kecerdasan spiritual anak usia dini. Sedekah adalah pemberian kepada orang lain tanpa melihat apakah yang diberi itu orang kaya ataupun orang fakir. Sedekah dapat dijadikan sebagai media pendidikan berkarakter untuk mencerdaskan otak spiritual anak. Sedekah yang diajarkan kepada anak usia dini bukan hanya yang bersifat materiil saja tetapi juga meliputi sedekah yang paling ringan yaitu tersenyum, berkata yang baik, memberi salam, dan meminjamkan sesuatu kepada yang lain.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arifin, Agus. 2011. Dalil-dalil dan Keutamaan Zakat, Infak, Sedekah, Jakarta: Gramedia.
Hamid, Hamdani dkk. 2013. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Koesoema A, Doni. 2007. Pendidikan Karakter : Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern. Jakarta: PT Grasindo
Kushartanti, BM Wara. 2003. Perkembangan Aplikasi Neurosains dalam Pembelajaran di TK. Yogyakarta: FIK UNY.
Mahyudin. 1999. Kuliah Akhlak Tasawuf. Jakarta: Kalam Mulia.
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Pasiak, Taufik. 2008. Revolusi IQ/EQ/SQ: Menyingkap Rahasia Kecerdasan Berdasarkan al-Quran dan Neuorosains Mutakhir. Bandung: Mizan.
Rakhmat, Jalaludin. 2007. SQ For Kids, Mengembangkan Kcerdasan Anak Sejak Dini. Bandung: Mizan.
Suyadi, dkk. 2012. Konsep Dasar Paud. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suyadi. 2013. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. Bandung: Remaja Rosda Karya.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2409
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional