Penanaman Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini

M. Nailash Shofa

Abstract


Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak-anak sejak lahir sampai usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu partumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Pendidikan anak usia dini diharapkan dapat membantu mengembangkan atau menumbuhkan kebiasaan anak didiknya menjadi anak yang berkarakter mulia (anak yang berakhlak mulia). Oleh karena itu, pendidikan karakter sangat perlu dikembangkan di lembaga pendidikan anak usia dini.

Yang dimaksud Pendidikan karakter dalam hal ini adalah suatu usaha mengenai proses yang secara sistematis dilakukan untuk mengembangkan intelegensi, bakat khusus dan emosional anak didik agar terbentuk manusia yang berkarakter baik, dan proses itu dapat dilakukan melalui pengajaran, pelatihan, bimbingan, pembiasaan, pemberian petunjuk, nasehat dan lain-lain.

Beberapa karakter yang ditanamkan pada anak didik di Lembaga pendidikan anak usia dini antara lain sikap empati, kasih sayang, mandiri, peduli lingkungan, kreatif, dan berani.

Penanaman beberapa karakter di atas kepada anak didik di lembaga pendidikan anak usia dini merupakan jembatan penghubung untuk menjembatani perubahan lingkungan maupun psikis anak saat akan masuk ke jenjang yang lebih tinggi.

Keywords


pendidikan karakter, anak usia dini

References


Ahmad Tafsir, 2000, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Rosda Karya.

Anas Salahudin, Irwanto Alkrienciehie, 2013, “Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa)”, Bandung: CV. Pustaka Setia.

Elizabeth Harlock, 1991, Development Psycology, Terjemah, Istiwidayanti, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga.

Fuaduddin TM, 1999, Pengasuhan Anak dalam Keluarga Islam, Jakarta: Lembaga Agama dan Jender.

Haedar Nashir, 2013, Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya, Multi Presindo, Yogyakarta,.

Heris Hermawan, 2012, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.

Jalaluddin, 1997, Filsafat Pendidikan, Jakarta: Gaya Media Pratama.

Muhammad Zuhaili, 2002, Pentingnya Pendidikan Silam Sejak Dini, Jakarta: A.H Ba’dillah Press.

Muhibbin Syah, 1995, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mukhlis Samani, Hariyanto, 2013, “Pendidikan Karakter,” Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, 2012, Manajemen PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

M Arifin. M.Ed, 1976, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama, Jakarta: Bulan Bintang.

M. Nipan Abdul Halim, 2002, Anak Saleh Dambaan Keluarga, Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Ramayulis, 2008, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Siti Aisyah, 2014, Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, Tangerang Selatan, Universitas Terbuka.

Suyadi, 2014, Manajemen PAUD, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyadi, 2013, “Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter”, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tana Ranggina, 1989, Pendidikan dan Psikologi, Ujung Pandang: FIP IKIP.

Zuhairini, 1995, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional