Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Efisiensi Biaya, Dan Umur Perusahaan Terhadap Islamic Social Reporting (ISR) Pada Perbankan Syariah Di Indonesia

Ari Kristin Prasetyoningrum

Abstract


Islamic Social Reporting (ISR) is one of the indices of social responsibility disclosure whose indicators refer to Islamic ethical principles. Islamic banking operates according to Islamic principles, so ISR disclosures in Islamic banking should be within the corridor of Islamic values. This study aims to identify the factors that affect the disclosure level of Islamic Social Reporting (ISR) in sharia banking in Indonesia. Factors studied in this study are company size, profitability, leverage, efficiency and age of the company. The result of the research shows that the factor of financial factor in this research is firm size (SIZE), Profitability (ROA), Leverage (DER) and Cost Efficiency (BOPO) proved not significant influence to ISR, while Company Age factor (AGE) is statistically proven significant effect on the ISR.


Keywords


capital, efficiency, profitability

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Vivi. (2015) Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR), Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Earning Response Coefficient (ERC) (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2010-2013). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Astuti, Tri Puji. (2014) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Bank Syariah di Indonesia. Eprints.ums.ac.id/29266/17/NASKAH_PUBLIKASI.pdf.

Astuti, Tri Puji.(2014) Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Pada Bank Syariah Di Indonesia. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arikunto, Suharsimi.( 2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rieneka Cipta.

Azheri, Busyra. (2006). Corporate Social Responsibility. Jakarta: Rajawali Pers.

Barnas. Alyssa Natasya; Hapsari, Dini Wahjoe; Yudowati, Siska Priyandani. Pengaruh Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2014), e-Proceeding of Management : Vol.3, No.2 Agustus 2016 | Page 1566

Bungin, Burhan. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainya. EDISI KEDUA. Jakarta: Kencana.

Darmawan, Deni. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Rosdakarya Offset.

Dewi, Indah Fitri Karunia. (2012). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Porsi Kepemilikan Publik Atas Saham Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Perusahaan Jakarta Islamic Index. Depok: Universitas Indonesia.

Fadlillah, R. N. (2014). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility . jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol.3, 1-15.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harian Neraca. “Saham Syariah Ungguli IHSG dan LQ45” Artikel diakses pada 8 Februari 2015 dari http://www.neraca.co.id/bursa-saham/35793/Saham-Sayriah-Ungguli-IHSG-dan-LQ45

Kasmir. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers. 2009

Maulida, Aldehita Purnasantri et, al., Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Multiparadigma.lecture.ub.ac.id/files/2014/09/112.pdf. 2014

Munawir, (2012). S. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Muslich, Mohamad. (2007). Manajemen Keuangan ModernAnalisis, Perencanaan, dan Kebijaksanaan, Jakarta: Bumi Aksara.

Martono, Nanang. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Analsis Isi dan Analisis Data Sekunder Edisi Revisi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Ningrum, Ratna Aditya et.,al. Pengaruh Kinerja Keuangan Kepemilikan Institusional dan Ukuran Dewan Pengawas Syariah Terhadap ISR. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/aaj. Semarang: 2013

Otoritas Jasa Keuangan. “Statistik Pasar Modal”, data diakses pada tanggal 17 Februari 2015 dari http://www.ojk.go.id/dl.php?i=2183

Prasetya, Bambang & Lina Miftahul Jannah. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Raditya, Amilia Nurul. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Pada Perusahaan Yang Masuk Daftar Efek Syariah (DES). Depok: Universitas Indonesia.

Rahmawati. (2012). Teori Akuntansi Keuangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Solihin, Ismail. (2012). Manajemen Strategik. Bandung: Erlangga.

Sunariyah. (2011). Edisi Keenam Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Yogyakarta: Unit Penerbit Dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Sudarsono, Heri. (2012). Bank dan Lembaga Keuangan SYARIAH. Yogyakarta: Ekonisia.

Sule, Ernie Tisnawati & Kurniawan Saefullah.( 2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.

Sutrisno. (2000). Manajemen Keuangan Teori Konsep & Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sudana, I Made. (2011). Manajemen Keuangan Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Sartono, Agus. (1990). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi Edisi 1. Yogyakarta: BPFE.

Suharyadi & Purwanta. (2009). Buku 2 Statistik Untuk Ekonomi dan Keuangan Modero. Jakarta: Salemba Empat.

Sarwono, Jonathan. (2012). Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS Tuntunan Praktis dalam Menyusun Skripsi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Uha, Ismail Nawawi. (2013). Budaya Organisasi Kepemimpinan Dan Kinerja. Jakara: Kencana Prenadamedia Group.

Widiawati, Septi dan Surya Raharja. “Analisis Faktor-faktor yang yang Mempengaruhi Islamic Social ReportingPerusahaan-perusahaan yang Terdapat pada Daftar Efek SyariahTahun 2009-2011”. Diponegoro Journal Of Accounting. Semarang: 2012

Wild, John J .(2005). Financial Statement Analysis Analisis Laporan Keuangan.Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/malia.v2i2.4780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance



images

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpg