Implikasi Paedagogis Alquran Surat Luqman Ayat 13-19 Tentang Materi Dasar Pendidikan Agama Islam

Muhammad Tang S, Akhmad Riadi

Abstract


Abstract

Al-Quran Surah Luqman Verses 13-19 has the scientific signals related to the basic material of Islamic education. This study aimed to determine the pedagogical implications about the material of Islamic education, which existed in Al-Quran Surah Luqman Verses 13-19. This research is a qualitative descriptive/literature review based on the revelatory approach of the Al-Quran Surah Luqman Verses 13-19. This study has two types of data called the primary data from Al-Quran and the interpretation of Surah Luqman Verses 13-19. The secondary data are taken from various written sources such as papers, magazines, educational literature, and several sources which closely related to this research. The data analysis techniques are carried out by processing, categorizing, interpreting and drawing conclusions. The primary material of Islamic education in Al-Quran Surah Luqman verses 13-19 includes faith education about the prohibition of committing syiriq to Allah, the morals towards parents, and others, the worship education which concerns the command to perform prayers, the social education includes orders to love kindness, to hate the badness, and must always be patient in life. The basic material of Islamic education can be applied in family education to form the development of the spiritual, emotional, and social intelligence of the children.

 

Keywords: Al-Quran Surah Luqman, The Basic Material of Islamic Education

Abstrak

Al-Quran Surat Luqman Ayat 13-19 mengandung isyarat ilmiah tentang materi pendidikan agama islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implikasi paedagogis tentang materi dasar pendidikan agama islam yang terkandung dalam Al-Quran Surat Luqman Ayat 13-19.  Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif/telaah kepustakaan berdasar pada pendekatan kewahyuan dari Al-Quran Surat Luqman Ayat 13-19. Terdapat dua jenis data dalam penelitian ini yakni data primer berupa ayat Al-Quran dan kitab-kitab tafsir Al-Quran Surat Luqman Ayat 13-19, dan data sekunder dari berbagai sumber tertulis seperti makalah, majalah, literatur pendidikan, dan beberapa sumber pendukung yang terkait dengan penelitian ini. Teknik pengolahan data dilakukan dengan pemrosesan, pengkategorian, penafsiran dan penarikan kesimpulan. Materi dasar pendidikan agama islam yang terkandung dalam Al-Quran Surat Luqman Ayat 13-19 meliputi materi pendidikan keimanan berupa larangan berbuat syirik kepada Allah, adab terhadap orang tua, akhlak terhadap orang lain, pendidikan ibadah yang menyangkut perintah mendirikan shalat dengan sempurna, pendidikan sosial yang meliputi perintah untuk beramar makruf nahi munkar dan perintah untuk senantiasa bersikap sabar. Materi dasar pendidikan islam tersebut dapat diterapkan dalam pendidikan keluarga untuk membentuk perkembangan kecerdasan spiritual, emosional, sosial anak secara ideal.

 Kata Kunci:  Al-Quran Surat Luqman, Materi Dasar  Pendidikan Islam


Keywords


Al-Quran Surah Luqman, The Basic Material of Islamic Education

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Rashid Ahmad. “Tafsir Al-Nasafi Dan Riwayat Isra?Iliyyat.” Al-Bayan Journal of Al-Quran & Al-Hadith, 2004.

Aizat, Mohammad, Bin Jamaludin, and Mohd Anuar Ramli. “Pengambilkiraan Al- ‘ Urf Dalam Penetapan Hukum Islam Terhadap Makanan Halal.” International Journal of Social Policy and Society, 2014.

AM, Rusydi. “PENAFSIRAN KISAH LUQMAN DALAM AL-QUR’AN: Relevansinya Dengan Pendidikan Keimanan Dalam Keluarga.” Jurnal Ulunnuha, 2019. https://doi.org/10.15548/ju.v8i1.293.

Amir, Selamat, Munirah Abd Razzak, Mohd Yakub, Zulkifli Mohd Yusoff, Kata Kunci sains Islam, Zaghlul al-Najjar, and Tafsir al-Kawniyyat. “Epistemologi Pentafsiran Saintifik Al-Quran: Tinjauan Terhadap Pendekatan Zaghlul Al-Najjar Dalam Pentafsiran Ayat Al-Kawniyyat.” Bil, 1985.

Binti Fatah Yasin, Raudlotul Firdaus, and Mohd. Shah Jani. “The Development Of ‘Ilm Tafsir And Hadith In Malaysian Educational System (Perkembangan Ilmu Tafsir Dan Hadis Dalam Sistem Pendidikan Malaysia).” Journal of Islam in Asia (E-ISSN: 2289-8077), 2019. https://doi.org/10.31436/jia.v16i1.786.

goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, Annie. Konsep Pendidikan Anak Dalam Al - Quran Surah Luqman Ayat 13-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 2019. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Halim, Imaaduddin Abdul, and Noor Shakirah Mat Akhir. “Tafsir Ayat-Ayat Al-Quran Berkenaan.” Afkar, 2016.

Hamdi Ishak. “Amalan Pengajaran Guru Pendidikan Islam Di Sekolah Kebangsaan Pendidikan Khas (Masalah Pendengaran). Satu Kajian Kes.” Fakulti Pendidikan, 2011.

Hamdi, Ishak, Tamuri Ab Halim, Abdul Majid Rosadah, and Bari Safani. “Amalan Pengajaran Guru Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Pendidikan Islam Di Sekolah Kebangsaan Pendidikan Khas ( Masalah Pendengaran ).” Journal of Islamic and Arabic Education, 2012.

Hamim, Khairul. “Konsep Pendidikan Anak Dalam Al-Qur’an Surat Luqman [Concept of Child Education in Holy Quran Surah Luqman].” Jurnal Penelitian Keislaman, 2013.

Hendriadi. “Tafsir Al-Qur’an.” Kajian Singkat Atas Metode Ijmali, 1397.

Ibnu Rawandhy N. Hula. “Tafsir Tarbawi: Analisis Bahasa Dan Sastra Al-Qur’an Dalam Surah Luqman.” Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 2020. https://doi.org/https://doi.org/10.30603/jiaj.v5i1.1355.

Iqbal, Muhammad. “KONSEP PEMBELAJARAN PAI DALAM AL-QUR’AN SURAH LUQMAN AYAT 12-19.” Inspiratif Pendidikan, 2019. https://doi.org/10.24252/ip.v8i1.7814.

———. “Metode Penafsiran Al-Qur’an M. Quraish Shihab.” TSAQAFAH, 2010. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v6i2.120.

Ismatullah, A. M. “Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Kisah Yusuf: Penafsiran H.M. Quraish Shihab Atas Surah Yusuf.” Dinamika Ilmu, 2012.

“Kaedah Pengajaran Pengetahuan Agama Islam Di Brunei Darussalam.” Jurnal Pendidikan Malaysia, 2005.

Kholili, Hasib. “Filsafat Ilmu Dan Problem Metodologi Pendidikan Islam.” Jurnal At-Ta’dib, 2014.

Lexy J. Moleong, Dr. M.A. “Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi).” PT. Remaja Rosda Karya, 2019. https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02.055.

Luthfi, M. “MEMBUMIKAN AL-QUR’AN.” ALQALAM, 2003. https://doi.org/10.32678/alqalam.v20i98-99.634.

Mamat, Arifin, and Adnan Abd Rashid. “Aplikasi Nilai-Nilai Murni Berlandaskan Tema Luqman Al-Hakim Di Dalam Al-Qur’an Sebagai Asas Pendidikan.” Sosiohumanika: Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Kemanusiaan, 2013.

Marlina, Dina. “Telaah Nilai Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pendidikan Akhlak (Kajian Pendidikan Akhlak Di Madrasah)” Dina Marlina ∗.” El-HIKMAH, 2012.

Meerangani, Khairul Azhar. “Kaedah Pembentukan Karakter Anak-Anak Menurut Islam :” Prosiding Seminar Antarabangsa Pembangunan Insan 2017 Kolej Universiti Islam Melaka KAEDAH, 2018.

Mochammad Arif Budiman. “Pendidikan Agama Islam.” Banjarbaru: Grafika Wangi Kalimantan, 2017.

Mohd Yusuf Ahmad. “Konsep Pendidikan Islam.” Pengajian Islam, 2013.

Mukodi, Mukodi. “NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SURAT LUQMAN.” Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 2011. https://doi.org/10.21580/ws.2011.19.2.166.

Nasir, Muhammad. “Internalisasi Nilai Akhlak Anak Menurut Surat Al - Luqman.” At - Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 2018.

“PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS AL-QURAN.” Jurnal Pendidikan Karakter, 2015. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2788.

Rudi Suryadi Ahmad. “Asbab Al-Nuzul Dalam Tafsir Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 2013.

Rusmin B., Muhammad. “KONSEP DAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM.” Inspiratif Pendidikan, 2017. https://doi.org/10.24252/ip.v6i1.4390.

Sakinah Saptu, and Dr Azwira Abdul Aziz. “Konsep Al-Tasfiyah Dalam Akidah Berdasarkan Sunnah Nabawiyah.” Hadis Jurnal Ilmiah Berimpak INHAD KUIS, 2012.

Santoso, Budi. “PENDIDIKAN ISLAM.” Islamadina, 2013.

Shihab, M. Quraish. “Wawasan Al-Qur’an Tafsir Maudhu’I Atas Pelbagai Persoalan Umat.” Wawasan Al-Qur’an Tafsir Maudhu’I Atas Pelbagai Persoalan Umat, 1996.

Sholichah, Aas Siti. “TEORI-TEORI PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN.” Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 2018. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.209.

Suhid, Asmawati, and Fathiyah Mohd Fakhruddin. “Gagasan Pemikiran Falsafah Dalam Pendidikan Islam : Hala Tuju Dan Cabaran.” Journal of Islamic and Arabic Education, 2012.

Sutikno. “Pola Pendidikan Islam Dalam Surat Luqman Ayat 12-19 [Pattern of Islamic Education in Surah Luqman Verses 12-19].” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2013. https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.2.287-302.

Taufikurrahman, Taufikurrahman. “KONSEP PENDIDIKAN UNGGUL DALAM AL-QUR’AN (KAJIAN TEMATIS SURAT LUQMAN).” Dirosat : Journal of Islamic Studies, 2017. https://doi.org/10.28944/dirosat.v1i2.18.

TR, Burhanuddin. “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA (Sebuah Refleksi).” Metodik Didaktik, 2016. https://doi.org/10.17509/md.v10i1.3244.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jp.v14i2.8139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.