ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA LULUSAN TERHADAP ALUMNI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM IAIN PAREPARE
Abstract
Abstrak
Eksitensi lulusan di masyarakat atau pasar akan selalu menjadi atribut penilaian masyarakat terhadap perguruan tinggi asalnya. Jika alumni terserap pasar dengan baik maka perguruan tinggi akan mendapatkan kredit positif. Setiap perguruan tinggi berkepentingan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna lulusannya sebagai bagian instrumental evaluasi dan proyeksi institusi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pengguna lulusan program studi KPI memiliki kepuasan yang tinggi pada kualitas profesionalisme kerja lulusan. Adapun tujuh kriteria penilaian kualitas kinerja lulusan KPI, peringkat kepuasaan pengguna lulusan dari yang tertingi ke yang terendah yaknik kemampuan integritas, kemampuan kerjasama tim, kemampuan teknologi informasi, kemampuan pengembangan diri, kemampuan komunikasi, kemampuan profesionalisme, kemampuan bahasa inggris. Selain itu terdapat rekomendasi pengguna lulusan terhadap pengelolaan program studi Komukasi dan Penyiaran Islam IAIN Parepare di antaranya: perbanyak mata kuliah praktikum pada semester akhir, perbanyak pelatihan dalam bidang teknologi informasi dan bahasa asing, mengadakan pembekalan soft skill dan hard skill sesuai bidang ilmu, merintis kerjasama dengan pemerintah daerah tana toraja, meningkatkan kompetensi kepemimpinan mahasiswa, serta melaksanakan kajian ilmu terintegrasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Armiah, Surianor, & Falikhah, N. (2015). Penilaian Pengguna Lulusan Terhadap Alumni dan Penilaian Kegiatan Praktek Profesi Makro (PKL) Mahsiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Antasari Banjarmasin. Banjarmasin: IAIN Antasari Banjarmasin.
Aeker, D. 2004. Managing Brand Equity Capitalizing On The Value Of Brand. New York: The Free Press
Bailey, J. E., & Sammy W., P. (1983). Development of a Tool for Measuring and Analysing Computer User Satisfaction. Management Science, 29 (5), 530-545.
Bernadin, J. H., & Russell, J. E. (1993). Human resource management, International edition. Singapura: McGraw Hill, Inc.
Ivancevich, J. M., A. D., & Marc J. Wallace, J. (1987). Organizational behavior and performance. California: Goodyearpublishing company, Inc.
Ivancevich, M, J., Andrew D. Szilagyi, J., & Marc J. Wallace, J. (1991). Juran’s Quality Control Handbook. New York: McGraw-Hill.
Kemendikti. (2004). Pedoman Penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi. Kemendikti.
Kotler, P. J. (1997). Marketing Management. New York: Prentice Hall.
Laksan, F. ( 2008). Manajemen pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
P, R., E, A., & D., O. (2002). Analisis Hubungan Antara Faktor-faktor yang Mempengaruhi Komitmen dan Kepuasan Kerja KaryawanDitinjau dari Iklim Organisasi dan Karakteristik Pekerjaan dengan Menggunakan Analisis Faktor dan Analisis Jalur. Jurnal Teknik dan Manajemen Industri Vol. 3, No.1.
Peni, K. (2005). Pengaruh Imbalan Terhadap Kinerja Karyawan. Bandung: Program Studi Teknik dan Manajemen Industri, Institut Teknologi Bandung.
Rakhmat, J. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sahney, e. a. (2004). A Servqual and QFD Approach to Total Quality Education, a Student Perspective. International Journal of Productivity and Performance Management. Vol. 53 No. 2, 143-166.
Setyaningsih, I., & Abrori, M. (2013). Analisis Kualitas Lulusan Berdasarkan Tingkat Kepuasan Pengguna Lulusan. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 12, No. 1.
Spreng, R. A., MacKenzie, S. B., & Olshavsky, R. W. (1996). A reexamination of the determinants of consumer satisfaction. Journal of Marketing, 60(3), 15.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jp.v13i2.6002
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Indexed by:
JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.