Penguatan Moderasi dan Toleransi Beragama (Studi Nilai-Nilai Toleransi Pada KKN Kolaborasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UHN I Gede Bagus Sugriwa Bali)

Daud Lintang, Ade Pahrudin

Abstract


Abstract

Strengthening religious moderation in higher education institutions is a concrete form of countering radicalism and intolerance. This research aims to explore and discover the values of tolerance that are formed in Collaborative KKN between students of UIN Syarif Hidayatullah Jakarta who are Muslim and I Gede Bagus Sugriwa State Hindu University Bali who are Hindu from 25 July to 25 August 2022. This research is a research qualitative. The data in this research was collected by means of questionnaires, documentation and interviews. The informants and data sources in this research were taken from KKN group 97 Kuata participants, totaling 24 students. The data presented is then analyzed using an interpretive approach. The results of this research reveal that the religious moderation-collaborative KKN program between UIN Syarif Hidayatullah Jakarta which is Muslim and UHN I gede Bagus Sugriwa Bali which is Hindu in 2022 can strengthen the attitude of religious tolerance for the academic community in higher education. The most important thing that strengthens the attitude of tolerance between religious communities is by adding insight from each religious teaching to adherents of different religions, so that they can understand and respect things that are considered sacred in a religion. Apart from that, they are increasingly aware that differences in beliefs and worship are a wealth of this nation that must always be protected and respected. This moderated KKN activity can strengthen harmony between religious communities and be an effective solution in creating a moderate and tolerant generation.

 

Abstrak

Penguatan moderasi beragama di institusi Pendidikan tinggi merupakan bentuk konkrit kontra radikalisme dan intoleransi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menemukan nilai-nilai toleransi yang terbentuk pada KKN Kolaborasi antara mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang beragama muslim dan Universitas Hindu Negeri I gede Bagus Sugriwa Bali yang beragama Hindu pada 25 Juli sampai 25 Agustus tahun 2022. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Informan dan sumber data pada penelitian ini diambil dari peserta KKN kelompok 97 Kuata yang berjumlah 24 mahasiswa. Data yang tersaji kemudian di analisis dengan menggunakan pendekatan interpretatif. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa program KKN kolaborasi-moderasi beragama antara UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang beragama muslim dan UHN I gede Bagus Sugriwa Bali yang beragama Hindu pada  tahun 2022 bisa memperkuat sikap toleransi beragama bagi civitas akademik di pendikan tinggi. Hal terpenting  yang memperkuat sikap toleransi antar umat beragama adalah dengan adanya penambahan wawasan dari masing-masing ajaran agama kepada penganut agama yang berbeda, sehingga mereka bisa memahami dan menghormati hal-hal yang dianggap sakral dalam suatu agama. Selain itu, mereka semakin sadar bahwa perbedaan dalam keyakinan dan peribadatan adalah sebuah kekayaan bangsa ini yang harus senantiasa dijaga dan dihormati. Kegiatan KKN moderasi ini bisa memperkuat kerukunan antar umat beragama dan menjadi solusi yang efektif dalam menciptakan generasi yang moderat dan toleran.


Keywords


Religious Moderation, Higher Education, Tolerance

Full Text:

PDF

References


Anwar, Rosyida Nurul, dan Siti Muhayati. “Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 1 (2021): 1–15.

Awwaliyah Muthi’atul, Neny. “Pondok Pesantren Sebagai Wadah Moderasi Islam Di Era Generasi Milenial.” Islamic Review: Jurnal Riset Dan Dan Kajian Keislaman VIII, no. 1 (2019): 36–62. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/islamicreview.v8i1.161.

Aziz, Abdul. “Akar Moderasi Beragama Di Pesantren (Studi Kasus Di Ma’had Aly Sukorejo Situbondo Dalam Terbentuknya Nilai-Nilai Moderasi Beragama).” Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan Dan Hukum Islam 18, no. 1 (2020): 142–57.

Dakir, Dakir, dan Harles Anwar. “Nilai-Nilai Pendidikan Pesantren Sebagai Core Value; Dalam Menjaga Moderasi Islam Di Indonesia.” Jurnal Islam Nusantara 3, no. 2 (2020): 495–517.

Efendi, M Arif. “UHN IGB Sugriwa, UIN Walisongo, Dan UIN Syarif Hidayatullah Gelar KKN Nusantara.” Kemenag RI, 2022. https://www.kemenag.go.id/nasional/uhn-igb-sugriwa-uin-walisongo-dan-uin-syarif-hidayatullah-gelar-kkn-nusantara-5ay8pf.

Futaqi, Sauqi. “Konstruksi Moderasi Islam (Wasathiyyah) Dalam Kurikulum Pendidikan Islam.” In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 521–30, 2018.

Hadiyanto, Andy, Cendra Samitri, dan Siti Maria Ulfah. “Model Pembelajaran Bahasa Arab Multiliterasi Berbasis Kearifan Lokal Dan Moderasi Islam Di Perguruan Tinggi Negeri.” Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 4, no. 1 (2020): 117–40.

Hanafi, Imam. “Agama Dalam Bayang-Bayang Fanatisme; Sebuah Upaya Mengelola Konflik Agama.” TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama 10, no. 1 (2018): 48–67.

Hefni, Wildani. “Moderasi Beragama Dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.” Jurnal Bimas Islam 13, no. 1 (2020): 1–22.

Hermanuddin. “UIN Jakarta-UHN Bali Teken Kerja Sama Pengembangan Kampus.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2021. https://uinjkt.ac.id/id/uin-jakarta-uhn-bali-teken-kerja-sama-pengembangan-kampus.

Hermawan, Ajib. “Nilai Moderasi Islam Dan Internalisasinya Di Sekolah.” INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 25, no. 1 (2020): 31–43.

Irama, Yoga, dan Mukhammad Zamzami. “Telaah Atas Formula Pengarusutamaan Moderasi Beragama Kementerian Agama Tahun 2019-2020.” KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin 11, no. 1 (2021): 65–89.

Khoeron, Moh. “304 Mahasiswa PTKN Ikuti KKN Moderasi Beragama.” Kemenag RI, 2022. https://kemenag.go.id/nasional/304-mahasiswa-ptkn-ikuti-kkn-moderasi-beragama-mub6o3.

———. “Buka KKN Moderasi Beragama, Kemenag: Konkret Kuatkan Karakter Keindonesiaan.” Kemenag RI, 2022. https://kemenag.go.id/daerah/buka-kkn-moderasi-beragama-kemenag-konkret-kuatkan-karakter-keindonesiaan-3iu3le.

Muhtarom, Mumuh. “Urgensi Penguatan Pemikiran Moderasi Islam Dalam Pendidikan Agama Di Madrasah.” Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan 12, no. 32 (2018): 39–47.

Nasrowi, Bagas Mukti. “Pemikiran Gusdur Tentang Moderasi Islam.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 1 (2020): 71–84.

PPM, INFO. “UIN Jakarta, UHN Bali, Dan UIN Semarang Gelar KKN Moderasi Beragama.” PPM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2022. https://ppm.uinjkt.ac.id/index.php/2022/06/27/uin-jakarta-uhn-bali-dan-uin-semarang-gelar-kkn-moderasi-beragama/.

Purwanto, Y, Q Qowaid, L Ma’rifataini, dan R Fauzi. “Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17 (2), 110–124,” 2019.

Ramli, Ramli. “Moderasi Beragama Bagi Minoritas Muslim Etnis Tionghoa Di Kota Makassar.” KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan 12, no. 2 (2019): 135–62.

Saifudin, Ahmad. “Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Perspektif Moderasi Islam Wasathiyyah.” JIEM: Journal of Islamic Education and Manajemen 2, no. 1 (2021): 1–14.

Salik, Mohammad. Nahdlatul Ulama Dan Gagasan Moderasi Islam. Jakarta: Literindo Berkah Karya, 2020. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1026/.

Selvia, Sasmi, Munawar Rahmat, dan Saepul Anwar. “Tingkat Pemahaman Moderasi Beragama Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Umum Dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.” Intizar 28, no. 1 (2022): 1–9.

Suheri, Suheri, dan Yeni Tri Nurrahmawati. “Moderasi Beragama Di Era Disrupsi Digital.” In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 6:933–44, 2022.

Sutrisno, Edy. “Aktualisasi Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan.” Jurnal Bimas Islam 12, no. 2 (2019): 323–48. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113.

Waseso, Hendri Purbo, dan Anggitiyas Sekarinasih. “Moderasi Beragama Sebagai Hidden Curiculum Di Perguruan Tinggi.” EDUCANDUM 7, no. 1 (2021): 91–103.

Wawancara Dan Catatan Pengalaman Toleransi Dari Peserta Kelompok KKN 97 Kuanta, n.d.

Yusuf, Habibie. “Dinamika Alih Status PTKIN Era Industri 4.0 Dan Rumah Moderasi Beragama.” In Rumah Moderasi Beragama: Perspektif Lintas Keilmuan, 170–83. Yogyakarta: Bening Pustaka, 2019. https://thesiscommons.org/ m3hr5.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jp.v17i2.23374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.