Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Statistik Siswa

Marsini Marsini

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan aktivitas matematika dan hasil belajar pada materi statistika, dengan menggunakan model pembelajaran STAD pada siswa kelas XII.MIPA 7 SMA 2 Kudus semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Dan untuk mendeskripsikan perubahan kegiatan pembelajaran matematika dan materi statistika, setelah diterapkan model pembelajaran STAD pada siswa kelas XII.MIPA 7 SMA 2 Kudus semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 3 siklus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan tes. Teknik Analisis Data dengan teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II untuk tingkat keaktifan mencapai 42,86% dan ketuntasan hasil belajar mencapai 55,53%. Lebih lanjut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Statistika dengan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan aktivitas dan kualitas hasil belajar siswa serta dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan statistika.

 

This class action research aims to determine the magnitude of the increase in mathematics activity and learning outcomes in statistical material, using the STAD learning model in class XII.MIPA 7 students of SMA 2 Kudus for semester 1 of 2018/2019 academic year. And to Describe the changes in mathematics learning activities and statistics material, after applying the STAD learning model to students of XII.MIPA 7 SMA 2 Kudus semester 1 of 2018/2019 academic year. The research method uses Classroom Action Research with 3 cycles. Data collection techniques through observation, questionnaire, and test. Data Analysis Techniques with comparative descriptive techniques and interactive analysis techniques. The results showed an increase in cycle I to cycle II for the level of activity reaching 42.86% and completeness of learning outcomes reached 55.53%. Furthermore, it can be concluded that Statistics learning with STAD learning models can improve student activity and quality of learning outcomes and can improve students' abilities in completing statistics.


Keywords


Mathematics Learning; STAD; Statistics

Full Text:

PDF

References


Anton, M, Mulyono, 2001, Aktivitas Belajar, Bandung. Yrama

Burhano, R., 2005, Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Matematika, Jakarta: Depdikbud

Departemen Pendidikan Nasional , 2003, Kurikulum 2004: Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menegah Atas dan Madrasah Aliyah. Pusat Kurikulum, Badan penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta : Depdiknas.

Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Marpaung, 2003, Perubahan Paradigma Pembelajaran Matematika di sekolah, Makalah seminar USD, Yogyakarta, 27-28 maret 2003.

Rohman Natawijaya, 2005, Aktivitas Belajar, Jakarta: Depdiknas.

Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru..

Sudjana, N. 2002. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sunaryo. 1993. Evaluasi Hasil Belajar, Dirjen Pendidikan Tinggi, Jakarta: Depdikbud.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kotemporer, Bandung: Universittas Pendidikan Indonesia

Suparno, 2010, Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan, Jogyakarta: Kanisius




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: [email protected]

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186