Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Air Berbantuan Media Pakpikpok
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) apakah pembelajaran Model AIR berbantuan media pakpikpok dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa; (2) apakah model pembelajaran AIR berbantuan media pakpikpok dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dan desain penelitiannya adalah Penelitian Tindakan. Sebanyak 17 siswa 11 di antaranya belum mencapai KKM. Setelah pembelajaran model pembelajaran AIR Model berbantuan pakpikpok media siklus I motivasi belajar siswa meningkat. Pada siklus I motivasi belajar siswa sebesar 68% sedangkan pada siklus II mencapai 85%. Ketuntasan siswa juga meningkat, pada siklus I ketuntasan siswa bertambah 13 siswa, dilanjutkan siklus II menjadi 16 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran model AIR berbantuan media Pakpikpok dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa, (2) pembelajaran model AIR berbantuan media Pakpikpok dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.
The research objectives are to find out: (1) whether the learning of AIR Model assisted by pakpikpok media can increase students' motivation in learning mathematics; (2) whether the learning model AIR assisted by pakpikpok media can improve students' mathematics learning achievement. The method used is qualitative research, and the research design is Action Research. A total of 17 students 11 of whom have not yet reached the KKM. After learning the AIR Model learning model assisted by pakpikpok media cycle I, student motivation has increased. In cycle I, student motivation was 68%, while in cycle II it reached 85%. Students completeness also increased, in cycle I students completeness increased by 13 students, followed by cycle II to 16 students. The conclusions of this research are: (1) Learning AIR model assisted by Pakpikpok media can increase students' motivation to learn mathematics, (2) learning AIR model assisted by Pakpikpok media can improve student mathematics learning achievement.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Antonius , C.P. 2006. Memahami Konsep Matematika Secara. Benar Dan Menyajikannya Dengan Menarik. Jakarta: Depdiknas. Ariyadi Wijaya.
Depdikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarya: Pustaka Pelajar.
Singarimbun, M dan Efendi,. 1995. Metode Penelitian Survey. Jakarta: PT. Pustaka LP3ES.
Sudjana, N. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Suherman, E. dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA .
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta: Depdikbud.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6364
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial and Administration Office:
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322
Email: [email protected]