Open Journal Systems
Efektivitas Terapi Muhasabah melalui Cerita Inspiratif Ibrahim Elfiky terhadap Kepatuhan Social Media Detox Santri
Abstract
Keywords
References
Abidin, A. Z., Akmansyah, M., & Amirudin, A. (2023). Potret Kenakalan Santri di Pondok Pesantren: Analisis Faktor, Bentuk dan Upaya Penanggulangannya. Hikmah, 20(1), 105–120. https://doi.org/10.53802/hikmah.v20i1.203
Agustina, K. B., & Thohir, M. (2015). Terapi Cerita Bergambar Untuk Mengurangi Kesulitan Dalam Berkomunikasi Pada Seorang Remaja di Desa Wedoro Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), 108–117.
Ahda, N. (2022). Tipikal Santri dalam Menyikapi Gempuran Tren Konten Video Tiktok: (Santri SMP Bilingual Terpadu Pesantren Modern al-Amanah Junwangi). Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 8(2), 329–343.
Alwisol, A. (2004). Psikologi Kepribadian. Universitas Muhammadiyah Malang Press.
Aminullah, M. A. (2013). Kecemasan antara Siswa SMP dan Santri Pondok Pesantren. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(2), 205–215.
Anafiah, S. (2017). Pemanfaatan Cerita Rakyat sebagai Media Biblioterapi Bagi Anak. Trihayu: Jurnal Pedidikan Ke SD An, 3(3), 139–143.
Arifah, N. A., Khair, N., & Rozinah, R. (2022). Gambaran Perkembangan Identitas Moral pada Remaja di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep. Jurnal Pemikiran Dan Ilmu Keislaman, 5(2), 332–368.
Azwar, S. (2018). Metode Penelitian Psikologi Edisi II. Pustaka Pelajar.
Bickman, L. (1974). The Social Power of a Uniform. Journal of Applied Social Psychology, 4(1), 47–61.
Elfiky, I. (2023). Terapi Cerita Inspiratif. Qaf Media Kreativa.
Fajri, E. Y., Ardimen, A., & Silvianetri, S. (2023). Efektivitas Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 5738–5746. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14612
Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren di Indonesia: Lembaga pembentukan karakter. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42–54.
Fuadi, A. R., Mahmud, A., Rohtih, W. A., & Kuswoyo, N. A. (2024). Muhasabah Diri dalam Al-Quran Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani. Tashdiq: Jurnal Kajian Agama Dan Dakwah, 7(1), 21–30. https://doi.org/https://doi.org/10.4236/tashdiq.v7i1.5583
Habiburrahman, H. H. (2022). Hubungan Gratitude dengan Homesickness Santri Baru Pondok Pesantren. PAKAR Pendidikan, 20(1), 76–88.
Hannan, H. (2024). Desacralizing The Past: The Liberal Approach to Islamic History. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 4(2), 108–124. https://doi.org/10.15575/jpiu.33622
Husna, I. (2022). Model Konseling Sufistik dengan Teknik Muhasabah Diri untuk Mengurangi Perilaku Membolos pada Santri Remaja di Pondok Pesantren Manba’ul Ulum Gayau Sakti Lampung Tengah. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Jannah, Z. (2022). Efektivitas Expressive Writing Therapy dalam Menurunkan Kecemasan Santri yang Mengalami Broken Home. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 5(2), 95–104. https://doi.org/10.15575/jpib.v5i2.19507
Karyati, M. T., Zubaidah, Z., Petoukhoff, G., & Papaioannou, J. (2022). Theoretical Review Of The Group Guidance Model With The Muhasabah Approach To Increase Relijiusity. International Journal of Research in Counseling, 1(1), 52–58. https://doi.org/10.55849/ijrc.v1i1.6
Lestari, N. D., & Lestari, E. D. (2023). Sosialisasi Buku Cerita Bermuatan Islami sebagai Terapi Wicara dan Spiritual bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kota Kediri. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 1125–1134. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i3.8186
Ma’rufah, S., Matulessy, A., & Noviekayati, I. (2014). Persepsi terhadap Kepemimpinan Kiai, Konformitas dan Kepatuhan Santri terhadap Peraturan Pesantren. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02). https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.374
Makanisi, U. Q. (2023). Ketika Rasul Bercerita. Qaf Media.
Maulana, Z., Safitri, A., & Pamungkas, A. (2022). Tingkat Stres Pada Santri Baru Raudhatul Jannah Palangka Raya. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 211–216.
Muslimah, I., Isfihani, I., & Praptiningsih, P. (2023). Penerapan Metode Muhasabah An-Nafs dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Santri di Pondok Pesantren Al-Hikmah Muhammadiyah Sukoharjo Tahun Pelajaran 2022/2023. Mamba’ul ’Ulum, 19(2), 164–176. https://doi.org/10.54090/mu.283
Nafisah, N. A., & Amin, A. (2023). Pengaruh Penyesuaian Diri terhadap Homesickness Santri Baru di Pondok Pesantren Al Amien Jember. Afeksi: Jurnal Psikologi, 2(2), 11–20. https://doi.org/https://doi.org/10.572349/afeksi.v2i2.960
Newport, C. (2019). Digital minimalism: Choosing a focused life in a noisy world. Penguin.
Ni’mah, J., Ratnaningsih, A., & Sayuti, A. (2024). Pengaruh Terapi Story Telling Kisah Nabi Pada Anak Prasekolah Untuk Menurunkan Kecemasan Hospitalisasi. Jurnal Riset Ilmu Kesehatan Umum Dan Farmasi (JRIKUF), 2(1), 159–166. https://doi.org/10.57213/jrikuf.v2i1.168
Rahayu, S., Rozak, A., & Mascita, D. E. (2020). Pembelajaran Teks Cerita Inspiratif Menggunakan Google Classroom: Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Teks Cerita Inspiratif. Jurnal Tuturan, 9(2), 81. https://doi.org/10.33603/jt.v9i2.5135
Rahmatyas, A., & Anggraeni, A. D. (2023). No Title. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 6(1), 8–14. https://doi.org/https://doi.org/10.32584/jika.v6i1.1755
Rahmawati, R., & Insan, I. (2021). Hubungan Penyesuaian Diri Dengan Kepatuhan Pada Santri Pondok Pesantren Modern SMK Al Kahfi Sumbawa. Jurnal Psimawa: Diskursus Ilmu Psikologi Dan Pendidikan, 4(2), 73–78.
Ramadhani, A. F., & Karneli, Y. (2021). Penerapan Teknik Expressive Therapy dalam Menghadapi Problematic Social Media Use. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 40–49.
Riadi, R., & Ningsih, N. H. I. (2021). Trauma Healing Berbasis Cerita Keagamaan Bagi Anak-Anak Terdampak Gempa Bumi Di Desa Lembah Sari. JOBS: Journal of Business Society, 1(1), 19–25. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jobs.v1i1.4740
Sa’diyah, H., Khair, N., & Sabiq, Z. (2022). Pengaruh Biblioterapi Sufistik Dalam Meningkatkan Regulasi Diri Santri. Living Sufism: Journal of Sufism and Psychotherapy, 1(2), 124–140.
Sofian, Y. sofian, As’ari, H., & Anwar, M. S. (2024). Strategi Pengurus Pondok Pesantren dalam Pembentukan Akhlak Santri Pondok Pesantren Walisongo Sukajadi Lampung Tengah. Lensa Pedagogika: Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, 1, 1–11.
Solikhatin, N. H., & Lubis, H. (2021). Efektivitas Terapi Film Dalam Meningkatkan Harga Diri. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(3), 535. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i3.6498
Srinatania, D., Dahlia, L., & Perdani, A. L. (2022). The Effectiveness of Storytelling to Improve Handwashing Knowledge and Attitude in School-Age Children in Indonesia. KnE Life Sciences, 467–472. https://doi.org/10.18502/kls.v7i2.10343
Yana, L. (2022). Pengaruh Meditasi Musik Sufistik terhadap Kualitas Kesadaran Spiritual Santri. ESOTERIK, 8(2), 151. https://doi.org/10.21043/esoterik.v8i2.16461
Zaharudin, & Amaliyah, R. (2014). Efektivitas Muhasabah Dalam Proses Pencapaian Makna Hidup Pada Santri Kelas Xi Jurusan Ips Madrsah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ittifaqiyah Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, Dan Fenomena Agama, 15(2), 65–78.
DOI: 10.21043/esoterik.v10i2.27668