Peran Pesantren dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Santri melalui Kegiatan Eduwisata (Studi Kasus Di Pesantren Entrepreneur Al Mawaddah Kudus)

Muhanifah Muhanifah, Ahmad Fatah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kegiatan eduwisata di Pesantren Entrepreneur Al Mawaddah Honggosoco Jekulo Kudus dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal santri, dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan teknik pengambilan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan  pertama, Peran Pesantren Entrepreneur Al Mawaddah dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal santri melalui kegiatan eduwisata dirancang dengan konsep yang matang. Bagi santri, di dalamnya terdapat rangkaian kegiatan seperti menjadi trainer dan menjadi tour leader sehingga dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal  atau kecerdasan sosial santri. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan mengorganisasikan kelompok, merundingkan pemecahan masalah, menjalin hubungan, dan menganalisis sosial. Kedua, Faktor pendukung dan penghambat baik faktor internal dan eksternal. Faktor internal; keaktifan santri dan semangat santri, sedangkan faktor eksternal; fasilitas dan motivasi dari pihak pengasuh.

The purpose of this study was to see the role of educational activities in the Al Mawaddah Honggosoco Jekulo Kudus Entrepreneur Islamic Boarding School in increasing the interpersonal intelligence of students, and to see the supporting and inhibiting factors. This research is a qualitative research using descriptive method, the data used are primary data and secondary data, with data collection techniques interview, observation, and documentation. The results of this study can replace the first time, the role of the Entrepreneurship Islamic Boarding School Al Mawaddah in increasing the interpersonal intelligence of students through educational activities designed with a mature concept. For students, it includes a series of activities such as being a trainer and becoming a tour leader so that it can improve students' interpersonal intelligence or social intelligence. This is evidenced by the ability to organize groups, negotiate problems, establish relationships, and analyze socially. Second, factors supporting and inhibiting, internal and external factors. Internal factors come from, the activeness of the students and the spirit of the students, while external factors ; facilities and motivation from the caregiver.


Keywords


Santri; Eduwisata; Kecerdasan Interpersonal

Full Text:

PDF

References


Baharuddin, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Chamidi, Agus Salim, “Membedah Identitas Santri”, An-Nhdhah vol 11, no. 1, (2017) diakses pada tanggal 15 Agustus 2019, https://journal.staimaarif-jambi.ac.id/index.php/annahdhah/article/view/101/87.

Farida, Anna dkk, Sekolah yang Menyenangkan, Bandung: Nuansa Cendekia, 2014.

Hamid, Moh Sholeh, Metode Edutainment, Yogyakarta: DIVA Press, 2013.

Irawan, Sapto, “Pengaruh Konsep Diri Terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa”, e-jurnal Bimbingan dan Konseling, (2011) diakses pada tanggal 9 Juni 2020. http://ejurnal.uksw.edu/scolaria/article/view/712

Islami, Faizal Alam, “Analisis Pengaruh Hard Skill, Soft Skill, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan (Studi Pada Tenaga Kerja Penjualan Pt. Bumiputera Wilayah Semarang)” (Skripsi, Fakulltas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro, 2012, Diakses Pada 14 November, 2019.

Izazi, Ghassani Luthfi, “Hubungan antara kecerdasan Interpersonal dengan perilaku agresif pada siswa kelas viii SMPN 1 Ngaglik tahun ajaran 2014/2015”, e-jurnal Bimbingan dan Konseling, no 9, (2015) diakses pada tanggal 12 Februari 2019, http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/fipbk/article/view/267.

Jamaluddin, Muhammad, “Metamorfosis Pesantren di Era Globalisasi”, KARSA vol 20, no. 1, (2012) diakses pada tanggal 15 Agustus 2019, http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/karsa/article/view/57/55.

Jamaris, Martini, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan, Bogor: Ghalia Indonnesia, 2015.

Khodijah, Nyanyu, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajagrafindo persada, 2014.

Mariyana, Rita, “Penataan Lingkungan Belajar Terpadu Untuk Meningkatkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak”, Pedagogia, jurnal ilmu pendidikan, (2014), diakses pada tanggal 9 Juni 2020, https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/viewFile/11020/6710.

Prastanti, Aji Novia, “Pemanfaatan Tempat Pembuangan Akhir (Tpa) Sebagai Objek Wisata Edukatif Di Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati” (Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 2015).

Purwanto, Setyoadi, Pendidikan Karakter Melalui Seni, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Safaria, T., Interpersonal Intelegence, Yogyakarta: Amara books, 2005.

Said, Nur dan Izul Mutho, Santri Membaca Zaman, Kudus: Santrimenara Pustaka, 2016.

Yusuf, Ilma Fatimah Dan Agus Prasetya, “Peran Pemuda Dalam Pengembangan Eduwisata Energi Terbarukan Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Ekonomi Wilayah”, Jurnal Ketahanan Nasional Vol 22, No. 3 (2016), Diakses Pada 22 Juli, 2019, https://www.Researchgate.Net/Profile/Edhi_Martono/Publication/310651129.

Wahab, Rohmalina, Psikologi Belajar, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2016.

Wahyudi Deddy, “Pembelajaran IPS Berbasis Kecerdasan Intrapersonal Interpersonal Dan Eksistensial” No. 1 (2011), Diakses Pada 23 Juli, 2019.

William, English Evelyn, Mengajar Dengan Empati, Terj. Fuad Ferdinan, Bandung: Nuansa Cendekia, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v8i1.6901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.