Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler Tahfidz di MA ATQIA Bondowoso

Mohammad Bilutfikal Khofi

Abstract


Cultivation of Religious Values Through Extra-Curricular Activities of Tahfidz at MA ATQIA Bondowoso. This research aims to determine the instillation of religious values at MA ATQIA Bondowoso through tahfidz extracurricular activities. This research uses a qualitative research approach with descriptive research type. Data collection in this research used interview, observation and documentation methods. The results of this research conclude that the instillation of religious values in the tahfidz extracurricular at MA ATQIA Bondowoso, instills four religious values, namely: First, the value of worship which is instilled by getting students used to regularly reading the Koran and maintaining cleanliness by performing ablution. Second, the value of jihad which trains students to be disciplined and patient. Third, moral values that teach students to be polite to teachers, respect other people and help each other. Fourth, exemplary values that teach students to always straighten out their intentions only because of Allah, protect themselves from immoral acts and continue to pray so that students who take tahfidz are given the ease to memorize and can maintain their memorization.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penanaman nilai – nilai religius di MA ATQIA Bondowoso melalui kegiatan ektrakurikuler tahfidz. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penanaman nilai – nilai religius pada ektrakulikuler tahfidz di MA ATQIA Bondowoso, menanamkan empat nilai – nilai religius yakni : Pertama, nilai ibadah yang ditanamkan dengan membiasakan siswa rutin membaca Al-Qur’an dan menjaga kebersihan dengan berwudlu’. Kedua, nilai jihad yang melatih siswa untuk disiplin dan sabar. Ketiga, nilai akhlak yang mengajarkan siswa untuk sopan kepada guru, menghargai orang lain dan saling tolong menolong. Keempat, nilai keteladanan yang mengajarkan siswa untuk senantiasa meluruskan niat hanya karena allah, menjaga diri dari perbuatan maksiat dan terus berdoa’a agar para siswa yang mengikuti tahfidz diberikan kemudahan untuk menghafal dan bisa menjaga hafalannya.

Keywords


Instilling Religious Values; Senior High School; Tahfidz Extracurricular.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M. S. (2020). Membiasakan Diri Hidup Bersih Dan Suci Perspektif Hadits-Hadits Wudhu. Jurnal STIU Darul Hikmah, 6(1), 60–72. https://ojs.stiudarulhikmah.ac.id/

Arini, J., & Widawarsih, W. W. (2022). Strategi dan Metode Menghafal Al-Qur’an di Pondok Tahfidz Darul Itqon Lombok Timur. JURNAL PENELITIAN KEISLAMAN, 17(2), 170–190. https://doi.org/10.20414/jpk.v17i2.4578

Ayu, L. G., Khadijah, & Ahmad, A. (2020). Penanaman Sikap Sopan Santun Peserta Didik Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri (Smpn) 1 Koto Xi Tarusan. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 43–53. https://doi.org/10.15548/mrb.v3i1.1322

Aziz, J. A. (2016). Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Roudhotul Atfal (RA) Jamiatul Qurra Cimahi. GOLDEN AGE : Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 2(1), 1–15.

Farida, S. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Islam (Vol. 1, Issue 1).

Fauzi, H. N. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Ummi Bagi Siswa Sdit Salsabilla Sleman. Syamil : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 149–164. https://doi.org/10.21093/sy.v7i1.2419

Habibah, S. (2015). Akhlak Dan Etika Dalam Islam. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Jurnal Pesona Dasar Universitas Syiah Kuala, 1(4), 73–87.

Hamid, A. (2017). Agama Dan Kesehatan Mental Dalam Perspektif Psikologi Agama. In Editorial Healthy Tadulako Journal (Vol. 3, Issue 1). Abdul Hamid.

Hardiansyah, F., & Mas’odi. (2020). Implementasi Nilai Religius Melalui Budaya Sekolah: Studi Fenomenologi. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 15–24.

Hasanah, I., Khumaidi, A., & Maghfiroh, U. L. (2023). Metode Simaan dan Murajaah dalam Menghafal Al-Quran di Pondok Pesantren Nurul Quran Patokan, Kraksaan, Probolinggo. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(2), 90–97. https://doi.org/10.46963/asatiza.v4i2.843

Hidayati, S., Afgani, M. W., & Ismail, F. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan Di Smp It An Nuriyah Sekayu. Adiba: Journal Of Education, 3(3), 425–432.

Hidayatulloh, H., & Janah, M. (2019). Strategi Pembinaan Akhlak Karimah Melalui Kegiatan Tahfidz Alquran di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 46–67. www.artikata.com.

Hoerudin, Afifah, Y. A., & Sugenda. (2023). Analisis Penyebab Degradasi Moral Remaja. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 15–27. https://e-journal.tadib.staimasi.ac.id/

Ichsanto, W., & Wahyuningsih, R. (2021). Kemampuan Membaca Alquran dan Menghormati Orang Tua dengan Prestasi Belajar PAI Siswa SMP Surakarta. CENDEKIA, 15(1), 78–88. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.659

Ilyas, M. (2020). Metode Muraja’ah Dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an. Al- Liqo : Jurnal Pendidikan Islam, V(1), 1–24.

Ismatullah, N. H. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Membangun Karakter Akhlakul Karimah Peserta Didik. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI), 01(01), 59–74.

Isnawati, Peranginangin, H., & Rahim, A. (2023). Pembiasaan Berdoa Sebelum Belajar Untuk Pendidikan Karakter Siswa Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sukajati Haurgeulis. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(2), 1055–1062.

Jamarudin, A. (2016). Membangun Tasamuh Keberagamaan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Toleransi: Media Komunikasi Umat Beragama, 8(2), 170–188.

Jannati, Z., & Hamandia, M. R. (2022). Konsep Doa Dalam Perspektif Islam. Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI), 6(1), 36–49.

Joni, R., Rahman, A., & Yanuarti, E. (2020). Strategi Guru Agama Desa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’a Warga Desa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(1), 59–74. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1289

Khoeriyah, U., Nasri Dini, M., & Miftah, M. (2022). Pengelolaan Program Tahfizh dalam Pembentukan Karakter Peserta didik di MI Negeri 11 Boyolali. QUALITY, 10(1), 23. https://doi.org/10.21043/quality.v10i1.13572

Khudori, A., Priyatna, M., & Yasyakur, M. (2019). Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Pada Siswa Di Kelas Iv Sd Kaifa Bogor. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 240–251.

Luthfil, M. F., Muhamad, H., Ziyadatul, B., Wina, M., Eriko, W., Daje, E., Hanna, V., Peny, R., & Alifa, Y. P. (2022). Bunga Rampai Islam dalam Disiplin Ilmu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia Edisi Dakwah Mahasiswa (Vol. 1). Penerbit Universitas Islam Indonesia. https://gerai.uii.ac.id/;

Maskur, A. (2018). Pembelajaran Tahfidz Alquran pada Anak Usia Dini. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 188–198. https://doi.org/10.37542/iq.v1i02.15

Mayasari, D. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfidz Al-Qur’an Di Ma Tahfizhil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. Jurnal ANSIRU PAI, 3(2), 40–49.

Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363

Nafisa, A. K. K., & Savira, S. I. (2021). Hubungan Antara Religiusitas Terhadap Kenakalan Remaja.

Oktapiani, M. (2020). Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Tadzhib Al-Akhlak, 5(1), 95–109.

Pua, Y. J., Tiwa, T. M., & Kaumbur, G. E. (2022). Pengaruh Religiusitas Terhadap Juvenile Delinquency Pada Siswa Sma Negeri 2 Manado. 3(2).

Rifai, R. (2021). Hubungan Tingkat Religiusitas Terhadap Kecemasan Moral Dan Alternatif Pembinaan Moral Pada Kenakalan Siswa. Jurnal Teologi Gracia Deo, 3(2), 76–87. Https://Doi.Org/10.46929/Graciadeo.V3i2.63

Rosidi, A. (2017). Niat Menurut Hadis Dan Implikasinya Terhadap Proses Pembelajaran. Jurnal Inspirasi, 1(1), 39.

Safa’at, M. K., & Inayati, N. L. (2019). Efektivitas Metode Tikrar Dan Talqin Dalam Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an Pada Program Unggulan Kelas Tahfidz Di Smp Islam Al Abidin Surakarta.

Sahnan, A. (2018). Konsep Akhlak Dalam Islam Dan Kontribusinya Terhadap Konseptualisasi Pendidikan Dasar Islam. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 2, Issue 2). Http://Journal.Staincurup.Ac.Id/Index.Php/Jpd

Sahrudin. (2017). Peran Konsep Diri, Religiusitas, Dan Pola Asuh Islami Terhadap Kecenderungan Perilaku Nakal Remaja Di Cirebon. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia –, 2(1), 50–62.

Salamah, U., Ma’had Aly, S., & Malang, A.-H. (2018). Pengajaran Menggunakan Metode Kaisa Dalam Menghafal Al Quran Pada Anak. 7(2).

Santosa, A. D., Yusoh, S., Subandono, A., Al Mubarok, A. A. S. A., & Surur, A. M. (2022). Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa Mts Al-Amien Kota Kediri Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha. Edudeena : Journal Of Islamic Religious Education, 6(2), 129–143. Https://Doi.Org/10.30762/Ed.V6i2.445

Saputra, F. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Pembiasaan Shalat Duha Dan Shalat Dhuhur Berjamaah Di Mi Raudlatusshibyan Nw Belencong. Juni, 12(1), 70–87. Http://Journal.Uinmataram.Ac.Id/Index.Php/

Sari, M., Haris, M., Al-Kifayah Riau, S., & Pesantren Sunan Drajat Lamongan, I. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Dan Etika Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Islamic Education Journal, 1, 54–71.

Shalahuddin, I., Yamin, A., & Sumarna, U. (2021). Hubungan Tingkat Religiusitas Terhadap Intensitas Kenakalan Remaja Anak Sekolah Di Smk Ybkp3 Garut. Jurnal Kesehatan, 14(1). Https://Doi.Org/10.24252/Kesehatan.V14i1.16504

Sholeh, A. (2014). Pemahaman Konsep Tasamuh (Toleransi) Siswa Dalam Ajaran Islam. In J-Pai (Vol. 1, Issue 1).

Sugesti, D. (2019). Mengulas Tolong Menolong Dalam Perspektif Islam Delvia Sugesti. In Mengulas Tolong Menolong Dalam Perspektif Islam Jurnal Ppkn & Hukum_____________________________Vol (Vol. 14, Issue 2).

Supriono, I. A. (2019). Implementasi Kegiatan Menghafal Al-Quran Siswa Di Lptq Kabupaten Siak. Jurnal Isema : Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1), 55–64.

Suryatin, S., & Burhanuddin, A. (2023). Pembinaan Sikap Disiplin Santri Tpa Alba Sirnoboyo. Journal Of Social Empowerment, 8(1), 37–45. Https://Doi.Org/10.21137/Jse.2023.8.1.7

Tabroni, I., & Purnamasari, R. (2022). Kajian Yasinan Mingguan Dalam Membina Karakter Masyarakat Pada Masa Covid-19 Di Perumahan Lebak Kinasih Purwakarta. Sivitas : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 9–18. Https://Doi.Org/10.52593/Svs.02.1.02

Wahyuni, A., & Syahid, A. (N.D.). Tren Program Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Metode Pendidikan Anak.

Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Religius Di Sekolah Dasar Untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan Iii, 60–64.

Zainudin, A. (2020a). Penanaman Nilai-Nilai Religius Dalam Membentuk Akhlak. Jurnal Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah: , 2(1), 19–38.

Zainudin, A. (2020b). Penanaman Nilai-Nilai Religius Dalam Membentuk Akhlak Karimah Bagi Peserta Didik Di Mi Ar-Rahim Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 19–38.

Zulfitria. (2018). Peran Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Dalam Pendidikan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi, 301–311.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v12i1.23353

Refbacks



Copyright (c) 2024 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.