Pengembangan Model Pembelajaran Tajribi; Mengintegrasikan Fenomena Perilaku Keagamaan ke dalam Pendidikan

Ridwan M Soleh, Syahidin Syahidin

Abstract


Development of Tajribi Learning Model; Integrating the Phenomenon of Religious Behaviour into Education. A Education has not been able to meet the expectations of society and has not achieved the goals of education. Among the reasons is the learning process that has not been maximized in terms of integrating behavioural phenomena in society into education. This leads to the role of the learning model, which is to be able to help students in various ways in achieving learning and education goals. This research was conducted with a literature study. The formation of good religious behaviour is not only given at school, but there needs to be integration from the family and or community. This step is carried out based on the guidance given by the teacher, where students experiment on the phenomena that occur. This is the habituation to be built, how students not only practice worship, or do good, but are built to experiment and discuss the phenomenon of practice and practice. This research is a development of the concept of learning models and still needs further research along with its implementation in learning.

Pendidikan belum mampu memenuhi harapan masyarakat serta belum mencapau tujuan dari Pendidikan. Di antara sebabnya adalah proses pembelajaran yang belum maksimal dalam hal mengintegrasikan fenomena perilaku di masyarakat ke dalam Pendidikan. Hal ini menjurus pada peran dari model pembelajaran, yaitu untuk dapat membantu siswa dengan berbagai cara dalam mencapai tujuan pembelajaran dan Pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan studi Pustaka. Pembentukan perilaku keagamaan yang baik tidak hanya diberikan di sekolah, melainkan perlu adanya integrasi dari keluarga dan atau masyarakat. Langkah ini dilakukan dengan berdasarkan panduan yang diberikan guru, di mana siswa bereksperimen atas fenomena yang terjadi. Hal ini merupakan pembiasaan yang hendak dibangun, bagaimana siswa bukan hanya praktik ibadah, atau berbuat baik, tetapi dibangun untuk eksperimen dan mendiskusikan fenomena praktik dan pengamalannya. Penelitian ini merupakan pengembangan konsep model pembelajaran dan masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut disertai implementasinya dalam pembelajaran.

Keywords


Education; Learning model; Religious Behavior; Tajribi.

Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah (1st Ed., Vol. 1). Unissula Press.

Afandi, Z. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Sma Kota Kediri. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 127–136. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Um031v1i22015p127

Aftriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Cotextual Teaching And Learning) Dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Al-Muta’aliyah Stai Darul Kamal Nw Kembang Kerang, 1(3), 80–88. Http://Ejournal.Kopertais4.Or.Id/Sasambo/Index.Php/Mutaaliyah/Article/View/3005

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). Https://Doi.Org/10.24176/Jpp.V2i1.4312

Angdreani, V., Warsah, I., Karolina, A., Drakgani, J., & Lebong, R. (2020). Media Informasi Pendidikan Islam Implementasi Metode Pembiasaan : Upaya Penanaman Nilai-Nilai Islami Siswa Sdn 08 Rejang Lebong. 19(1), 1–21. Https://Doi.Org/10.29300/Attalim.V19i1.3207

Asri, Y. (2012). Efektivitas Pendekatan Student Centered Learning Yang Berbasis Ict Untuk Meningkatkan Kemampuan Apresiasi Prosa Fiksi Peserta Didik. Jurnal Bahasa Dan Seni, 13(2), 187–204. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24036/Komposisi.V13i2.3941

Aswat, H. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Terpusat (Focus Group Discussion) Terhadap Motivasi Belajar Ips Murid Kelas Ii Sd Negeri Ii Bone-Bone Kota Baubau. Pernik Jurnal Paud, 2(2), 134–160.

Elis Trianti. (2020). Implementasi Metode Tajribi Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kurban Pada Pembelajaran Pai Di Smk Yapari Aktripa Bandung.

Erdy Nasrul. (2023, April 24). Al-Zaytun Yang Kontroversial: Dari Isu Nii Palsu, Aliran Sesat, Dan Pelecehan. News.Republika.Co.Id.

Fitriani, E., & Azhar. (2019). Layanan Informasi Berbasis Focus Group Discussion (Fgd) Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Magister Psikologi Uma, 11(2), 82–87. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/Analitika.V11i1.2552

Hamruni. (2015). Konsep Dasar Dan Implementasi Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Xii(2), 177–188. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.14421/Jpai.2015.122-04

Kadir, A. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah. Dinamika Ilmu, 13(3), 17–38. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21093/Di.V13i1.20

Kbbi.Kemdikbud.Go.Id. (2023, June 18). Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. Https://Kbbi.Web.Id/Integrasi.

Kurniawan, B., Dwikoranto, D., & Marsini, M. (2023). Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa: Studi Pustaka. Practice Of The Science Of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1), 27–36. Https://Doi.Org/10.58362/Hafecspost.V2i1.28

Marfu’ah. (2019). Student Centered Learning(Scl), Pendekatan Pembelajaranyang Representatif Di Era Globalisasi. Pendidikan & Kajian Aswaja, 6(1), 118–131.

Maryam. (2018). Implementasi Pendidikan Qur’ani Dengan Metode Tajribi Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banjarmasin Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Millah, D. (2015). Audience Centered Pada Metode Presentasi Sebagai Aktualisasi Pendekatan Student Centered Learning. Edukasia Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 255–278. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.21043/Edukasia.V10i2.794

Muqit, A. A., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kemampuan Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa: Studi Kasus Di Sd Al-Bayan Islamic School Tangerang Selatan. Iq (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 227–240. Https://Doi.Org/10.37542/Iq.V5i02.791

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran (A. Daulany, Ed.; 1st Ed.). Perdana Publishing.

Prasetyawati, P. (2016). Analisis Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning Dalam Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Sma Negeri Se Kota Palu. E-Jurnal Katalogis, 4(10), 130–137.

Pratama, S., Siraj, A., & Yusuf, M. (2019). Pengaruh Budaya Religius Dan Self Regulated Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 331–346. Https://Doi.Org/10.30868/Ei.V8i2.509

Pusparini, D. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Pada Konsep Ekosistem Kelas Vii A Smp Negeri 3 Kusan Hilir. Jurnal Pembelajaran Biologi20, 6(2), 29–35. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.20961/Bio-Pedagogi.V6i2.20700

Putri, L. D., Solehati, T., & Trisyani, M. (2019). Perbandingan Metode Ceramah Tanya Jawab Dan Focus Group Discussion Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Siswa. Jurnal Siklus, 08(01), 80–86.

Rangkuti, F. R. (2019). Implementasi Metode Tajribi, Burhani, Bayani, Danirfani Dalam Studi Filsafat Pendidikan Islam. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 1(2), 41–52. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31604/Muaddib.V1i1.787

Rehalat, A. (2014). Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi. Jpis Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 1–11. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V5i1.11665

Rudy Purwana, E., & Masadah. (2019). Efektifitas Metode Pembelajaran Focus Group Discussion (Fgd) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Padamateri Keperawatan Jiwa Pada Mahasiswa Jurusan Keperawatan Poltekes Kemenkes Mataram Tahun 2018. Jurnal Keperawatan Terpadu, 1(1), 16–21. Http://Jkt.Poltekkes-Mataram.Ac.Id/Index.Php/Home/Index

Safa’at, M. K., & Inayati, N. L. (2019). Efektivitas Metode Tikrar Dan Talqin Dalam Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an Pada Program Unggulan Kelas Tahfidz Di Smp Islam Al Abidin Surakarta. University Research Colloqium, 79–83.

Sajadi, D. (2022). Komponen Proses Pembelajaran Melalui Model, Pendekatan, Strategi, Pendekatan, Teknik, Dan Taktik. Tahdzib Al-Akhlaq Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 36–48. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.34005/Tahdzib.V5i2.2319

Setyorini, U., Sukiswo, & Subaili, B. (2011). Penerapan Modelproblem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7, 53–56. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15294/Jpfi.V7i1.1070

Siregar, R. L. (2021). Memahami Tentang Model, Strategi, Metode, Pendekatan, Teknik, Dan Taktik. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 63–75. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.55403/Hikmah.V10i1.251

Sudrajat, A. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, Dan Model Pembelajaran.

Suprapto, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Invotec, Xi(1), 23–40.

Syahidin. (2019). Aplikasi Metode Pendidikan Qurani Dalam Pembelajaran Agama Islam Di Sekolah (M. I. Firmansyah, Y. Mulyadi, & D. Junaedi, Eds.; 2nd Ed.). Upi Press.

Uyun, Q. (2022). Proses Adaptasi Diri Santriwati Berlatar Belakang Muhammadiyah Dan Nahdlatul Ulama Di Tmi Al-Amien Prenduan. Nihaiyyat: Journal Of Islamic Interdisciplinary Studies, 1(3), 259–266. Https://Ejournal.Tmial-Amien.Sch.Id/Index.Php/Nihaiyyat/Index

Zuhri, K. (2017). Korelasi Prestasi Belajar Akidah Akhlak Dengan Perilaku Keagamaan Siswa Di Madrasah Aliyah Sunan Gunung Jati Gurah Kediri. Spiritualita, 1(2), 101–124.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v12i1.22331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.