Pengembangan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran PAI dengan Penerapan Evaluasi Diagnostik
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengembangan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam dengan evaluasi diagnostik di SMK Walisongo Rembang. Minimnya motivasi semangat belajar peserta didik menjadi persoalan yang patut untuk ditemukan solusinya supaya dalam belajar peserta didik memperoleh hasil belajar sesuai harapan dan bisa menerapkan ilmu pengetahuan yang didapat untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana mestinya. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan penerapan evaluasi diagnostik dilakukan dengan melalui proses pertama melaksankan pengidentifikasian kepada peserta didik terhadap kesulitan belajranya, kedua melokalisasikan kesulitan belajarnya, ketiga menentukan faktor penyebab kesulitan belajarnya, keempat memperkirakan alternatif bantuan, kelima menetapkan kemungkinan cara mengatasinya, dan keenam melakukan tindak lanjut. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan, dilihat dari nilai harian, penilaian tengah semester, dan ujian akhir semester. Beberapa kendala yang dihadapi dalam pembelajaran PAI dengan penerapan evaluasi diagnostic di antaranya: sarana dan prasarana yang masih belum memadai secara maksimal, minimnya minat, motivasi, dan kesiapan belajar peserta didik, kesadaran dan perhatian orang tua dalam mengawasi belajar, inovatif pendidik dalam menyampaikan pelajaran dan masih minim interaktif. Solusi yang dilakukan adalah melengkapi sarana dan prasarana, memberikan pelatihan kepada pendidik, melengkapi fasilitas literasi, pengelolaan kegiatan dan waktu, serta melaksanakan manajemen pembelajaran. Implementasi evaluasi diagnostik dapat memberikan perubahan terhadap hasil belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Affa, Azmi, Rahman, Nada. 2021. Usaha Pemberian Layanan yang Optimal Guru BK pada Masa Pandemi Covid-10. Yogyakarta: UAD Press.
Ahmad, Mukhlasin. 2022. Manajemen Pembelajaran. Medan: CV.Pusdikra Mitra Jaya.
Ahmad, Suryadi. 2020. Evaluasi Pembelajaran Jilid 1. Sukabumi: CV. Jejak Anggota IKAPI.
Ahmad, Susanto. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Ajat, Rukajat. 2018. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: CV.Budi Utama.
Asep, Jihad dan Abdul, Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Asfiati dan Ihwanuddin, Pulungan. 2020. Visualisasi dan Virtualisasi Pembelajarab Pendidikan Agama Islam Versi Program Merdeka Belajar Dalam Tiga Era (Revolusi Industri 5.0 Era Pandemi Covid-19 dan Era New Normal. Jakarta: Kencana.
Endang, Widyorini dan Julia, Maria, Van Tiel . 2017. Disleksia (Deteksi, Diagnostik, Penanganan di Sekolah dan di Rumah). Jakarta: Prenademedia Group.
H.M, Sattu, Alang. Urgensi Diagnosis dalam Mengatasi Kesulitan Belajar, Dosen Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Alauddin Makasar, [email protected].
Ismail. Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah, Jurnal Edukasi, ISSN: 2460-4917, E-ISSN: 2460-5794.
Mustakim dan Mustahadi.2017.Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Balitbang. Kemdikbud.
Najela, Sihab dan Komunitas, Guru, Belajar. 2019. Literasi Menggerakkan Negeri. Jakarta: Litera Hati dan Kampus Guru Cikal.
Najuah, dkk. 2022. Game Edukasi: Strategi dan Evaluasi Belajar Sesuai Abad 21, Yayasan Kita Menulis Web: kitamenulis.id.
Nelty, Khairiyah dan Endi, Suhendi. 2017. Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X. Jakrata: Kementerian Pendidikan dan Kebudayan.
Sawaluddin. 2017. Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam, Jurnal: At-Thariqah, Vol.3, No. 1, P-ISSN 2527-9610 E-ISSN.
Siti, Maesaroh. 2013. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam, Jurnal Kependidikan, Vol.1 No.1
Suke, Silverius. 1991. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: PT. Grasindo.
Supriyadi. 2021. Evaluasi Pendidikan (Prinsip Konsep Teknik Penyusunan Instrumen Asesmen Kriteria Minimum (AKM) Analisa Validitas dan Reabilitas Instrument). Pekalongan: PT.Nasya Expanding Management.
Suwarto. 2017. Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syaiful, Bahri, Djamarah. 2017. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Yuasrizal. 2016. Pengukuran & Evaluasi Hasil Dan Proses Belajar. Yogyakarta: Pale Media Prima.
Yunus, Abidin. 2015. Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan. Bandung: PT.Refika Aditama.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v12i1.20646
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 QUALITY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.