MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN SEJARAH KEBUDAYAAAN ISLAM (SKI) MELALUI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING

Abdul Karim

Abstract


Saturated Attitude in learning is one problem that leads decreasing student motivation in the History of Islamic Culture (SKI), it mustbe solved. This study found that mind mapping of SKI materialcourse can be an alternative solution to solve it. The objectivewas to obtain an overview of the implementation of learning mindmapping relation to student motivation sixth semester 2012/2013Program PAI in Tarbiyah STAIN Kudus on SKI material course.Data were taken from PAI students of class A, with classroomaction research (CAR). To get the complete data, the study useda qualitative approach to retrieve, analyze, and process data andinformation to be concluded in order to answer the problem that isbeing studied. The results showed that, the implementation methodsof learning mind mapping on SKI, success: (1) improve studentlearning motivation, (2) increased student activity and make quality, and (3) increased student learning to make creative and varied.

References


Azhar, Arsyad. 2004. Bahasa Arab dan Metode Pengajaranya. cet. II.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Buzan, Tony. 2010. Buku Pintar Mind mapping. terjemahan: Susi Purwoko.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Departemen Pendidikan Agama RI. 2004. Pedoman Khusus Sejarah Kebudayaan

Islam. Jakarta: Departemen Pendidikan Agama RI.

Djamarah. 2002. Strategi belajar mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Edward, Caroline. 2009. Mind mapping Untuk Anak Sehat dan Cerdas.

Yogyakarta: Sakti.

Eric Jansen.2008. Brain Based Learning : Pembelajaran Berbasis Kemampuan

Otak Cara Baru Dalam Pengajaran dan Pelatihan. terj. Narulita Yusron,

Cet. I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hanafi. 2012. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta: Subdit

Kelembagaaan Direktorat Pendidikan Tingggi Islam Direktorat Jenderal

Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.

Hernowo. 2005. Mengubah Sekolah : Catatan-Catatan Ringan Berbasiskan

Pengalaman, Bandung: MLC.

Nana Sudjana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta :

Rosda karya.

Nasih, Ahmad Munjin dan Lilik Nur Kholidah. 2009. Metode dan Teknik

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Rafika Aditama.

Nggermanto, Agus. 2003. Quantum Quotient, Cara Praktis Melejitkan IQ, EQ,

dan SQ Yang Harmonis. Bandung: Penerbit Nuansa.

Nur, Mohammad. 2001. Pemotivasian Peserta didik untuk Belajar. Surabaya:

University Press. Universitas Negeri Surabaya.

Prasetyo Irawan,Suciati dan IGK Wardani. 1996. Teori Belajar, Motivasi

danKeterampilan Mengajar. Jakarta : PAU-PPAI Universitas Terbuka.

Pupuh Fathurrohman dan Sobri Sutikno. 2009. Setrategi Belajar Mengajar

Melalui Penanaman Konsep Umum Dan Konsep Islam. Bandung : Rafika

Editama.

Retno Hermawati. 2009. Penerapan Metode Peta Pikiran (Mind mapping) (untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Cerita Pendek Pada Peserta didik

Kelas X SMA Muhammadiyah Salatiga, Tesis, (Program Studi Pendidikan

Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret Salatiga: Tidak Diterbitkan.

Sa’dun Akbar. 2009. Penelitian Tindakan kelas: Filosofi, Metodologi dan

Implementasi. Yogyakarta: Cipta Media Aksara.

Sardiman, A.M. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:

Grafindo Persada.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru/dosen Profesional. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Wiliana. 2013. Beberapa Faedah Penerapan Mind mapping dalam Pembelajaran.

wrplit.blogspot.com, diakses pada tanggal 22 Juni 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v1i2.205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.