Orientasi Pragmatis dan Idealis dalam Pendidikan Islam: Kajian Kurikulum Madrasah Aliyah Nurul Qur’an Simo Boyolali
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprison, W. (2016). Humanisme Progresif dalam Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati, 27(3), 399–416.
Aziz, A. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sukses Offset.
Fraeire, P. (2007). Politik Pendidikan: Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mitra, S. K. (2009). Why universities are adopting market oriented management practices. Asian Social Science, 5(3), 137–142.
Muhaimin. (1991). Konsep Pendidikan Islam: Sebuah Telaah Komponen Dasar Kurikulum. Solo: Ramadani.
Muhson, A., Wahyuni, D., Supriyanto, & Mulyani, E. (2012). Analisis Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi Dengan Dunia Kerja. Jurnal Economia, 8(1), 42–52.
Muslih. (2018). Upaya Pengembangan Kurikulum Prodi S.2 Manajemen Pendidikan Islam (MPI) UIN Walisongo Semarang. Nadwa : Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 155–180.
Nasution, S. (2003). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Nuryatno, A. (2014). Urgensi Filsafat Pendidikan dalam Pusaran Pragmatisme. In Pendidikan Postmodernisme: Telaah Kritis Pemikiran Tokoh Pendidikan. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
O’neil, W. F. (2008). Ideologi-Ideologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putra, G. R. N. (2016). Politik pendidikan: Liberalisasi pendidikan tinggi di Indonesia dan India. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Raharjo, S. B. (2012). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(02), 511–532.
Sadulloh, U. (2012). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sahin, A. (2018). Critical issues in Islamic education studies: Rethinking Islamic and Western liberal secular values of education. Religions, 9(11), 335.
Sholehuddin, S. (2018). Humanisasi Pendidikan; Meneguhkan Sisi Kemanusiaan Dalam Proses Pembelajaran. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 1(2, July), 73–87.
Suharto, T. (2014). Pendidikan Islam Kritis: Menuju Rehumanisasi Pendidikan Islam. CV Hidayah Yogyakarta.
Sukmadinata, N. S. (2005). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.
Sumedi. (2008). Kritisisme Hikmah ke Arah Epistemologi Pendidikan Islam Humanis: Sintesis Epistemologi Barat dan Islam. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga.
Sutrisno & Suyadi. (2016). Desain Kurikulum Perguruan Tinggi Mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tafsir, A. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Unesco. (2015). Rethinking education: Towards a global common good ? http://unesdoc.unesco.org/images/0023/002325/232555e.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v10i1.16307
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 QUALITY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.