Strategi Peningkatan Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam; Studi kasus di MI Darul Ulum Madiun

Lau Han Sein, Nurul Atik Hamida, Andy Litehua

Abstract


Strategies to Improve the Teaching Skills of Islamic Education Teachers; Case study at MI Darul Ulum Madiun. This study aimed to identify the factors that affect PAI teacher competence and to find ways of improving it. It used a mix of methods, including observation, interviews and document review. The results show that a number of factors influence the professionalism of PAI teachers at MI Darul Ulum Madiun, including: First, the teacher recruitment system is not professional. Second, many PAI teachers do not teach according to their qualifications. Third, teachers are not motivated to develop their personal qualities. The lack of professionalism of PAI teachers at MI Darul Ulum Madiun can be solved by improving the management of the school. This should include recruiting new educators properly, starting with making staff appointments. The school should also use new applications, filing, and a professional selection stage to ensure that the teachers who are recruited are competent and ready to carry out their duties properly. The school prefers to choose PAI teachers because they have more responsibility.



Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi guru PAI dan menemukan cara untuk meningkatkannya. Penelitian ini menggunakan metode campuran, termasuk observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejumlah faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru PAI di MI Darul Ulum Madiun, antara lain: Pertama, sistem rekrutmen guru yang tidak profesional. Kedua, banyak guru PAI yang mengajar tidak sesuai dengan kualifikasinya. Ketiga, guru kurang termotivasi untuk mengembangkan kualitas diri. Kurangnya profesionalisme guru PAI di MI Darul Ulum Madiun dapat diatasi dengan memperbaiki manajemen sekolah. Hal ini harus mencakup perekrutan tenaga pendidik baru dengan benar, dimulai dengan membuat pengangkatan staf. Sekolah juga harus menggunakan lamaran baru, pemberkasan, dan tahap seleksi yang profesional untuk memastikan bahwa guru yang direkrut adalah guru yang kompeten dan siap menjalankan tugasnya dengan baik. Sekolah lebih memilih guru PAI karena memiliki tanggung jawab yang lebih besar.

Keywords


PAI; Professional Competence; Teachers.

Full Text:

PDF

References


Abad, J. V. (2013). Pedagogical Factors That Influence EFL Teaching: Some Considerations for Teachers’ Professional Development (Factores pedagógicos que influyen en la enseñanza del inglés como lengua extranjera: algunas consideraciones para el desarrollo profesional de docentes). PROFILE: Issues in Teachers’ Professional Development, 15(1), 97–108.

Abin Syamsudin Makmun. (1996). Psikologi Pendidikan. Rosdakarya.

Budianti, Y., Dahlan, Z., & Sipahutar, M. I. (2022). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2460

Castro Garcés, A. Y., & Martínez Granada, L. (2016). The Role of Collaborative Action Research in Teachers’ Professional Development (El papel de la investigación acción colaborativa en el desarrollo profesional docente). PROFILE: Issues in Teachers’ Professional Development, 18(1), 39–54.

Fithriani, M. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar Al Quran Hadis Kelas X MAN Bintuhan Kabupaten Kaur. Al-Bahtsu : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.29300/btu.v2i1.339

Fitriani, C., Ar, M., & Usman, N. (2017). Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di MTs Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 5(2), Article 2. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/8246

Giarti, S. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru SD Melalui Supervisi Akademik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p37-46

Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021a). Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), Article 2.

Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021b). Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), Article 2.

Ibrahim Bafadal. (2008). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Bumi Aksara.

Ikawati, H. M. S. dan H. D. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profesionalisme Guru. Jurnal Cahaya Mandalika, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.36312/jcm.v1i2.87

Kasmir. (2012). Manajemen Sumber Teori Dan Praktik. Rajawali Pers.

Krisnawati, K., Yulaeha, S., & Budiastra, K. (2022). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2181

Muchith, M. S. (2017). Guru PAI Yang Profesional. Quality, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.21043/quality.v4i2.2121

Murray, A. (2019). Competition as a Teaching Strategy. BU Journal of Graduate Studies in Education, 11(1), 13–16.

Muthanje, K. A., Wafula, K. I., & Riechi, A. R. (2020). Teacher Competency on Learner Promotion in Embu County Integrated Public Primary Schools, Kenya. World Journal of Education, 10(3), 188–198.

Nurkamilah, N. (2016). Kompetensi Profesionalis Guru dan Minat Belajar Siswa dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, 1(2), Article 2.

Pasaribu, T. B. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kelurahan Kapuk Kecamatan Cengkareng. Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, 9(02), Article 02. https://doi.org/10.36310/jebi.v9i02.64

Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 Tentang Guru. (t.t.).

Rugaiyah Dan Atiek Sismiati. (2011). Propesi Kependidikan. Ghalia Indonesia.

S, S. (2020). Kompetensi Profesional bagi Seorang Guru dalam Manajemen Kelas. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.37640/jip.v12i1.202

Slameto, S. (2014). Permasalahan-Permasalahan Terkait dengan Profesi Guru SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2014.v4.i3.p1-12

Theeb, R. S., Muhaidat, M. A., & Al-Zboon, E. K. (2014). Profesional Competencies among Pre-Service Teachers in Special Education from Their Perspectives. Education, 135(1), 133–143.

Undang-Undang Ri No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. (t.t.).

Wawancara secara langsung dengan Pak Dayat, di MI Darul Ulum Madiun, pada tanggal 15 Mei 2022. (t.t.).

Wawancara secara langsung dengan Pak Syaiful, di MI Darul Ulum Madiun, pada tanggal 15 Mei 2022. (t.t.).

Wawancara secara langsung dengan Pak Syamsul Hadi, di MI Darul Ulum Madiun, pada tanggal 15 Mei 2022. (t.t.).

Yuswardi, Y. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Profesional Guru di Perguruan Tamansiswa Pematangsiantar. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.30743/mukadimah.v5i2.4428

Zakiah Daradjat. (1995). Kepribadian Guru. Bulan Bintang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.