Pemanfaatan Zoom Sebagai Sarana Pendidikan Pemakai di Era Kenormalan Baru (Studi Kasus di Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta)

Sri Utari, Dian Hapsari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memberi penjelasan mengenai kegiatan pendidikan pemakai di perpustakaan UNS yang dilakukan secara daring di era kenormalan baru. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengambilan data menggunakan observasi partisipatif.

Hasil penelitian menunjukkan dua hal yaitu mahasiswa baru mengikuti secara antusias kegiatan pendidikan pemakai dan terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan pemakai secara daring. Simpulan dari penelitian ini adalah pentingnya penguatan peran perpustakaan peguruan tinggi melalui kompetensi sumber daya manusianya yang dituntut senantiasa belajar.


Keywords


pendidikan pemakai, perpustakaan perguruan tinggi, zoom, kenormalan baru

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. 1979. Pedoman Umum Perpustakaan Perguruan Tinggi. edisi 1. Jakarta: Depdikbud RI direktorat jendral pendidikan tinggi, 1979.

Laugu, Nurdin. Yogyakarta: Gapernus press, 2015.

Moleong, Lexy J. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Rahayuningsih, F. Mengkaji pentingnya pendidikan pengguna. Info Persadha Vol. 3/No.2/Agustus 2005. Soerono. 1996.

Sugiyono. Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2008.

Universitas Sebelas Maret. Surat Edaran Nomor 378/UN 27.27/TU/2020 Tentang Pemberlakuan Perpanjangan Pembatasan Aktivitas Di Perpustakaan Univeristas Sebelas Maret. Surakarta: UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret, 2020.

Universitas Sebelas Maret. Surat Edaran Rektor Nomor 67/ UN27/SE/2020 tentang pemberlakuan pembatasan aktivitas dan system kerja pegawai di Universitas Sebelas Maret. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2020.

Universitas Sebelas Maret. Surat Keputusan Rektor Nomor 35 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Perpustakaan Di UPT Perpustakaan UNS. Surakarta: UPT Perpustakaan UNS, 2020.

WEBSITE

Rahmita Sari, Doddy Rusmono. User Education Bagi Mahasiwa Baru Sebagai Pemustaka Dalam Mengakses Resources. Jurnal Edulib.

Rangkuti, Lailan Azizah Pentingnya pendidikan pemakai (User education) di perpustakaan perguruan tinggi. Iqra': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 08 (01). 2015. pp. 40-47.

Research Planning and Review Committee, A. 2018. “2018 top trends in academic libraries: A review of the trends and issues affecting academic libraries in higher education.” College & Research Libraries News, 79(6), 286. doi:https://doi.org/10.5860/crln.79.6

Widayatun. Menyongsong Era New Normal Dalam Situasi Pandemi Covid -19: Momentum Peningkatkan Peran Keluarga Sebagai Agen Perubahan. Jakarta: Pusat Penelitian Kependudukan - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, 2020. Diakses dari https://kependudukan.lipi.go.id/id/berita/53-mencatatcovid19/1007-menyongsong-era-new-normal-dalam-situasi-pandemi-covid-19-momentum-peningkatkan-peran-keluarga-sebagai-agen-perubahan tanggal 5 November 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v9i1.9074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.