Analisis Prosedur Pengembangan Koleksi di Perpustakaan Perguruan Tinggi

Dedi Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan koleksi di perpustakaan perguruan tinggi,  fokus penelitian ini meliputi 6 aspek dengan mengumpulkan berbagai teori yang berkaitan dengan pengembangan koleksi antara lain, menurut ALA (American Librarti Acssociation), Teori Edwar Evans diantaranya Identifikasi, sleksi, pengadaan, organisasi, pengolahan, penyimpanan, interpretasi, pemanfaatan, penyebaran,Teori Yuyu Yulia, Teori Ciyan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kajian studi literatur dengan membandingkan dan menganalisis  teori yang ada, Pada tahap pengemabangan  koleksi umumnya telah dilakukan secara bertahap, namun masih banyak perpustakaan perguruan tinggi yang belum optimal dalam hal pengembangan koleksi di perpustakaan,  dalam hal ini perpustakaan harus mampu menyediakan koleksi-koleksi yang yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka, agar terpenuhinya informasi yang dibutuhkan bagi para pemustaka. Dalam hal ini penulis menganalisis beberapa teori yang ada, dan mengambil 1 teori yang layak dijadikan sebagai pedoman pengembangan koleksi di perpustakaan perguruan tinggi dengan berpedoman pada teori Edwar Evans yang meliputi 9 Aaspek dalam pengembangan Koleksi, Agar dalam hal pengembangan koleksi dapat tercapai dengan maksimal.

Keywords


Perpustakaan Perguruan Tinggi; Pengembangan Koleksi; Tahapan Pengembangan Koleksi

Full Text:

PDF

References


Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, ( Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud, 2003), Hal.5

Sri Sumekar, et, al. Perpustakaan Nasional, Standar nasional perpustakaan (SNP) (jakarta: Perpuatakaan RI, 2011), hlm.4

Trimo Soejono, Pedoman pelaksanaan perpustakaan, Remaja Rosdakarya, Bandung 1990, Hlm.119

Wiji Suwarno, Dasar – Dasar Ilmu Perpustakaan: Sebuah Pendekatan Praktis, Ar-Ruz Jogjakarta, 2010. hlm 41.

Yulia, pengembangan koleksi univeristas terbuka, jakarta 2009 hlm. 8

Yulia, pegembangan koleksi universitas terbuka, jakarta 2009. Hlm. 13

Syihabuddin Qalyubi et al, Dasar-Dasar ilmu perpustakaan, Bumi Askara, yogjakarta, 2017. Hlm. 83

Yunus winoto, yunus sukaeseh, studi tentang pengembangan koleksi (colection developmen), pada perpustakaan perguruan tinggi, khazanah al-hikmah vol.4 n0.2, juli- desember 2016

Sri handayani, kontribusi tokoh dalam dunia perpustakaan dikutip dari teori analisis pemikiran G.Edward Evans tentang pengembangan koleksi, libria, vol. 9, juni 2019

Evans, G. Edwar and Saponaro, M. Zarnosky, Library and Information center (london : Libraries Unlimited 2005), hlm.3

Nurintan Cynthia Tsyasmara, pengembangan koleksi perpustakaan tantangan dan pembelajaran sepanjang hayat, (perpustakaan UI, 2016), hlm. 4.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v8i2.8668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.