Peran Perpustakaan Sebagai TEMAN KARIB (Tempat Efektif Menemukan Aneka Referensi Ilmiah dan Buku) dalam Pembelajaran

Mariatul Qibthiyyah, Dian Arifin Noor

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas peran perpustakaan ULM sebagai TEMAN KARIB (Tempat Efektif Menemukan ANeKA Referensi, Ilmu, dan Buku) dalam pembelajaran. Desain penelitian ini adalah mixed method dengan prosedur Triangulation Design: Validating Quantitative Data Model. Pada model ini, peneliti akan mengumpulkan data kuantitatif dan data kualitatif, kemudian menganalisis masing-masing data tersebut. Tahap selanjutnya adalah melakukan analisis lebih lanjut dengan cara memvalidasi hasil analisis kuantitatif dengan menggunakan hasil kualitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa ULM. Sampel untuk mengetahui peran perpustakaan dalam pembelajaran, yakni 500 mahasiswa. Teknik Pengumpulan Data adalah validasi instrument oleh validator, pengisian kuisioner, mengambil data wawancara open ended untuk memperdalam deskripsi tentang efektivitas peran perpustakaan ULM sebagai TEMAN KARIB (Tempat Efektif Menemukan ANeKA Referensi, Ilmu, dan Buku) dalam pembelajaran. Teknik Analisis Data dalam kajian ini adalah sebagai berikut: 1) Validitas instrumen akan dianalisis menggunakan pemodelan Rasch; 2) Data hasil Survei akan dianalisis sesuai dengan indikator. Data akan disajikan dalam bentuk persentase dan akan di sajikan bentuk grafik dan plot yang diperoleh dengan bantuan SPSS; 3) Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh melalui langkah data reduction, coding, data display, dan verivication. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah 37,60% mahasiswa setuju bahwa perpustakaan efektif berperan sebagai TEMAN KARIB (Tempat Efektif Menemukan ANeKA Referensi, Ilmu, dan Buku) dalam pembelajaran. 37,34% mahasiswa manyataan sangat setuju. Sementara sebagian kecil mahasiswa yakni 5,88% dan 1,66% mahasiswa secara berturut-turut menyatakan bahwa mereka kurang setuju dan tidak setuju dengan pernyataan tersebut.


Full Text:

PDF

References


Nurkertamanda, Denny, and Pandu Wirawan. “PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODOLOGI LIBQUAL +TM DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT.” J@TI Undip 4, no. 2 (2009): 124–36.

Sumbangsih, N., and Ma. Nelisa. “Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Motivasi Kerja Pustakawan Di Perpustakan Universitas Bung Hatta Padang.” Jurnal Akuntansi Manajemen 2, no. 9 (2013): 178–85.

Supriyatna, Adi. “Analisis Dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Menggunakan Pieces Framework.” Jurnal Pilar Nusa Mandiri 11, no. 1 (2015): 43–52.

Suwena, Kadek Rai. “Menciptakan Layanan Perpustakaan Yang Berkualitas Sebagai Pendukung Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.” Media Komunikasi FIS 11, no. 23 (2012): 16–29.

Yuliawati, Sri. “Kajian Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Sebagai Fenomena Pendidikan Tinggi Di Indonesia.” Widya 29, no. 318 (2012): 28–33.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v8i2.8354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.