Optimalisasi Kinerja Tenaga Perpustakaan Sekolah (studi kasus di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)

Rifki Rifki, Rayhan Musa Novian

Abstract


Tulisan ini diawali dengan munculnya permasalahan dalam perpustakaan sekolah tentang peran tenaga perpustakaan perpustakaan sekolah. Penelitian ini mengungkapkan peran tenaga perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah merupakan ‘jantung’ sekolah. Perpustakaan sekolah berperan sebagai organisasi yang membantu proses belajar mengajar di sekolah. Untuk tercapainya tujuan itu, perpustakaan sekolah memerlukan tenaga perpustakaan yang mahir dan berkompeten untuk mendukung proses pembelajaran. Peraturan mengenai perpustakaan sekolah telah dikeluarkan, tenaga perpustakaan sekolah harus memiliki kompetensi yang telah di dikeluarkan oleh pemerintah dan organisasi  kepustakawanan. Selain itu, tenaga perpustakaan perlu mengikuti beberapa pelatihan yang diadakan oleh organisasi kepustakawanan agar dapat meningkatkan kompetensi dalam mengelola perpustakaan. Berdasarkan hasil penelitian ini masih terdapat kekurangan pada kinerja dan penerapan peraturan yang telah dikeluarkan pemerintah pada perpustakaan sekolah SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Oleh karena itu penulis melihat perlunya peningkatan pada kinerja tenaga perpustakaan sekolah SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Penelitian Ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan tenaga perpustakaan untuk mencapai tujuan sekolah dan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena tertentu secara mendalam dan terperinci. Peneliti mengumpulkan dokumen tertulis dan melakukan observasi di lapangan serta melakukan wawancara dengan pihak terkait seperti tenaga perpustakaan yang ada di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta.


Keywords


Perpustakaan Sekolah; Tenaga Perpustakaan Sekolah; Kompetensi.

References


Anwar, Rully Khairul, and Agus Rusmana. “Komunikasi Digital Berbentuk Media Sosial Dalam Meningkatkan Kompetensi Bagi Kepala, Pustakawan, Dan Tenaga Pengelola Perpustakaan.” Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat 6, no. 3 (2017): 204–8. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.

Basuki, Sulistyo. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993.

Dewi, Laksmi, Asep Dudi Suhardini, Universitas Pendidikan Indonesia, and Universitas Islam Bandung. “Peran Perpustakaan Dan Tenaga Perpustakaan Sekolah,” n.d., 57–77.

Fauruza, Azka ; Rahmah, Elva. “PROBLEMATIKA TENAGA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SMP N 3 PADANG PANJANG.” JurnalIlmuInformasiPerpustakaandanKearsipan 4, no. 1 (2015).

Ifla. “Written by the IFLA School Libraries Section Standing Committee Edited by: Barbara Schultz-Jones and Dianne Oberg, with Contributions from the International Association of School Librarianship Executive Board 2 Nd Revised Edition IFLA School Library Guide,” no. June (2015): 69. https://www.ifla.org/files/assets/school-libraries-resource-centers/publications/ifla-school-library-guidelines.pdf%0Awww.ifla.org.

Komaruddin, Yooke Tjuparmah S, and Rudi Susilana. “Sertifikasi Dan Lisensi Tenaga Perpustakaan Sekolah/ Madrasah.” Edulib, 2016. https://doi.org/10.17509/edulib.v2i1.2258.

Nurhalisma, Oleh Lisna, and Hana Silvana. “PENYELENGGARAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH ( Studi Deskriptif Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Di SMAN 10 Bandung ),” n.d., 153–69.

Schleicher, Andreas. “PISA 2018 Insights and Interpretations.” OECD Publishing, 2019, 64. https://www.oecd.org/pisa/PISA 2018 Insights and Interpretations FINAL PDF.pdf.

Setiani, Selly, Hana Silvana, Prodi Perpustakaan, Dan Informasi, Departemen Kurikulum, Dan Teknologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, and Universitas Pendidikan Indonesia. “Cooperation Between Teachers with Librarian Service of in Hikmah Teladan Elementary School Kerjasama Antara Guru Dengan Pustakawan Dalam Layanan Perpustakaan Sekolah Dasar Hikmah Teladan” 6, no. 2 (2016): 147–53.

Susilana, Rudi. “Mengkaji Dan Menanti Implementasi Kebijakan Permendiknas Ri Nomor 25 Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/ Madrasah.” Edulib 1, no. 1 (2011). https://doi.org/10.17509/edulib.v1i1.1139.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v9i1.8232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.