Membentuk Sikap Pelayanan Pustakawan Yang Bercitra Positif

Radiya Wira Buwana

Abstract


Sikap pelayanan memegang peranan yang sangat penting dalam usaha perpustakaan untuk memberikan pelayanan prima kepada pemustaka. Sikap pelayanan yang diberikan oleh pustakawan terhadap pemustaka memberikan kesan yang terekam langsung oleh pemustaka. Dari pengalaman pemustaka dalam mendapatkan pelayanan, maka akan terbentuk penilaian terhadap baik atau buruknya pelayanan pada sebuah perpustakaan. Melalui penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif dalam tulisan ini , penulis membahas bagaimanakah usaha yang harus dilakukan pustakawan agar dapat membentuk sikap pelayanan yang bercitra positif, sehingga pada muaranya dapat menciptakan sebuah pelayanan prima di perpustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa untuk dapat membentuk sikap pelayanan yang bercitra positif, maka seorang pustakawan harus ramah dan murah senyum, komunikatif, berpenampilan menarik dan meningkatkan kompetensi keilmuannya


Keywords


Sikap Pelayanan; Pelayanan Prima; Pustakawan

Full Text:

PDF

References


Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. https://kbbi.web.id/

Hermawan, Rachman, dan Zulfikar Zen. Etika Kepustakawanan : suatu pendekatan terhadap kode etik pustakawan Indonesia. Jakarta: Sagung Seto, 2010.

Imam, Gunawan. Metode Penelitian Kualitatif : teori & praktek. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Indonesia. Undang-undang no. 43 tentang perpustakaan. 2007

Islamy, Ali Nurhasan. “Penerapan Senyum Pustakawan Sebagai Keterampilan Sosial di Perpustakaan.” Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi 11, no. 2 (15 Maret 2016): 44. https://doi.org/10.22146/bip.10032.

Istiana, Purwani. Layanan Perpustakaan. Yogyakarta: Ombak, 2014.

Makmur, Testiani. Budaya kerja Pustakawan di era digitalisasi : perspektif organisasi, relasi, dan individu. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2015.

Mujab, Ahmad Isywarul, dan Ary Setyadi. “Persepsi Pemustaka Terhadap Sikap Pustakawan dalam Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata” 4, no. 2 (2015): 7.

Nurendah, Yulia, dan Mumuh Mulyana. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan dan Hubungannya dengan Loyalitas Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 1, no. 1 (24 April 2013): 93–112. https://doi.org/10.37641/jimkes.v1i1.258.

Purwono. Profesi pustakawan menghadapi tantangan perubahan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Rahmah, Elva. Akses dan Layanan Perpustakaan teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana, 2018.

Rodin, Rhoni. “URGENSI KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI.” Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan 3, no. 1 (28 Juni 2015): 101. https://doi.org/10.24198/jkip.v3i1.10274.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v8i2.8030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.