Urgensi Buku Digital di Tengah Pandemi COVID-19

Dian Kristyanto

Abstract


Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada semua sektor termasuk pendidikan. Saat ini aktivitas pembelajaran mengalami perubahan dari interaksi kelas menjadi interaksi virtual. Pembelajaran di rumah membuat pelajar memiliki ruang gerak terbatas baik dari sisi komunikasi dengan pengajar dan akses ke perpustakaan menjadi terhambat. Kajian ini bertujuan untuk mengamati urgensi buku digital ditengah dampak pandemi yang dirasakan di dunia pendidikan. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan tinjauan litetarur sesuai dengan pokok masalah yang dikaji. Dari kajian ini dikemukakan jika memang buku digital menjadi salah satu opsi yang dapat dibuat oleh sekolah dan perpustakaan. Walaupun demikian opsi ini hanya alternatif karena pengembangan buku digital membutuhkan dukungan anggaran yang besar dan sumber daya yang mewadai, oleh karena itu ada beberapa opsi lain yang dapat dilakukan sesuai kebijakan sekolah seperti layanan antar online dan layanan informasi tautan.


Keywords


Buku Digital; Pandemi Covid-19; Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Cao, Wenjun, Ziwei Fang, Guoqiang Hou, Mei Han, Xinrong Xu, Jiaxin Dong, dan Jianzhong Zheng. 2020. “The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China.” Psychiatry Research 287. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.112934.

Kurnia, Novi, Engerbertus Wendrataman, Wisnu Martha Adiputra, dan Intania Poerwaningtias. 2019. Literasi Digital Keluarga: Teori dan Praktik Pendampingan Orangtua Terhadap Anak Dalam Berinternet. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Lesk, Michael. 2005. Understanding Digital Libraries Second Edition. 2nd ed. Amsterdam: Morgan Kaufmann Publishers.

Machi, Lawrence A, dan Brenda T McEvoy. 2016. The Literature Review: Six Steps to Success 3. London: Corwin.

Pakpahan, Roida, dan Yuni Fitriani. 2020. “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19.” Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting And Research 4 (2): 30–36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.

Ren, Zhuo, Noriko Uosaki, Etsuko Kumamoto, Gi-Zen Liu, dan Chengjiu Yin. 2017. “Improving Teaching Materials through Digital Book Reading Log BT - The 2017 International Conference on Advanced Technologies Enhancing Education (ICAT2E 2017).” In , 90–96. Atlantis Press. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/icat2e-17.2016.22.

Rohana, dan Iwin Adryawin. 2019. “Five Laws of Library Science: Sebuah Pemikiran yang Dinamis dari Ranganathan.” JIPER : Jurnal Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram 1 (1): 1–7. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JIPER/article/view/1498.

Rokhani, Cicilia Tri Suci. 2020. “Pengaruh Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Dengkek 01 Pati Selama Masa Pandemi Covid-19.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2 (1): 424–37. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/500.

Simarmata, Janner, Dian Cita Sari, Deddy Wahyudi Purba, Mufarizuddin, dan Muhammad Said Hasibuan. 2019. Inovasi Pendidikan Lewat Transformasi Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v8i1.7850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.