Pengaruh Kompetensi Pustakawan Terhadap Kualitas Layanan di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima

Syahruramadhan Syahruramadhan, Noer Jihad Saleh, M. Dahlan M

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kompetensi Pustakawan terhadap Kualitas Layanan di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima dengan tujuan untuk: 1) Mengetahui Bagaimana Kompetensi Pustakawan di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima, 2) Untuk mengetahui Bagaimana Kualitas Layanan di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima, 3) c.       Untuk mengetahui Sejauh Mana Pengaruh Kompetensi Pustakawan Terhadap Kualitas Layanan di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yang berlokasi di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima dengan menggunakan pendekatan manajerial. Pendekatan manajerial adalah sebuah pendekatan yang bersifat sistematis dan teratur dalam menyusun dan melibatkan unsur-unsur yang terpadu untuk melihat pengaruh kompetensi pustakawan terhadap kualitas layanan. Penelitian ini terdiri atas satu variabel independen dan satu variabel, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kota Bima yang berkunjung ke perpustakaan selama penelitian berlangsung. Teknik penarikan sampel yang dipilih adalah Accidental sampling yakni teknik yang dilakukan dengan cara menentukan siapa saja yang kebetulan ditemui oleh peneliti dan dipandang tepat untuk mewakili sebuah populasi.

Hasil penelitian yang didapat dari pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentasi yang diolah menggunakan SPSS, diketahui bahwa Kompetensi Pustakawan memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap Kualitas Layanan di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima. Terlihat dari hasil uji regresi linear sederhana yaitu membandingkan nilai signifikansi dengan nilai probabilitas dan membandingkan nilai thitung dan ttabel. Berdasarkan nilai signifikansi: diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Berdasarkan nilai t: diketahui nilai t hitung sebesar 3,417 > t tabel sebesar 2,048 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y, dengan nilai persamaan regresi 0,322. Koefisien regresi tersebut bernilai positif.

Implikasi dari penelitian ini adalah sebaiknya pelatihan dan pengembangan kepustakawanan lebih ditingkatkan lagi dari lembaga-lembaga yang membawahi setiap organisasi perpustakaan yang ada, sehingga kualitas atau kompetensi seorang pustakawan lebih di apresiasi tinggi.  Selain itu diharapkan juga bagi pustakawan untuk selalu memegang teguh kode etik profesi sehingga dapat menjaga harkat dan martabat profesi pustakawan.

Keywords


Kompetensi Pustakawan, Kualitas Layanan

Full Text:

PDF

References


Blasius Sudarsono, (2006) Antologi Kepustakawanan Indonesia, (Jakarta: Ikatan Pustakawan Indonesia)

Kolter, Philip, (2002) Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, (Jakarta: Salemba Empat)

Lucky Dewi Pamungkas. Dkk: Pengaruh Kompetensi Pustakawan Terhadap Prestasi Kerja (Studi pada Perpustakaan Universitas Brawijaya), (Vol. 3, No. 5)

Sugiono (2012) Memahami Penelitian Kualitatif (Cet II; Bandung: PT. Remaja Rosda karya)

Sulistyo Basuki, (1993). Pengantar Ilmu Perpustakaan (Jakarta: Gramedia Pustaka).

Wicaksono. (2004) Kompetensi Perpustakaan dan Pustakawan dalam Implementasi Teknologi Informasi di Perpustakaan (Jakarta: Rajawali Pers)




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v7i2.6604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.