Evaluasi Koleksi Berdasarkan pada Metode yang Berpusat pada Penggunaan (Use-Centered Method) Studi kasus pada Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat

Yunus Winoto, Rahmi Nurmalia, Andri Yanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi koleksi. Jenis evaluasi yang digunakan yaitu metode yang berpusat pada penggunaan (use-centered method) yang meliputi evaluasi koleksi sirkulasi, evaluasi berdasarkan pendapat pengguna serta evauasi berdasarkan pengunaan koleksi di ruang baca perpustakaan. Lokasi penelitian dilakukan di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dari hasil evaluasi kajian sirkulasi diketahui  bahwa peminjaman koleksi lebih banyak didominasi oleh koleksi yang bersubjek kesehatan. Hal ini terlihat dari data statistik mengenai 10 judul terpopuler yang sering dipinjam hampir sebagian merupakan koleksi dengan subjek kesehatan yakni koleksi bidang kebidanan dan keperawatan; Untuk evaluasi berdasarkan pendapat pengguna  mengenai koleksi yang terdapat di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya menunjukkan bahwa dilihat dari aspek kelengkapan, keragaman dan relevansi koleksi dapat dikatakan sudah cukup lengkap. Namun untuk aspek kemutakhiran dan komposisi koleksi perlu lebih diperhatikan lagi. Sedangkan dari hasil evaluasi yang didasarkan pada penggunaan koleksi di ruang baca  oleh pemustaka terungkap bahwa pengguna perpustakaan lebih cenderung menggunakan subjek bidang ilmu terapan yakni bidang kesehatan.

Keywords


evaluasi koleksi, pengembangan koleksi, pengguna, perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2013). Research design : qualitative, quantitative, and mixed methode approaches (3rd ed.). California: SAGE publications.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (1994). Perpustakaan perguruan tinggi: buku pedoman (kedua). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Evans, G. E., & Saponaro, M. Z. (2005). Developing library and information center collections (5th ed.). New York: Libraries Unlimited.

Gabriel, M. R. (1995). Collection development and evaluation: a sourcebook. Lanham: Md Scare-crow.

Herliani, Yuli. (2018). Interview of database subjek koleksi. Tasikmalaya: Perpustakaan UMTAS.

Hodijah, C. (2013). Upaya pengelola dalam membangun lembaga PAUD yang berkarakter. Sumber: http://repository.upi.edu/3034/6/S_PLS_1003195_ Chapter3.pdf. Diakses pada 21 Februari 2019.

Johnson, P. (2009). Fundamentals of collection development and management (2nd ed.). Chicago: American Library Association.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mu’arofah, L. F. (2015). Pemanfaatan koleksi sirkulasi di perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta berdasarkan kajian sirkulasi (Januari 2014- Februari 2015) dan persepsi pemustaka. Sumber: http://digilib.uin-suka.ac.id/17712/1/BAB I%2C V%2C DAFTAR PUSTAKA.pdf. Diakses pada 23 Maret 2019.

Perpustakaan Nasional RI. (2011). Standar nasional perpustakaan perguruan tinggi. Jakarta: Perpusnas.

Suharsaputra, U. (2012). Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan tindakan. Bandung: Refika Aditama.

Sulistyo-Basuki. (1991). Pengantar ilmu perpustakaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Winoto, Yunus., Sinaga, Dian dan Rohanda. (2018). Dasar-dasar pengembangan koleksi (1st ed.). Kebumen: Intishar Publishing.

Yin, Robert. K. (2015). Studi kasus: desain & metode (1st ed.). Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v7i1.6603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.