Peningkatan Kualitas Layanan Berbasis Pemustaka : Sebuah Paradigma Baru Pengukuran Kinerja Perpustakaan

Endhar Priyo Utomo

Abstract


Perkembangan dewasa ini, telah terjadi sebuah perubahan paradigma dari konsep yang diterapkan oleh perpustakaan. Perubahan ini terjadi dengan menempatkan pemustaka sebagai center dari semua kegiatan yang dilakukan oleh perpustakaan. Hal ini tentunya berbeda dari konsep sebelumnya yang menempatkan perpustakaan sebagai center dari semua kegiatan yang dilakukannya.

Perpustakaan sebagai penyedia jasa layanan, harus mulai menyadari bahwa dirinya dipengaruhi oleh sebuah situasi yang kompetitif, Adanya sebuah layanan yang berorientasi pada kualitas berusaha untuk mengidentifikasi kesenjangan antara layanan yang diharapkan dengan layanan yang diterima oleh pemustaka.

Adanya perubahan ini telah menjadi tuntutan bagi pemustaka sebagai customer dari perpustakaan. Adanya peningkatan kualitas layanan, akan menyebabkan meningkatnya kinerja dari sebuah perpustakaan. Dengan adanya peningkatan tingkat kepuasan dari pemustaka, diharapkan akan dapat mendorong adanya loyalitas dari para pemustaka

Keywords


pemustaka; layanan perpustakaan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v6i1.3069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.