Evaluasi Layanan Administrasi Online Perpustakaan FMIPA Universitas Padjajaran Bandung
Abstract
Abstract
The evaluation of the online administrative services provided by the FMIPA Library at Universitas Padjadjaran (Unpad) was conducted as an effort to assess the quality and effectiveness of the services offered to users. These services consist of an online administrative system developed and managed by the FMIPA Library. The purpose of this study was to measure user satisfaction with the provided services and to identify the strengths and weaknesses of the online service items to determine whether they align with the library's goals. The research employed a qualitative approach, including interviews with librarians, program secretaries, academic support staff at postgraduate programs, and several alumni within the FMIPA environment. The study also involved observation and document analysis based on data recorded in the application system. The findings revealed that 961 users accessed the system, but significant discrepancies were observed among the usage of services: 755 graduates utilized the loan clearance service, while only 138 uploaded academic works, 59 used the plagiarism checking service, and 9 requested reference services. Additionally, socialiation and the implementation of the online administrative service SOPs remain suboptimal, as evidenced by testimonies from program staff indicating that 80% of academic staff were unaware of these services.
Keywords: evaluation; library administration; library services
Abstrak
Evaluasi layanan administrasi online Perpustakaan FMIPA Universitas Padjadjara dilakukan sebagai salah satu upaya untuk melakukan menilaian terhadap kualitas dan efektifitas layanan yang telah disediakan oleh Perpustakaan FMIPA Unpad kepada pemustaka, yaitu sistem layanan administrasi yang dibuat dan disediakan secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kepuasan pemustaka terhadap layanan yang disediakan, untuk mengidentifkasi kekuatan dan kelemahan dari item-item layanan online yang disediakan apakah sudah sesuai dengan tujuan Perpustakaan FMIPA. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara dengan pustakawan, sekretaris program studi, staf tenaga kependidikan layanan akademik di program studi pascasarjana dan terhadap beberapa lulusan di lingkungan FMIPA Unpad serta observasi dan studi dokumen berdasarkan data yang tercatat dalam sistem aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah pemustaka yang mengakses adalah 961; perbedaan jumlah pemustaka untuk layanan cukup mencolok, dari 755 lulusan semuanya menggunakan layanan bebas peminjaman, namun hanya 138 yang mengunggah karya ilmiah, 59 yang menggunakan layanan cek plagiarism, dan 9 yang mengajukan layanan referensi; sosialisasi dan SOP layanan administrasi online ini belum optimal terbukti dari kesaksian informan dari prodi yang menunjukkan bahwa 80% tendik tidak mengetahui adanya layanan aplikasi ini.
Kata kunci: evaluasi, administrasi perpustakaan, pelayanan perpustakaan.
Full Text:
PDFReferences
Badudu, Rizal. Service Excellence. PT. Kompas Media Nusantara;Jakarta., 2017.
Basuki, Sulistyo. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Tangerang Selatan;Universitas Terbuka, 2019.
Farida, I. dan Martini, Nina A. Psikologi Perpustakaan. Tangerang Selatan;Universitas Terbuka, 2021.
Husna, Jazimatul. “Peran Pustakawan Sebagai Kreator Konten Digital.” Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi 3, no. 2 (2019): 173–84. https://doi.org/10.14710/anuva.3.2.173-184.
Kotler, P & Keller, K.L. Manajemen Pemasaran. 12 jilid 2. PT. Indeks:Jakarta, 2008.
Makmur, Testiani. “Teknologi Informasi: Dampak Dan Implikasi Bagi Perpustakaan, Pustakawan Serta Pemustaka.” Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi 1, no. 1 (2019): 65–74.
Muchtarom, Keysha Husna, and Eko Retno Wulandari. “PERILAKU PENCARIAN INFORMASI LAYANAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN FMIPA UNIVERSITAS PADJADJARAN DI ERA DIGITAL” 7, no. 23 (2023): 67–86.
Oktaviani, Hervinda Raana, Saifudin Saifudin, and Rosana Eri Puspita. “Kualitas Layanan Sebagai Strategi Peningkatan Kepuasan Pengunjung Perpustakaan.” Pustabiblia: Journal of Library and Information Science 3, no. 2 (2019): 159–74. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v3i2.159-174.
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, 2015. https://press.perpusnas.go.id/files/pdf/120.pdf.
Purwono. Profesi Pustakawan. Tangerang Selatan;Universitas Terbuka, 2021.
Rahmah, Elva. “Akses Dan Layanan Perpustakaan: Teori Dan Aplikasi.” Prenadamedia Group, no. 1 (2018): 245 hlm.
Wahyuni, Sri. “Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Perpustakaan (SIPRUS) Menggunakan Analisis PIECES Ditinjau Dari Persepsi Pustakawan (Studi Kasus Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).” Tibanndaru : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 4, no. 1 (2020): 68. https://doi.org/10.30742/tb.v4i1.908.
Wulandari, Eko Retno, and Agus Muchtarom. “Inovasi Layanan Administrasi Perpustakaan Dan Layanan Referensi Online Di Masa Pandemi Covid-19.” LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan 9, no. 1 (2022): 79. https://doi.org/10.21043/libraria.v9i1.10393.
Yunus Winoto.S. Dasar-Dasar Pelayanan Perpustakaan. Intishar Publishing, 2021. https://www.researchgate.net/publication/355473220_DASAR-DASAR_PELAYANAN_PERPUSTAKAAN.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v12i2.28485
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by :
LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.