Analisis Statistik Penggunaan Database Online EBSCO dalam Membuat Kebijakan Pengadaan Bahan Pustaka Elektronik pada Perpustakaan ACD

Bella Septi Maulidya, Noor Arief

Abstract


Metode dalam melakukan pengadaan bahan perpustakaan ada bermacam-macam, salah satunya dengan melihat statistik penggunaan database sebagai langkah dalam pengambilan keputusan pengadaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis statistik penggunaan database EBSCO dalam proses pengambilan kebijakan pengadaan bahan pustaka. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif statistik, yaitu riset atau penelitian yang menjabarkan angka-angka statistik sebagai bentuk deskripsinya. Objek dari penelitian ini adalah statistik penggunaan jurnal elektronik dan e-book pada EBSCO di perpustakaan ACD pada bulan Agustus 2021 - Mei 2023. Hasil analisis data menunjukkan bahwa harga artikel dan biaya akses lebih terjangkau jika berlangganan EBSCO. Kesimpulan dalam penelitian ini penggunaan database online membantu para pencari informasi dalam menunjang kebutuhan informasinya yang mana kemudahan akses yang ditawarkan sangat efisien. Setelah melakukan evaluasi biaya, baik itu harga jurnal elektronik maupun harga buku elektronik, dalam berlangganan EBSCO sangat menguntungkan perpustakaan ACD. Sehingga penerapan kebijakan pengadaan koleksi elektronik di Perpustakaan ACD sudah tepat.


Full Text:

PDF

References


Alwan, Muhammd. “Pengembangan Multimedia E-Book 3D Berbasis Mobile Learning Untuk Mata Pelajaran Geografi SMA Guna Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh.” Jurnal AtTadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang I 2, no. 1 (2018): 29. https://doi.org/10.3454/at-tadbir.v1i2.3009

Arikunto, Suharsimi. Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Bradley, Phil. The Advanced Internet Searcher’s Handbook. London: Library Association Publishing, 1999.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. 8th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2016.

Pendit, Putu Laxman. Perpustakaan digital : perspektif perpustakaan perguruan tinggi Indonesia. Seri Perpustakaan dan Informasi 1. Jakarta: Sagung Seto, 2007.

Prabowo, Aan and Heriyanto. “Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E- Book) Oleh Pemustaka Di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 2, no. 2 (2013): 13.

Sugiyono. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Tresnawan, Arief Dj. “Jurnal Elektronik: berbagai Pengalaman Proses Berlangganan Jurnal Online di UPT Perpustakaan UNISBA,” 2013, 52 hlm.

Yusnimar. “E-Book Dan Pengguna Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Jakarta.” Al-Maktabah Jurnal Komunikasi Dan Informasi Perpustakaan 13, no. 1 (2014): 34–39.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v11i2.22789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.