Dampak Media Sosial Terhadap Perpustakaan
Abstract
Media online sudah merambah di semua bidang termasuk perpustakaan sehingga berdampak pada pesatnya arus informasi. Perpustakaan menjadi gerbang pengetahuan sehingga pustakawanlah yang paling bertanggung jawab menjadi gawang masuk keluarnya informasi. Informasi dari perpustakaan dapat dilakukan melalui semua jenis aplikasi media sosial. Media sosial memungkinkan kita berkomunikasi dan terhubung dengan yang lain. Media sosial dapat mengubah pekerjaan pustakawan yang berhubungan dengan komunikasi dengan pemustaka, baik perseorangan maupun pada level perpustakaan. Media sosial merubah cara untuk berinteraksi, berbagi, dan menjalin hubungan. Beragam informasi muncul bagaikan air laut yang tak terbendung penyebarannya sehingga pemustaka dituntut harus bijak dalam memilih dan menggunakannya. Gelombang berita bohong semakin terasa dengan hadirnya media sosial. Media sosial menjadi tantangan bagi para pustakawan untuk meningkatkan kompetensi literasi media dengan teknologi baru. Perpustakaan melalui pustakawannya sangat berperan sebagai gerbang informasi sehat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2016. Infografis Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia, Survei APJII 2016.
Badan Siber digabung dengan Lembaga Sandi Negara: Kejahatan Berbasis Internet Tinggi. Suara Merdeka, Kamis 5 Januari 2017, hal. 1, kol. 1-2).
Cable News Network (CNN) Indonesia. 2016. Statistik Pengguna Internet di Indonesia. Dalam http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20161025185725-188-167920/statistik-pengguna-internet-di-indonesia/ [accessed 11 Februari 2017].
Dickson, Andrea and Holley, Robert P. , (2010). “Social networking in academic libraries: the possibilities and the concerns”, New Library World, Volume 111, Number 11/12, pp. 468-479, DOI:http://dx.doi.org/10.1108/03074801011094840 [accessed 11 Februari 2017].
Hati-hati Dengan Informasi!. Iklan yang dipersempahkan oleh Surya University dan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (share WA, koleksi pribadi).
Kaplan, A. M. & Haenlein, M. 2010. “Users of The World, Opportunities of Social Media”, Business Horizons, 53, pp. 59-68. available at https://www.slideshare.net/escpexchange/kaplan-haenlein-users-of-the-world-unite-the-challenges-and-opportunities-of-social-media [accessed 12 Februari 2017].
Lichy, J. 2012. “Towards an International Culture Gen Y Students and Sns”. Sage, 13 (2), 101-116. available at http://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/1469787412441289 [accessed 11 Februari 2017].
Literasi Rendah Ladang “Hoax” Warga Membaca Berita Tak Sampai 1 Menit. KOMPAS, Selasa 7 Februari 2017, hal. 1, kol.1-4 dan hal. 15, kol. 4-7.
Mayfield, Antony. (2008). What is social media? Available at http://www.icrossing.com/uk/sites/default/files_uk/insight_pdf_files/What%20is%20Social%20Media_iCrossing_ebook.pdf [accessed 11 Februari 2017].
Musser, J & O’Reilly, T. (2002). Web 2.0 Principles and Pratices, O’Reilly Media Inc, available at http://oreilly.com/radar/web2report.csp [accessed 11 Februari 2017].
Oxford English Dictionary Online. 2010. “Social networking”, available at http://www.oed.com/ [accessed l 12 Februari 2017].
Reitz, Amy. 2012. “Social Media’s Function in Organizations: A Functional Analysis Approach”. Global Media Journal - Canadian Edition, Volume 5, Issue 2, pp. 41-56, available at http://www.gmj.uottawa.ca/1202/v5i2_reitz.pdf [accessed 11 Februari 2017].
Suwarno, Wiji. 2016. “Mengembangkan SDM Perpustakaan Dalam Rangka Menuju World Class University”. Jurnal Perpustakaan LIBRARIA STAIN Kudus, Vol. 4, No. 1, Juni, hlm. 105-126, DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v4i1 [accessed 12 Februari 2017].
Tim Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI. 2014. Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementerian Perdagangan RI. Jakarta: Pusat Hubungan Masyarakat Kementerian Perdagangan RI.
Topper, Elisa F. (2007). “Social networking in libraries”, New Library World, Volume 108, Number 7/8, pp. 378-380, DOI:http://dx.doi.org/10.1108/03074800710763662 [accessed 11 Februari 2017].
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Tersedia di http://peraturan-pemerintah-pp-pdf.blogspot.co.id/2012/10/uu-no-11-tahun-2008-informasi-transaksi.html [diakses 11 Januari 2017].
Wasike, Jotham (2013). “Social media ethical issues: role of a librarian”, Library Hi Tech News, Volume 30, Number 1, pp. 8-16, DOI:http://dx.doi.org/10.1108/07419051311320922 [accessed 12 Februari 2017].
Xie, Iris and Stevenson, Jennifer. (2014). “Social media application in digital libraries”. Online Information Review, Volume 38, Number 4, pp. 502-523, DOI:http://dx.doi.org/10.1108/OIR-11-2013-0261 [accessed 12 Februari 2017].
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v5i1.2250
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by :
LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.