Pustakawan di Ruang Virtual: Menggali Potensi dan Tantangan dalam Melayani Pengguna Melalui Platform Digital

M. Yusuf, Catur Oktabrilianto, Prastomo Suhendro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi peran pustakawan dalam melayani pengguna melalui platform digital dan mengidentifikasi potensi dan tantangan yang terkait. Dalam latar belakangnya, perpustakaan semakin mengadopsi ruang virtual sebagai alternatif untuk memberikan layanan kepada pengguna dalam era teknologi informasi yang berkembang pesat. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literer, dengan mengumpulkan dan menganalisis artikel, buku, dan sumber-sumber terkait lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustakawan memiliki potensi besar dalam melayani pengguna melalui platform digital. Mereka dapat memberikan akses mudah ke koleksi digital, memberikan bantuan dan panduan secara online, serta berkolaborasi dengan pengguna secara virtual. Namun, terdapat tantangan yang harus diatasi, seperti kesenjangan akses teknologi, kendala teknis dan keamanan, serta tantangan komunikasi dan interaksi dalam lingkungan virtual. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang peran pustakawan dalam ruang virtual dan menyoroti potensi serta tantangan yang perlu diperhatikan. Dengan pemahaman ini, pengembangan layanan perpustakaan dalam ruang virtual dapat lebih efektif. 

Full Text:

PDF

References


Annova, Fauzana, Luli Sari Yus, Shony Arifin Mas, Muhammad Ubaidillah, Ismatul Izzah, dan Mochamad Chairudin. Manajemen Perpustakaan Pendidikan. Diedit oleh M. Yusuf. Muhammad Zaini, 2023.

Azmar, Nora Junita. “Peran Pustakawan dalam Meningkatkan Kualitas Layanan di Perpustakaan.” Iqra’: Jurnal Perpustakaan dan Informasi Vol. 9, no. No. 2 (2015): 223–234.

Badriyah, N. “Friend of Library.” Buletin Perpustakaan (2017). http://repository.uin-suska.ac.id/12075/1/Artikel Friends of Library 2017.pdf.

Fahrizandi, Fahrizandi. “Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perpustakaan.” Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi 4, no. 1 (2020): 63.

Kurniasih, Nuning. “Kualifikasi Pustakawan di Era Digital.” In Prosiding Semiloka Nasional Kepustakawanan Indonesia, 439–449, 2015.

Mustika, Putera. “Profesionalisme Pustakawan.” Buletin Perpustakaan UII 1, no. 57 (2017): 27–35. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/9097.

Nihayati, Nihayati, dan Luki Wijayanti. “Implementasi Makerspace dalam Layanan Perpustakaan.” Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan 5, no. 2 (2019): 133.

Sari, Shinta Nofita, dan M. Rinaldo Marajari. “Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pustakawan Dengan Pemustaka Pada Layanan Sirkulasi Perpustakaan Universitas Sari Mutiara Indonesia.” Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi 3, no. 2 (2019): 36–48. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JLMI/article/view/1108.

Suharso, Putut, dan Aninda Nurwindu Pramesti. “Promosi Perpustakaan Melalui Instagram: Studi Di Perpustakaan Universitas Airlangga Library Promotion Through the Instagram: Library Airlangga University.” Publication Library and Information Science 3, no. 2 (2019): 66–74. http://journal.umpo.ac.id/index.php/PUBLIS/article/view/2074.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v11i2.22076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.