Analisis Peran Infografis Sebagai Media Promosi Dalam Pemanfaatan Perpustakaan STIKes Yarsi Pontianak
Abstract
Infografis digunakan sebagai salah satu media promosi yang digunakan Perpustakaan STIKes Yarsi Pontianak. Dilihat dari jumlah pengunjung per tahunnya, terjadi kenaikan dan penurunan insight pengunjung yang tidak stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran infografis sebagai media promosi serta dampak infografis tersebut terhadap perpustakaan dan pemustaka. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik penelitian observasi tidak langsung, penelitian ini melakukan wawancara mendalam kepada 7 informan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan validasi, sedangkan uji validitas data dilakukan menggunakan credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Proses pembuatan infografis perpustakaan STIKes Yarsi Pontianak menggunakan aspek daya pikat, komprehensi, dan retensi 2). Infografis sebagai media promosi berperan dalam menarik perhatian, minat, keinginan, tindakan pemustaka sesuai dengan konsep AIDA 3). Pandangan pemustaka tehadap infografis tersebut bersifat positif. Dengan demikian, infografis terbukti efektif dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai media promosi.
Kata kunci: Infografis, Media Promosi, AIDA, Perpustakaan, Desain Visual
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ariyanti, N. (2017). Analisis Kebutuhan Informasi Penngguna Melalui Infografis Peta Perpustakaan Gunadarma. Jurnal Pustaka Budaya, 53-64.
Chen. (2018). The Effect of Ilustrations and Text Image Integration on Visual Attention and Memory in Multimedia Learning. Frontiers in Psychology.
Barnes, S. (2017). Examining the processes involved in the design of journalistic information graphics: An exploratory study. Journal of Visual Literacy, 36(2),55–76. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/1051144X.2017.137
Dur, B. U. (2014) Journal Of Arts and Humanities (JAH). Data Visualization and
Infographics In Visual Communication Design.
Djiwandono. (2015). Meneliti Itu Tidak Sulit: Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Deepublish.
Hanum, A. N. (2022). Pemasaran Informasi:strategi meningkatkan nilai jual perpustakaan. Jakarta: Jejak Pustaka.
Hartono, (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah .Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Huang. (2020). The Effects of Visual Elements in Infographics on Attention and Recall Performance.International Journal of Human–Computer Interaction, 593-605.
Huffington. (2018). Infographic Marketing: How to Supercharge Your Content Strategy. Huffington Post.
Korobili. (2018). Developing and Assessing Infographics as Tools for Academic Libraries' Digital Communication. The Journal of Academic Librarianship, 71-80.
Kim, S. d. (2016). Understanding Information Needs for Effective Infographic Design. IEEE Transactions on Visualization and Computer Graphics, 336-345.
Lankow, J., Ritchie, J., Crooks, R. (2014). Infografis: Kedahsyatan Cara Bercerita Visual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Lee (2014). Buku Pintar Pemrograman Visual Basic 2010, Gramedia, Jakarta.
Liestya, A. (2018). Konsep dan Penggunaan Warna Dalam Infografis. Jurnal Desain Vol.6 No. 1.
Martin, A. (2018). Effectiveness of Iconic Signs in Infographics: An Eye-Tracking Study. Information Research: An Internasional Electronic Jornal, 771.
Morissan (2017). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Prenada Media Group.
Resnatika, A. (2018). Peran Infografis Sebagai Media Promosi Dalam Pemanfaatan Perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 183-196.
Riduwan. 2013. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Saptodewo, F. (2014). Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik , Jurnal Desain, 1 (3).
Sari (2020). Pengaruh Penggunaan Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop dalam Meningkatkan Keterampilan Editing Foto Siswa Kelas X di SMK Hasanah Pekanbaru. UIN Suska Riau.
Setyowati, T. B. (2017). Penggunaan Tata Letak Infografis dalam Pemahaman Informasi di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 1-16.
Soewignyo, S. (2013). Seni Mengatur Komposisi Warna Digital. Yogyakarta: Taka Publisher
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharto, (2001). Promosi Perpustakaan Sebagai Salah Satu Pemasaran Meningkatkan Pelayanan Jasa Informasi Di Perpustakaan.
Sujatna, (2017). Promosi Perpustakaan . Tanggerang : Mahara Publishing
Supradaka. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Perancangan Grafis. IKRAITH Teknologi
Tufte E.R. (2001). The Visual Display of Quantitative Information (Ed. 2). Cheslire, C.T. Graphics Press
Ware, C. (2013). Information Visualization: Perception for Design. Morgan Kaufmann.
Wood, C., & Solomon, D. (2014). The role of feedback in improving infographic design and aesthetics. Journal of Documentation, 70(1), 73-91
Priatna, Y. (2018). Infografis sebagai Media Promosi Perpustakaan. Prosiding: Seminar dan Call For Papers (hal. 226-240). Surabaya: Universitas Surabaya
Zaini (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jornal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). Vol 6. No 2.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v11i2.21232
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by :
LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.