Pengembangan Program Literasi Melalui Database Google Scholar di Perpustakaan Sekolah

Tika Amalia, Rully Khairul Anwar, Siti Chaerani Djen Amar, Evi Nursanti Rukmana

Abstract


Literasi memegang peran penting dalam kehidupan masyarakat modern yang selalu belajar di era yang menekankan pengetahuan, teknologi, dan informasi. Kemampuan literasi, yang meliputi kegiatan membaca, menulis, dan berpikir kritis, sangat berpengaruh terhadap perkembangan peradaban manusia. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjauan literatur atau narrative literature review mengenai program literasi di perpustakaan sekolah melalui database Google Scholar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelusuran database Google Scholar untuk mencari artikel ilmiah terkait dengan program literasi di perpustakaan sekolah dengan jumlah 10 rujukan yang terbit dalam rentang waktu 2013-2023. Penelitian ini membahas tentang program literasi di perpustakan sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa. Dalam implementasi program literasi, peran pustakawan sangat penting dalam pengelolaan perpustakaan sekolah. Program-program seperti lomba membaca, menulis, dan meresensi buku, serta kegiatan lainnya dirancang untuk membuat perpustaakn menjadi tempat yang menyenangkan dan menarik bagi siswa. Kesimpulannya penelitian program literasi di perpustakaan sekolah adalah program literasi di perpustakaan sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan minat baca siswa. Pustakawan sebagai fasilitator dalam program literasi memiliki tanggung jawab yang signifikan dalam merancang dan mengimplementasikan kegiatan literasi yang menarik dan efektif.


Full Text:

PDF

References


Rosdiana, R., & Christiani, L. “ Peran Pustakawan Dinas perpustakaan dan kearsipan Kota Salatiga dalam Mengembangkan Literasi Dini Bagi Anak Taman Kanak-Kanak (TK).” Jurnal Ilmu Perpustakaan, Vol. 7 no. 4, (2018): 41-50.

Muslim, B. “Peran pustakawan dalam meningkatkan literasi masyarakat”. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Vol. 2 No. 2, (2018): 93-99.

Tunardi, “Memaknai peran perpustakaan dan pustakawan dalam menumbuhkembangkan budaya literasi”. Jurnal Media Pustakawan, Vol. 23 no. 5, (2018): 65

Silvana, Hana, and Selly Setiani. “Peran Guru Pustakawan Dalam Peningkatan Minat Baca Siswa Pada Program Literasi Informasi.” EDUTECH 17, no. 2 (2018): 215

Handayani, I. P. “ Pengaruh program literasi terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 21 Surabaya”. Inspirasi Manajemen Pendidikan,.6 no. 3, (2018).

Ramopoly, I. H., & Zainuddin, H. “Pengaruh Program Literasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN 244 Inpres Bera Kabupaten Tana Toraja”. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Vol.9 no. 3, (2020): 31-37.

Rohman, S. “ Membangun budaya membaca pada anak melalui program gerakan literasi sekolah”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 4 no. 1, (2017):151-174.

Antoro, Billy, Endry Boeriswati, and Eva Leiliyanti. “Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP) 5, no. 1 (2021): 1–15.

Joko, Bambang Suwardi. “Memperkuat Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa SMA Di Balikpapan.” Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan 12, no. 2 (2020): 123–41.

Nurkholis, A. “Program literasi sekolah: penguatan karakter literasi siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), (2017): 79-85.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v11i2.20820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.