Pesan Informasi Whatsapp Bersifat Persuasif sebagai Upaya Pengembalian Koleksi Perpustakaan di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi Jawa Barat

Rika Ayu Novitasari, Agus Rusmana, Encang Saefudin

Abstract


Perpustakaan Umum Daerah Provinsi Jawa Barat merupakan perpustakaan yang memiliki cakupan yang luas dan melayani berbagai kalangan. Salah satu pemasalahan yang sedang dihadapi oleh Perpustakaan Umum Daerah Provinsi Jawa Barat adalah banyak koleksi yang dipinjam namun belum dikembalikan.  Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki masalah yang sedang dihadapi dengan melakukan sebuah penelitian tindakan mengenai solusi pengambalian koleksi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan atau studi action research berdasarkan model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari penyelidikan, perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi dengan membuat rancangan pesan informasi menggunakan media komunikasi whatsapp sebagai alat untuk mengatasi masalah di atas. Data penelitian ini diperoleh melalui hasil wawancara, observasi, pendapat 11 pemustaka sebagai kolabolator dan tim penilai dari rancangan ini. Hasil dari penelitian ini menghasilkan 5 pesan informasi whatsapp yang bersifat persuasif yang mampu membujuk pemustaka akan pentingnya pengembalian koleksi perpustakaan. Pesan informasi whatsapp ini, dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keinginan pengembalian koleksi perpustakaan di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi Jawa Barat.  

Kata Kunci: Pengembalian koleksi; whatsapp; Pesan Informasi; Perpustakaan; Komunikasi.


Full Text:

PDF

References


Asip, Suryadi, and Ika Berdiati. Menggagas Penelitian Tindakan Kelas. Edited by Nita NM. Cetakan Pe. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.

Carnegie, Dale. How to Win Friends and Influence People. Bandung: Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Effendy, and Onong Uchjana. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: Rosda, 2011.

Laksana, Muhibudin. Psikologi Komunikasi. Edited by Pustaka Setia. Cetakan pe. Bandung: Pustaka Setika, 2015.

Oktavia, Ratna Dwi, and Hendratno. “Penggunaan Media Gambar Tiga Dimensi Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1, no. 2 (2013): 1–10.

Pujiyanto. “Warna Berbicara.” Jurnal DeKaVe 1, no. 2 (2013): 1–10. https://doi.org/10.24821/dkv.v1i2.153.

Sarah Hana Salsabila. Pengaruh Komunikasi Persuasif Dan Koersif Orang Tua Terhadap Ibadah Sholat Anak, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v11i1.19152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.