Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa PGMI UINSA
Abstract
Perpustakaan merupakan sebuah lembaga yang menyediakan berbagai informasi dan pengetahuan, baik berupa sumber informasi tercetak maupun digital yang berguna untuk memenuhi kebutuhan informasi pembacanya. Perpustakaan juga berfungsi sebagai media pembelajaran bagi satuan pendidikan. Dengan adanya perpustakaan, menjadikan sarana bagi setiap individu untuk meningkatkan minat baca serta budaya literasi di Indonesia yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan perpustakaan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan minat baca mahasiswa prodi PGMI Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui angket yang disebar secara online kepada mahasiswa PGMI Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya angkatan 2021. Hasil dari penelitian ini yakni mengenai minat baca mahasiswa prodi PGMI yang diketahui masih terbilang cukup baik, hal ini didukung oleh data angket yang diperoleh. Untuk dapat meningkatkan minat baca, diperlukannya inovasi yang dapat mendongkrak budaya literasi serta inovasi dalam layanan perpustakaan.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Saenal. “Meningkatkan Kemampuan Diri Pustakawan Berbasis Soft Skill Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam 1, no. 1 (2020): 41–60.
Alrasyiidah, A, and A Amir. “Evaluasi Sarana Dan Prasarana Di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2021.
Andita, Shafa Shafina Putri. “Manfaat Perpustakaan Digital DalamMeningkatkan Minat Baca Generasi Milenial Di Era Globalisasi.” Libria 14, no. 2 (2022).
Bachtiar, C. A. “Konsep Glam (Gallery, Library, Archive, Museum) Pada Perpustakaan Universitas Islam Indonesia: Peluang Dan Tantangan.” Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia 4, no. 1 (2021): 103–20. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/20228.
Djaenudin, Mohamad, and Tupan. “Pengembangan Produk Pengetahuan Sebagai Inovasi Layanan Perpustakaan Di Era Industri 4.0.” Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia) 5, no. 1 (2020): 184–95.
Hermawan, A. Heris, Wahyu Hidayat, and Ilham Fajari. “Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 5, no. 1 (2020): 113–26. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.6151.
Krismayani, Ika. “Mewujudkan Fungsi Perpustakaan Di Daerah.” Anuva 2, no. 2 (2018): 233. https://doi.org/10.14710/anuva.2.2.233-242.
Masriastri, I Gusti Ayu Ketut Yuni. “Perpustakaan Dan Masyarakat.” Perpustakaan Dan Masyarakat Informasi 3, no. Vol. 3, No. 2, Desember 2018 (2018): 72–83.
Munajah, Robiatul, Arita Marini, and Mohamad Syarif Sumantri. “Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 3 (2021): 1183–90.
Niswaty, Risma, Muhammad Darwis, Dian Andriani M, Muh. Nasrullah, and Rudi Salam. “Fasilitas Perpustakaan Sebagai Media Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa.” Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan 8, no. 1 (2020): 66. https://doi.org/10.24252/kah.v8i1a7.
Oktavia, Silvi. “Peran Perpustakaan Dan Pustakawan Dalam Menghadapi Generasi Digital Native.” BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi 3, no. 1 (2019): 81–89. https://doi.org/10.17977/um008v3i12019p081.
Putri, Nurul ’Azliah. “Pengaruh Manajemen Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022.” Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi, 2022. http://repository.uinjambi.ac.id/11945/.
Putri, Shindriani. “Pemanfaatan Internet Untuk Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa PLS IKIP Siliwangi.” Comm-Edu (Community Education Journal) 3, no. 2 (May 8, 2020): 91. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.3700.
Ridwan, Ridwan, and Imam Tri Wahyudi. “Peran Perpustakaan Dalam Menyediakan Informasi Bagi Masyarakat Umum Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Nusa Tenggara Barat.” Jurnal Ilmu Perpustakaan (Jiper) 1, no. 2 (2020). https://doi.org/10.31764/jiper.v1i2.1742.
Rusniasa, N M, N Dantes, and N K Suarni. “Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV Sd Negeri I Penatih.” PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 5, no. 1 (2021): 53–63.
Rusydiyah, Evi Fatimatur. Inovasi Literasi Madrasah Ibtidaiyah. Bandung: Bitread Publishing, 2020.
Sari, E C, and S Mali. “Pengaruh Perpustakaan Sebagai Media Pembelajaran Efektif Terhadap Minat Baca Siswa-Siswi Sekolah Misi Interdenominasi Surabaya.” Inculco Journal of Christian Education 1, no. 3 (2021): 224–37.
Syarifudin, Furqon. “Pengaruh Minat Baca Dan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Cerita Pendek Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Margaasih Kabupaten Bandung.” Wistara III, no. 2 (2020): 132–45. https://journal.unpas.ac.id/index.php/wistara/article/view/3735.
Vellania, Kiki, Atiqa Nur Latifa Hanum, and Sisilya Saman Madeten. “Penguatan Fungsi Perpustakaan Rosella Genematrik Dalam Mewujudkan Masyarakat Berbasis Informasi Di Kelurahan Siantan Tengah.” Jurnal Pustaka Budaya 10, no. 1 (2023): 44–49. https://doi.org/10.31849/pb.v10i1.11443.
Wulandari, Amelia Putri, Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah Nurazizah, and Zakiah Ulfiah. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Journal on Education 5, no. 2 (2023): 3928–36. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v11i1.18516
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by :
LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.