Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Mendukung Gerakan Literasi di Sekolah Dasar

I Nyoman Ranem, Ni Putu Candra Prastya Dewi, I Wayan Suastra

Abstract


Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia ini makin menyebabkan kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia juga hanya jalan di tempat (stagnan) dan cenderung mundur. Tak hanya minat baca, ternyata kemampuan membaca anak-anak Indonesia apabila dibandingkan setingkat negara se-Asean saja masih sangat jauh, apalagi jika dibandingkan dengan seluruh negara di dunia. Melalui Gerakan Literasi Sekolah inilah pemerintah berharap dengan budaya membaca di kalangan generasi muda dapat menumbuh kembangkan keterampilan membaca dan menulis bagi peserta didik yang akan berdampak terhadap perilaku dan budi pekerti anak - anak Indonesia sehingga mampu menekan perbuatan - perbuatan yang merusak moralitas generasi penerus kita di masa yang akan datang. Untuk mendukung Gerakan Literasi Sekolah, maka perpustakaan memiliki peranan dalam memfasilitasi kegiatan literasi siswa di sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


Antasari, I. W. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Libria, 9 (1), 13–26.

Bafadal, I. 2006. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Malang: Bumi Aksara.

Batubara, H.H. dan D.N. Ariani. 2018. Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 4(1), 15-29.

Dirjen Dikdasmen. 2016. Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Huda, I.C. 2020. Peranan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1), 38-48.

Kementerian Komunikasi Republik Indonesia. Teknologi Masyarakat Indonesia : Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. 2017. Tersedia pada https://www.kominfo.go.id/ content/ detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media. Diakses pada 2 Maret 2022.

Lasa. 2007. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pinus. Lasa.

Manunggal. 2020. Minat Baca Masyarakat Indonesia Rendah, Mari Kenali Dahulu Penyebabnya. Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Diponegoro. Tersedia pada https://manunggal.undip.ac.id/minat-baca-masyarakat-indonesia-rendah-mari-kenali-dahulu-penyebabnya/. Diakses pada 28 Februari 2022.

Mudana, I W. 2018. Peranan Perpustakaan dalam Pengembangan Literasi pada Pengelola Perpustakaan Sekolah di Kabupaten Buleleng. Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial Ke-2. Hlm. 26-29. Tersedia pada http://eproceeding.undiksha.ac. id/index. php/SENAHIS/index. Diakses pada 1 Maret 2022.

Perpustakaan Nasional. 2018. Peranan Perpustakaan Umum Daerah Dalam Mendukung Program Gerakan Literasi Sekolah. Dinas Perpustakaan Kabuaten Belitung Timur. Tersedia pada https://dispustaka.belitungtimurkab.go.id/content/peranan-perpustakaan-umum-daerah-dalam-mendukung-program-gerakan-literasi-sekolah. Diakses pada 1 Maret 2022.

Rahadian, G., Rohanda, dan R.K. Anwar. 2014. Peranan Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Gemar Membaca. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan. 2(1), 27-36.

Teguh, M. 2017. Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional 15 Maret 2017. Hlm. 18-26.

Wandasari, Y. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2 (2), 12–22.

Yasa, I N. 2018. Peran dan Upaya Pengembangan Literasi Informasi Perpustakaan Sekolah Dasar pada Era Disrupsi. Makalah yang disajikan dalam kegiatan P2M Jurusan D3 Perpustakaan, FHIS, Undiksha pada tanggal 16 November 2018 di SD Negeri 3 Bungkulan, Buleleng.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v10i1.14203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.