Evaluasi Penerapan Search Engine Optimization (SEO) Website Untuk Meningkatkan Indikator Visibility Webometrics Universitas “XYZ”

Pungky Mukti Wibowo

Abstract


Webometrics adalah salah satu pemeringkatan universitas - universitas di dunia melalui website universitas atau dikenal sebagai Ranking Web of Universities, merupakan salah satu pemeringkatan institusi pendidikan berskala internasional yang diprakarsai oleh Lab Cybermetrics, sebuah kelompok penelitian yang tergabung dalam Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), sebuah badan penelitian publik yang berada di Spanyol. Hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia melakukan upaya untuk mengevaluasi dan memperbaiki perangkingan internasional pada Webometric. Universitas “XYZ” merupakan salah satu perguruan tinggi di Jawa Timur yang memperhatikan perangkingan Webometrics dalam rangka meningkatkan citra bagi masyarakat. Dapat dilihat dengan meningkatnya rangking Universitas “XYZ” dalam webometrics selama 5 tahun terakhir. Webometrics mengeluarkan rilis pada bulan Januari dan Juli. Universitas “XYZ” terus melakukan evaluasi dan perbaikan dan tentu saja berusaha mempertahankan yang telah diraih dengan mengacu pada 4 indikator penilaian yaitu Presence rank, Impact rank, Openness rank, Excellence rank. Pada tahun 2021, indikator   presence dihilangkan, menyisakan 3 indikator terakhir. Oleh karena itu, Universitas “XYZ” melakukan evaluasi terhadap masing-masing indikator penilaian webometrics dan menetapkan strategi untuk meningkatkan peringkat. Universitas “XYZ” Telah menerapkan optimalisasi mesin pencari atau yang biasa disebut Search Engine Optimization (SEO) pada website utama. Optimalisasi ini bertujuan untuk meningkatkan indikator visibility. Melalui penelitian ini, tim akan melakukan evaluasi efektifitas penerapan tersebut dengan menggunakan crawler data SEO. Penelitian diharapkan dapat memberikan rekomendasi strategi dalam peningkatan peringkat webometrics Universitas “XYZ”.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v10i1.13916

Refbacks



Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.