Efektivitas Pelaksanaan Bimbingan Pemustaka Terhadap Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Windi Erica Sari

Abstract


Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang sebagai penunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana setiap tahunnya memberikan bimbingan kepada pemustaka atau sivitas akademika UMM baik mahasiswa, dosen dan karyawan yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Ditujukan untuk mengarahkan dan mengenalkan pemustaka sehingga dapat mengenal serta menggunakan informasi dan sarana yang telah disediakan di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang secara mandiri dengan baik, benar, bijak efektif, efisien dan tertib. Kegiatan bimbingan pemustaka ikut andil secara efektif dalam memberikan petunjuk, arahan dan pemahaman terkait pemanfaatan sumber informasi dan sarana prasarana yang ada di perpustakaan, serta dapat mencegah pelanggaran seperti keterlambatan pengembalian bahan pustaka, merusak susunan koleksi di rak dan menghilangkan koleksi, sehingga menciptakan pemustaka yang disiplin dan tertib dalam pemanfaatan informasi di perpustakaan.


Keywords


Efektifitas; Bimbingan Pemustaka; Perpustakaan.

Full Text:

PDF

References


Basuki, Sulistyo. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: universitas terbuka. Depdikbud, 2003.

———. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum, 1991.

Cahyadi, Iyut Nur. Kegiatan Bimbingan Pemustaka Untuk Meningkatkan Layanan Di Perpustakaan. Yogyakarta: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta, 2017.

Darwanto, Anggun Kusumah Tri Utami dan Nia Gusniawati. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2015.

Fatmawati, Endang. “Tinjauan Literatur: Konsep Dasar Pendidikan Pemustaka,” 2013, 29–38.

Kosterman, Wayne. A Guide to Library Environmemt Graphics. Library Technology reports, 1978.

Milburga, Larasati. Membina Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Kanisius, 1991.

Nashihuddin, Wahid. Manual Kerja Petugas Bimbingan Pemakai Perpustakaan. Jakarta: Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (LIPI), 2013.

Noerhayati, S. Pengeloaan Perpustakaan. Bandung: Alumni, 1987.

Peraturan, Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun. Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan Dan Angka Kreditnya, 2015.

Priyanto, Sugeng. Program Pendidikan Pengguna Di Perpustakaan Perguruan Tinggi: Manfaat Dan Problematikanya. Semarang: UPT Perpustakaan Undip, 2007.

Ratna, Nyoman Kutha. Teori, Metode, Dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Ronald Rice dan William J, Paisley. Public Communications,. London: Beverly Hills Sage Publications, 1981.

Saleh, Abdur Rahman. Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka, 2011.

Sari, Rita Purnama. “Peran Pengelola Perpustakaan Dalam Memberikan Pelayanan Bimbingan Pemakai Di Universitas Ida Banjumi Wahab Palembang,” 2016, 154–60.

Sawaluddin. “Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam,” 2018, 40.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor: Galia Indonesia, 2014.

Wawancara

Sari, Windi Erica (mahasiswa), wawancara oleh Retno Widiyastuti Ika Wijaya. Universitas Muhammadiyah Malang. Tanggal 7 Desember 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v10i1.13128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.