Struktur dan Sistem dalam Peningkatan Inklusi Sosial Ekonomi Melalui Pengembangan Layanan Perpustakaan di Kabupaten Magelang

Moch Lukluil Maknun, Muhamad Khusnul Muna, Andjar Prasetyo, Milta Eliza

Abstract


Kajian ini bertujuan menggali bentuk inklusi sosial ekonomi perpustakaan di Kabupaten Magelang dan menganalisis kapasitas struktur dan sistem perpustakaan di Kabupaten Magelang. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan menarasikan secara deskriptif terhadap data primer yang diperoleh dalam proses pengumpulan data sedangkan data sekunder berasal dari monografi perpustakaan. Pengumpulan data melalui survey, wawancara dan penyusunan data dilakukan pada bulan Mei-Juni 2021 dengan lokus kajian di Perpustakaan Muda Bhakti Desa Ngablak Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang. Stuktur dan sistem menggunakan enam parameter meliputi organisasi, Kebijakan dan prosedur organisasi, Konsultasi dan pengambilan keputusan, Komunikasi internal, Akuntabilitas dan transparansi,  Kantor dan perlengkapannya. Konstruksi enam parameter dibangun dengan bentuk pengukuran yang dapat mendeskripsikan kapasitas perpustakaan dalam inklusi sosial dan ekonomi melalui struktur dan sistem. Temuan kajian menunjukan Perpustakaan Muda Bhakti mampu mendorong inklusi sosial ekonomi dengan pengukuran stuktur dan sistem yang terbagi dalam enam parameter yang telah mencapai tahap berkembang. Bentuk pengukuran stuktur dan sistem dalam kajian ini dapat menjadi literasi ilmiah dan kebijakan terhadap layanan masyarakat

Keywords


Inklusi Sosial Ekonomi, Struktur dan sistem, Perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Adhi, H S. 2018. “PERAN PUSTAKAWAN DALAM MEWUJUDKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN BERBASIS INKLUSI SOSIAL MELALUI PROGRAM PROLITERASIKU.” Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia). ipi.web.id. http://ipi.web.id/jurnal/index.php/jurnalipi/article/view/64.

Adriani, Diana, dan I Gst. Bgs. Wiksuana. 2018. “Inklusi Keuangan dalam Hubungannya dengan Pertumbuhan Umkm dan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat di Provinsi Bali.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 7 (12): 6420. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i12.p02.

Agustina, S. 2014. “Perpustakaan Sebagai Wahana Terapi yang Ramah Disabilitas: Implementasi Biblioterapi di Perpustakaan Lingkungan pendidikan.” Edulib. https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/1137.

Catts, Ralph, dan Jesus Lau. 2008. “Towards Information Literacy Indicators: Conceptual framework paper.” Information for All Programme (IFAP), UNESCO.

Devega, Evita. 2021. “TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos.” kominfo.go.id. 2021. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media.

Edmonds, W, Alex., dan Thomas D. Kennedy. 2017. An Applied Guide to Research Designs Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods Second Edition · W. Alex Edmonds Thomas D. Kennedy Nova Southeastern University . • 1): ISAGE Los Angeles I London I New Delhi Singapore I. Sage Publications. Los Angeles: SAGE.

FITRIANA, WIKA. 2021. PROMOSI PERPUSTAKAAN BERBASIS INKLUSI SOSIAL DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KABUPATEN BLITAR. repo.iain-tulungagung.ac.id. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/19471.

Gutama, Prima Putra Budi, dan Bambang Widiyahseno. 2020. “Inklusi Sosial Dalam Pembangunan Desa.” Reformasi 10 (1): 70–80. https://doi.org/10.33366/rfr.v10i1.1834.

Haryanto, H. 2020. “Penerapan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Di Perguruan Tinggi Melalui Literasi Kewirausahaan Dan Entrepreneur Corner.” Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia). ipi.web.id. http://ipi.web.id/jurnal/index.php/jurnalipi/article/view/49.

Inten, D N. 2017. “Peran keluarga dalam menanamkan literasi dini pada anak.” Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/golden_age/article/view/2689.

Jannah, Yana Raudhatul, dan David Kaluge. 2020. “Analisis Variabel Sosial Ekonomi Terhadap Tingkat Inklusi Keuangan Negara Asia Tahun 2010-2015.” Dinar : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam 6 (1): 1–13. https://doi.org/10.21107/dinar.v6i1.2532.

Kemendikbud. 2021. “KNIU Gelar Sosialisasi UNESCO GNLC dan UNESCO WBCC.” https://gln.kemdikbud.go.id/. 2021. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/kniu-gelar-sosialisasi-unesco-gnlc-dan-unesco-wbcc/.

Khairunisa, K, dan W Dastina. 2020. “Strategi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Provinsi Jambi dalam Mengembangkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial untuk Mewujudkan Masyarakat ….” … Ilmu Perpustakaan …. http://baitululum.fah.uinjambi.ac.id/index.php/b_ulum/article/view/65.

Mahdi, Reza dan Andi Asari. 2020. “Pemberdayaan Masyarakat oleh Perpustakaan Umum Kabupaten Magelang dalam Mewujudkan Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.” Jurnal PKS 19 (3): 255–63.

Nasution, Lia Nazliana, dan Desi Astut. 2018. “Kajian Inklusi Sosial dan Keuangan serta Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia.” JURNAL Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik 3 (1): 38–43.

Ningrum, D F. 2020. “Kegiatan Inklusi Sosial di Perpustakaan Ganesha SMA N 1 Jetis Bantul.” UNILIB: Jurnal Perpustakaan. https://journal.uii.ac.id/unilib/article/view/14279.

Ningrum, Dian Fitri. 2019. “Kegiatan Inklusi Sosial di Perpustakaan Ganesha SMA N 1 Jetis Bantul.” UNILIB : Jurnal Perpustakaan 10 (2): 123–31. https://doi.org/10.20885/unilib.vol10.iss2.art9.

NS, Sutarno. 2006. Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: CV. Sagung Seto.

Prasetyawan, Yanuar Yoga, dan Patut Suharso. 2015. “Inklusi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan Perpustakaan Desa.” Acarya Pustaka 1 (1): 31–40.

Rachman, R A, dan D Sugiana. 2019. “Strategi sukses transformasi perpustakaan desa berbasis inklusi sosial untuk masyarakat sejahtera (kajian pada Perpustakaan Desa Gampingan Gemar ….” Seminar Nasional MACOM …. researchgate.net. https://www.researchgate.net/profile/Rani_Rachman3/publication/338983808_Strategi_Sukses_Transformasi_Perpustakaan_Desa_Berbasis_Inklusi_Sosial_untuk_Masyarakat_Sejahtera_Kajian_Pada_Perpustakaan_Desa_Gampingan_Gemar_Membaca_Malang/links/5e365dad458515072d.

Raharja, Surya Putra, dan Nursalim. 2018. “Pemberdayaan Masyarakat Suku Kokoda Dalam Membangun Rumah Baca Berbasis Inklusi Sosial.” Abdimasa 1 (1): 15–19.

Rahmah, Elva. 2018. Akses dan Layanan Perpustakaan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Siwi, C P, dan L Ruhaena. 2017. Proses Stimulasi Literasi Anak Prasekolah Oleh Guru. eprints.ums.ac.id. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/52646.

Sri Septina, Herawati, dan Abdul Karim Halim. 2020. “Pembuatan Taman Bacaan Masyarakat Sebagai Sarana Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19 di Perumahan Bukit Mekar Wangi Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor.” PKM-P. https://doi.org/10.32832/pkm-p.v4i2.743.

Utami, D, dan W D Prasetyo. 2019. “Perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk pembangunan sosial-ekonomi masyarakat.” … Informasi Antar Perpustakaan. https://ejournal.perpusnas.go.id/vp/article/view/74.

Warsilah, Henny. 2015. “Pembangunan Inklusif Sebagai Upaya Mereduksi Eksklusi Sosial Perkotaan: Kasus Kelompok Marjinal di Kampung Semanggi, Solo, Jawa Tengah.” Jurnal Masyarakat & Budaya 17 (2): 207–32.

Widodo, Ageng -. 2020. “Kebijakan Pembangunan Desa Inklusif: Analisis Monitoring dan Evaluasi di Kelurahan Sidorejo, Kulonprogo D.I Yogyakarta.” Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam 5 (2): 40. https://doi.org/10.24235/empower.v5i2.7157.

Woro Titi Haryanti. 2019. “Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.” Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA) 2 (2). https://doi.org/10.32734/lwsa.v2i2.728.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v10i2.11296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.