Inovasi Layanan Administrasi Perpustakaan dan Layanan Referensi Online di Masa Pandemi Covid-19

Eko Retno Wulandari, Agus Muchtarom

Abstract


Kebijakan pelaksanaan pembelajaran secara daring di masa pandemi Covid-19 menyebabkan layanan perpustakaan FMIPA Universitas Padjadjaran tidak bisa dilakukan secara langsung, layanan menggunakan email atau WhatsApp yang telah dilaksanakan dinilai kurang efektif. Pada saat menjelang masa pendaftaran wisuda jumlah mahasiswa yang mengajukan surat keterangan bebas pinjam perpustakaan meningkat signifikan sehingga terjadi antrian yang cukup panjang. Di sisi lain  kebijakan penggabungan perpustakaan program studi ke perpustakaan fakultas menyebabkan peningkatan beban kerja perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan layanan online  perpustakaan yaitu layanan bebas pinjam perpustakaan, layanan keterangan unggah karya akhir, layanan cek plagiarisme, layanan penelusuran informasi, dan layanan referensi di perpustakaan FMIPA Universitas Padjadjaran. Penerapan layanan perpustakaan online berdampak pada meningkatnya efisiensi dan efektivitas perpustakaan yaitu kemudahan penyusunan laporan kinerja pegawai, karena setiap layanan yang dilaksanakan akan tercatat di dalam sistem, dari sistem yang ada pimpinan dapat melakukan monitoring dan evaluasi pekerjaan pegawai, mahasiswa dapat memperoleh layanan dengan mudah, hemat waktu dan cepat tanpa harus datang ke perpustakaan, pustakawan dapat melakukan pelayanan online ini dari mana saja, penghematan tinta printer dan kertas, dan efisiensi pegawai. Saat ini layanan perpustakaan online ini digunakan dan dapat dilihat penggunaannya pada laman website FMIPA Universitas Padjadjaran.


Keywords


Layanan Administrasi Perpustakaan Online ; Layanan Referensi Online; Covid-19

References


Brown, Stacy, Leslie Clark, Stephen Houser, Cynthia Kilby, Anna Lyle, Lisa Mackinney, Mary Lin Maner, et al. “Recommendations for Library Services During The Covid-19 Pandemic Regents Public Library Advisory Council (RPLAC),” no. April (2020): 14. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/downloads/community-mitigation-strategy.pdf.

Egoeze, Fidelis, Sanjay Misra, Rytis Maskeliūnas, and Robertas Damaševičius. “Impact of ICT on Universities Administrative Services and Management of Students’ Records: ICT in University Administration.” International Journal of Human Capital and Information Technology Professionals 9, no. 2 (2018): 1–15. https://doi.org/10.4018/IJHCITP.2018040101.

Fatmawati, Endang. Mata Baru Penelitian Perpustakaan Dari SERVQUAL Ke LIBQUAL. Jakarta: Sogung Seto, 2013.

Hasibuan, Malayu S.P. Manajemen Dasar, Pengertian Dan Masalah. Jakarta: Penerbit Gunung Agung, 1984.

Himayah. “Layanan Dan Pelayanan Perpustakaan: Menjawab Tantangan Era Teknologi Informasi.” Khizanah Al Hikmah 1, no. 1 (2013). https://doi.org/10.31227/osf.io/tzawc.

Ifijeh, Goodluck, and Felicia Yusuf. “Covid – 19 Pandemic and the Future of Nigeria’s University System: The Quest for Libraries’ Relevance.” Journal of Academic Librarianship 46, no. 6 (2020): 102226. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2020.102226.

Rahayuningsih. Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.

Rahmah, Elva. Akses Dan Layanan Perpustakaan: Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Kencana, 2018.

Restanti, Anisa Sri. “Layanan Referensi Virtual: Sebuah Strategi Jasa Layanan Referensi Di Perpustakaan.” Visi Pustaka 17 No. 1 A (2015): 3–10.

Rochmah, Erma Awalien. “Pengelolaan Layanan Perpustakaan.” Taalum 04, no. 46 (2016): 277–92.

Rusli, B. (2003). Kebijakan Publik: Membangun Pelayanan Publik Yang Responsif. Bandung: Hakim Publish, 2003.

Suharso, Putut, Imaniar Putri Arifiyana, and Dewi Wasdiana. “Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19” 4, no. 2 (2020): 271–86. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/8185/4303.

Wulandari, Eko Retno, Edwin Rizal, and Elnovani Lusiana. “Strategi Promosi E-Journal Untuk Generasi-Z Di Perpustakaan Universitas Padjadjaran Eko.” Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan 8, no. 1 (2020): 1. https://doi.org/10.24252/kah.v8i1a1.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v9i1.10393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.