KONSEP INTEGRASI TRIPUSAT PENDIDIKAN TERHADAP KEMAJUAN MASYARAKAT

Nurul Hidayati

Abstract


Pendidikan  memiliki   peran  yang  sangat kompleks dalam membekali manusia menjadi  individu yang  berkepribadian sebagaimana harapan keluarga, masyarakat,   dan  negara. Pendidikan akan selalu memiliki  keterkaitan dalam fungsinya baik peran keluarga, sekolah,  maupun masyarakat. Pendidikan yang berhasil  adalah pendidikan yang mampu mengantarkan peserta didiknya menjadi manusia yang mandiri dan bertanggung jawab. Tanpa adanya kerja sama yang baik antara ketiga kekuatan tersebut akan sulit untuk diharapkan keberhasilan pendidikan tersebut. Kajian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan dengan menelaah beberapa literatur. Dari kajian ini didapatkan hasil  bahwa ketiga elemen pendidikan (tripusat pendidikan) memiliki peranan masing-masing dan antar satu elemen dengan elemen yang lain tidak terpisahkan. Majunya peradaban suatu bangsa ditentukan dari bagaimana proses masing-masing elemen pendidikan tersebut dan bagaimana pula integrasi dari ketiganya.

Kata Kunci: pendidikan,  masyarakat, kemajuan

Education  has a very  complex  role in equipping  people  into the individual  personality as the  hope of the family, community, and country.  Education  will  always  have  a good  relationship  in its functions either the role of family, school, or community. Successful education  is an education that is capable of delivering the learners to be an independent and responsible human  being. Without  the good cooperation among the three forces, it will be difficult for the expected success of such education.  This study uses library research by analizing some literatures. The result of this study is that the three-centered of education has their own roles and the elements cannot be separated each other. The advance of a nation’s civilization is determined by how the process of each education elements is and how their integration  is.

Keywords: education, society, advance


Full Text:

PDF

References


Crain, William. 2007. Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasinya.

Terj. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2005. UU Guru dan Dosen NO. 14 tahun 2005, Bandung: Fokus Media

Khairuddin. 1997. Sosiologi Keluarga, Yogyakarta: Liberty.

Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Rosda.

Muslimin. 2004. Ilmu Pendidikan, Kediri: Institut Agama Islam

Tribakti.

Pidarta, Made. 1997. Landasan Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Sriningsih, Retno. 2002. Landasan Kependidikan, Semarang: UNES Press.

Tilaar, HAR. 2002. Membenahi Pendidikan Nasional, Jakarta: Rieneka

Cipta.

Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani

Indonesia, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tirtaraharja, Umar, dan Lasula, 1998. Pengantar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang N0. 20. Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Vembriarto, St. 1993. Sosiologi Pendidikan, jakarta: PT. Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v11i1.811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.