KONSEP INTEGRASI TRIPUSAT PENDIDIKAN TERHADAP KEMAJUAN MASYARAKAT
Abstract
Pendidikan memiliki peran yang sangat kompleks dalam membekali manusia menjadi individu yang berkepribadian sebagaimana harapan keluarga, masyarakat, dan negara. Pendidikan akan selalu memiliki keterkaitan dalam fungsinya baik peran keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Pendidikan yang berhasil adalah pendidikan yang mampu mengantarkan peserta didiknya menjadi manusia yang mandiri dan bertanggung jawab. Tanpa adanya kerja sama yang baik antara ketiga kekuatan tersebut akan sulit untuk diharapkan keberhasilan pendidikan tersebut. Kajian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan dengan menelaah beberapa literatur. Dari kajian ini didapatkan hasil bahwa ketiga elemen pendidikan (tripusat pendidikan) memiliki peranan masing-masing dan antar satu elemen dengan elemen yang lain tidak terpisahkan. Majunya peradaban suatu bangsa ditentukan dari bagaimana proses masing-masing elemen pendidikan tersebut dan bagaimana pula integrasi dari ketiganya.
Kata Kunci: pendidikan, masyarakat, kemajuan
Education has a very complex role in equipping people into the individual personality as the hope of the family, community, and country. Education will always have a good relationship in its functions either the role of family, school, or community. Successful education is an education that is capable of delivering the learners to be an independent and responsible human being. Without the good cooperation among the three forces, it will be difficult for the expected success of such education. This study uses library research by analizing some literatures. The result of this study is that the three-centered of education has their own roles and the elements cannot be separated each other. The advance of a nation’s civilization is determined by how the process of each education elements is and how their integration is.
Keywords: education, society, advance
Full Text:
PDFReferences
Crain, William. 2007. Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasinya.
Terj. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdiknas. 2005. UU Guru dan Dosen NO. 14 tahun 2005, Bandung: Fokus Media
Khairuddin. 1997. Sosiologi Keluarga, Yogyakarta: Liberty.
Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Rosda.
Muslimin. 2004. Ilmu Pendidikan, Kediri: Institut Agama Islam
Tribakti.
Pidarta, Made. 1997. Landasan Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta
Sriningsih, Retno. 2002. Landasan Kependidikan, Semarang: UNES Press.
Tilaar, HAR. 2002. Membenahi Pendidikan Nasional, Jakarta: Rieneka
Cipta.
Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani
Indonesia, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tirtaraharja, Umar, dan Lasula, 1998. Pengantar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang N0. 20. Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Vembriarto, St. 1993. Sosiologi Pendidikan, jakarta: PT. Grasindo
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v11i1.811
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: