DINAMIKA MADRASAH DINIYAH: SUATU TINJAUAN HISTORIS

Nuriyatun Nizah

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mengeksplorasi  madrasah diniyah dari tinjauan historis. penelitian ini adalah dengan pendekatan kepustakaan. Madrasah Diniyah memberikan kesadaran untuk Masyarakat Islam tentang keberadaan Pendidikan Agama. Dalam perkembangannya, telah menyebabkan pembaharuan Pendidikan Islam.  Pada Madrasah tahap berikutnya diniyah masih telah menerima pengakuan dari pemerintah sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional di Indonesia.  Ini juga memiliki  tingkat pendidikan seperti pendidikan dasar yang disebut madrasah diniyah ula atau awaliyah, sekunder pendidikan disebut diniyah wustho dan ulya terdiri dari tiga tingkat,  yang setara dengan tingkat MTs dan MA.  Madrasah diniyah adalah karakteristik pendidikan  Islam yang memiliki dinamika yang signifikan sejak awal keberadaannya.

Kata kunci: madrasah, sejarah, pengembangan

THE DYNAMICS OF MADRASAH DINIYAH: A HISTORICAL REVIEW. Madrasah Diniyah provides awareness to Islamic Society on the existence of Religious Education. In its development, it has led to the renewal of Islamic Education. At a later stage Madrasah diniyah has still been receiving recognition from the government  as part of the national education system in Indonesia. It also has education levels such as primary education called madrassas Diniyah ula or awaliyah, secondary education called diniyah wustho and Ulya consist of three levels, which are equivalent to the level of MTs and MA. The Madrasah diniyah is the characteristic of Islamic education which has significant dynamics since the beginning of its existence.

Keywords: madrasah, history, development


Full Text:

PDF

References


Abdushoma, Adib. 2006. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal.

Jakarta: Pustaka Pelajar.

Amin, Headri. 2006. Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren dan

Madrasah Diniyah. Jakarta: Diva Pustaka.

Arief, Arman. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam.

Jakarta: Ciputat Pers.

Daulay, Haidar Putra. 2001. Historisitas dan Efisiensi Pesantren sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.

Hasbullah. 1999. Kapita selekta Pendidikan Islam. Jakrta: PT Raja

Grafindo Persada.

Ibrahim. 1986. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Khozin, Manajemen Pemberdayaan madrasah, Malang: UMM Press,

PP No 55 pasal 15-16 tahun 2007, Tentang Pendidikan Agama dan

Kegamaan.

Saha, M. Ishom. 2005. Dinamika Madrasah Diniyah di Indonesia Menelusuri AkarSejarah Pendidikan Formal. Jakarta: Pustaka Mutiara.

Suharto, Toto. 2005. Lembaga Pendidikan dan Modernisasi.

Yogyakarta: Global Pustaka Utama.

Tim penyusun. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai

Pustaka.

Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia. 2005. UU Pendidikan dan PP no 73 tahun 1991 pada pasal 1 ayat 1 dan

pasal 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v11i1.810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.