DINAMIKA SEDULUR SIKEP KALIYOSO: GENEOLOGI GERAKAN DAN DISKURSUS PENDIDIKAN AGAMA
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui awal mula Sedulur Sikep di Dukuh Kaliyoso Desa Karangrowo dalam melaksanakan pendidikan formal, serta mengungkap bagaimana sistem pendidikan agama yang dijalankan di lembaga pendidikan formal yang mereka tempati. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menekankan pada aspek kedalaman informasi yang diperoleh melalui wawancara, didukung pula oleh observasi dan dokumentasi di lapangan. Adapun sampel diambil dengan teknik snowball sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya keturunan Sedulur Sikep Kaliyoso yang mengenyam pendidikan formal yang berawal dari dua anasir penting; pertama; adanya kebijakan yang berisi warga Sedulur Sikep Kaliyoso harus melaksanakan pendidikan formal, kedua; adanya kesadaran dari keturunan Sedulur Sikep sendiri tentang pentingnya pendidikan formal bagi keberlangsungan hidup mereka. Namun setelah kebijakan tersebut terealisasi, siswa keturunan Sedulur Sikep di SD 3 Kaliyoso mendapat kebijakan baru yaitu diikut sertakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).
kata kunci: kebijakan, Sedulur Sikep, pembelajaran PAI.
THE DYNAMICS OF SEDULUR SIKEP KALIYOSO GENEALOGY MOVEMENT AND RELIGIOUS EDUCATION DISCOURSE. This study aims to analyze the beginning of ‘Sedulur Sikep’ existence in Kaliyoso, Karangrowo village. It is especially about formal education implementation, and reveals how the religious education system in formal educational institutions. Researchers used a qualitative descriptive method that emphasizes the aspects of depth information obtained through interviews, supported by observation and documentation in the field. The samples were taken by using a snowball sampling technique. The results of this study showed that Sedulur Sikep Kaliyoso joining formal education starts from two essential elements; first; a policy that ‘Sedulur Sikep’ Kaliyoso should implement formal education, second; Sedulur Sikep awareness with the importance of formal education for their survival. But after the policy is realized, students from ‘Sedulur Sikep’ in SD 3 Kaliyoso got a new policy. That is included in the teaching and learing process of Islamic Religious Education (PAI).
Keywords: Policy, Sedulur Sikep, Learning PAI
Full Text:
PDFReferences
Samiyono, David. 2010. Sedulur Sikep Struktur Sosial dan Agama Masyarakat Samin di Sukolilo, Program Pascasarjana Universitas Satya Wacana, Salatiga.
Lembaga Studi Sosial dan Agama (eLSA) Semarang, 2012. Konflik, Pengadilan Keyakinan Dan Problem Kelompok Minoritas Di Jawa Tengah Tahun 2012, Lembaga Studi Sosial dan Agama berkerjasama dengan Yayasan TIFA, Semarang.
Rosyid, Moh. 2010. Kodifikasi Ajaran Samin, Kepel Press, Yogyakarta.
Ismail, Nawari. 2012. Relasi Kuasa dalam Pengubahan Budaya Komunitas Negara, Muslim, Wong Sikep, Karya Putra Darwati, Bandung.
PP Nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan pada pasal 3 ayat 1 serta pasal 9 ayat 1.
UUSPN Nomor 20 tahun 2003 bab VIII pasal 34 http://learning-ofslametwidodo.com/
w w w . t e m p o . c o / r e a d / n e w s / 2 0 1 4 / 0 8 / 2 0 /
wargapatitolakrencanapembangunanpabriksemen
http://www.paudni.kemdikbud.go.id/bindikmas/berita/yatmo- pemuka-adat-samin
http//www.regional.Kompas.com/read/2010/07/23.
http://www.tempo.co/read/news/2012/07/18/177417802/Anak- Samin-Dijebak Mengakui-Agama
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v11i1.804
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: