LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKA KETERAMPILAN BELAJAR SISWA

Anis Nuril Laili Sulistyowati

Abstract


Artikel ini ditulis untuk memberikan gambaran tentang layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan belajar siswa kelas X MIA 8 SMA Negeri 1 Kudus. Untuk  maksud  tersebut penulis menggunakan metode  observasi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif prosentase dengan cara membandingkan skor hasil penghitungan  dari kondisi awal hingga siklus kedua sehingga peningkatan keterampilan  belajar  melalui layanan  bimbingan kelompok pada siswa kelas X MIA 8 SMA Negeri 1 Kudus dapat diukur dan diketahui dengan valid dan tepat. Layanan bimbingan kelompok ini menunjukkan peningkatan keterampilan  belajar siswa. Berdasarkan hasil, dari 11 subjek penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan  belajar  siswa rata-rata 12. Dengan peningkatan keterampilan belajar ini diharapkan dapat membantu siswa dalam mencapai prestasi yang optimal.

Kata kunci: keterampilan, belajar, bimbingan, kelompok

GROUP COUNSELING SERVICE TO IMPROVE STUDENTS’ LEARNING SKILLS. This article was written to provide an overview of group counseling services in improving  the student’s learning skills of class X MIA 8 SMA Negeri 1 Kudus. For that purpose, the researcher used the method of observation which was done in two cycles. The data analysis in this research use the descriptive analysis percentage by comparing the extrapolation result score of the first condition  to the second cycle with the result that the students of Class MIA 8 SMA Negeri 1 Kudus  skills improvement  can be measured  and known accurately and valid. This group counseling service showed an increase in students’ learning skills. Based on the results, the study of 11 subjects showed an increase in students’ learning skills of the average 12. With the improvement of learning  skills is expected  to assist students  in achieving optimal performance.

Keywords: skills, learning , group counseling service



Full Text:

PDF

References


Gibson, Robert L. dan Mitchell, Marianne H. 2011. Bimbingan dan

Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Glading, Samuel T. 2012. Konseling Profesi Yang Menyeluruh. Jakarta: Indeks.

Handarini, Dany M. 2013. Materi Pelatihan 5 Tes Minat Jabatan.

Malang: Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Latipun. 2010. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar

Dan Profil, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Raharjo, Susilo dan Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Tehnik Non

Tes, Kudus: Nora Pustaka Enterprise.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.

Jakarta: Rineka Cipta.

Soemarjadi, Muzni Ramanto, dan Wikdati Zahri. 1991. Pendidikan

Keterampilan. Jakarta: Depdikbud.

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Sutoyo, Anwar. 2009. Pemahaman Individu. Semarang: Widya Karya. Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Tohirin. 2013. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah

(Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.