MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH MELALUI PENERAPAN STRATEGI BINGO
Abstract
Penulisan artikel ini dilatarbelakangi oleh adanya kecenderungan para guru mata pelajaran fiqh yang menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain, tidak ada variasi metode yang digunakan dalam mengajar. Hal ini berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Berdasarkan situasi yang ada, dibutuhkan kemajuan dalam proses belajar mengajar Fiqih. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam subjek melalui penerapan strategi bingo. Berdasarkan indikator keberhasilan tindakan yang ditentukan melalui 3 siklus penelitian, yaitu: hasil belajar siswa mencapai batas klasik keberhasilan (≥ 85%) semua siswa yang telah mencapai keberhasilan individu (Skor ≥ 60) dan sebagian besar siswa (75%) secara aktif terlibat dalam pembelajaran atau telah dikuranginya dominasi guru pada proses pembelajaran. Ini menunjukkan bahwa belajar prestasi siswa Fiqih melalui menerapkan strategi bingo semakin meningkat. Oleh karena itu, strategi bingo dapat menjadi solusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih.
Kata kunci: pencapaian hasil belajar, fiqh, strategi bingo
IMPROVING STUDENTS’ LEARNING OUTCOMES ON THE SUBJECTS OF FIQH THROUGH THE IMPLEMENTATION OF BINGO STRATEGY. The writing of this article was effected by the tendency of teachers of fiqh subjects in using the method of lectures in the learning process. In other words, there was no variation in the methods used in teaching. It is affected to the low achievement of students in learning. Based on the existing situation, it needs progress in the process of teaching and learning fiqh. Therefore, this research was conducted to improve learning achievements of students in the subject through the implementation of the strategy of bingo. Based on indicators of the success of the action that is specified by the 3 cycles of research, they are: learning results students achieve success of classical limit (≥ 85%) all of students who have achieved individual success (Score ≥ 60) and most of the students (75%) are actively engaged in learning or the dominance of the teacher has been reduced in the learning process. This shows that learning achievement of students through applying the strategy of bingo. Therefore, the strategy of bingo can be a solution to improve the learning achievements of students in the subjects of fiqh.
Keywords: learning achievement, fiqh, bingo strategy
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, & Supardi. 2006. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Khusus Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: PT Binatama Raya.
Daradjat, Zakiah. dkk. 2004. Metodik Khusus Pengajaran Agama
Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Agama RI. 2006. Standar Isi Madrasah Tsanawiyah.
Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam. Gulo W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Gramedia.
Hamalik, Oemar. 2003. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar
Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Nasution. 1995. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi
Aksara.
Nana, Sudjana, 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Robingatun. Skripsi. 2004. Eksperimen Kartu Bingo dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Kelas II SDIT Luqman al-Hakim Yogyakarta. Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar
Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Silberman, Melvin L. 1996. Active Learning : 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Penerjemah: Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia.
Siswono, Sudayat. Tesis. 2006. Optimalisasi Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Program Aplikasi Powerpoint pada Siswa Kelas VII SMP Islam Roudlotus Saidiyah, Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sriyono. 1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Cet. II. Bandung: Alfabeta.
Uno. Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses
Belajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.796
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: