MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH MELALUI PENERAPAN STRATEGI BINGO

Zaenudin Zaenudim

Abstract


Penulisan artikel ini dilatarbelakangi oleh adanya kecenderungan para guru mata pelajaran fiqh yang menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain, tidak ada variasi metode yang digunakan dalam mengajar. Hal ini berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Berdasarkan  situasi yang ada, dibutuhkan kemajuan dalam proses belajar mengajar Fiqih. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam subjek melalui penerapan strategi bingo.   Berdasarkan indikator  keberhasilan   tindakan  yang ditentukan melalui 3 siklus penelitian, yaitu: hasil belajar siswa mencapai batas klasik keberhasilan  (≥ 85%) semua siswa yang telah mencapai keberhasilan individu (Skor ≥ 60) dan sebagian besar siswa (75%) secara aktif terlibat dalam pembelajaran atau telah dikuranginya  dominasi guru pada proses pembelajaran. Ini menunjukkan bahwa belajar prestasi siswa Fiqih melalui menerapkan strategi bingo semakin meningkat. Oleh karena itu, strategi bingo dapat menjadi solusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih.

Kata kunci: pencapaian hasil belajar, fiqh, strategi bingo

IMPROVING STUDENTS’ LEARNING OUTCOMES ON THE SUBJECTS OF FIQH THROUGH THE IMPLEMENTATION OF BINGO STRATEGY. The writing of this article was effected by the tendency of teachers of fiqh subjects in using the method of lectures in the learning process. In other words, there was no variation in the methods  used in teaching. It is affected  to the low achievement of students in learning. Based on the existing situation, it needs progress in the process of teaching and learning fiqh. Therefore, this research was conducted to improve learning achievements of students in the subject through the implementation  of the strategy of bingo. Based on indicators  of the success of the action that  is specified by the 3 cycles of research, they are: learning results students  achieve success of classical limit (≥ 85%) all of students who have achieved individual success (Score ≥ 60) and most of the students (75%) are actively engaged in learning or the dominance of the teacher has been reduced in the learning  process. This  shows that learning achievement  of students through applying the strategy of bingo. Therefore, the strategy of bingo can be a solution to improve the learning achievements of students in the subjects of fiqh.

Keywords: learning achievement, fiqh, bingo strategy


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, & Supardi. 2006. Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Khusus Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: PT Binatama Raya.

Daradjat, Zakiah. dkk. 2004. Metodik Khusus Pengajaran Agama

Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Agama RI. 2006. Standar Isi Madrasah Tsanawiyah.

Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam. Gulo W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Gramedia.

Hamalik, Oemar. 2003. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar

Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Nasution. 1995. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi

Aksara.

Nana, Sudjana, 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Robingatun. Skripsi. 2004. Eksperimen Kartu Bingo dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Kelas II SDIT Luqman al-Hakim Yogyakarta. Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar

Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Silberman, Melvin L. 1996. Active Learning : 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Penerjemah: Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia.

Siswono, Sudayat. Tesis. 2006. Optimalisasi Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Program Aplikasi Powerpoint pada Siswa Kelas VII SMP Islam Roudlotus Saidiyah, Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sriyono. 1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Cet. II. Bandung: Alfabeta.

Uno. Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses

Belajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.