PEMBELAJARAN MELALUI BRAIN BASED LEARNING DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Chamidiyah Chamidiyah

Abstract


Artikel  ini bertujuan untuk memberikan gambaran serta menganalisis model pembelajaran  melalui “brain based learning” dalam pendidikan anak usia dini. Penelitian  ini  berbentuk penelitian kepustakaan (library  research) dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif analisis terhadap tema-tema Brain based learning yang merupakan model pembelajaran yang sangat tepat diterapkan dalam pendidikan anak usia dini. Pembelajaran dan pengajaran  Brain based mengacu pada pemberdayaan potensi otak.  Ada tiga strategi dalam brain based  learning.  Pertama, menciptakan lingkungan  belajar yang menantang kemampuan berfikir  siswa.  Kedua,  menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan. Ketiga, Menciptakan situasi yang aktif dan bermakna bagi siswa (active learning). Pada periode anak usia dini seluruh aspek perkembangan anak sangat peka, sehingga masa ini perlu dikelola secara optimal melalui upaya berbagai stimulasi yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan mengetahui perkembangan anak,  brain based learning sesuai diterapkan dalam pengajaran dalam pendidikan anak usia dini.

kata kunci: pembelajaran, pendidikan, anak usia dini, brain based learning

BRAIN BASED LEARNING IN CHILDHOOD EDUCATION. This article aims to provide an overview of the learning through brain based learning in childhood  education.  This study is library research by using analytical descriptive approach to Brain based learning themes as a learning model actually has its own interesting bargaining power to be applied in the learning process ecpecially in the Early Childhood Education.  Brain-based teaching and learning offers a concept to create learning oriented to the empowerment of student’s brain potential. There are three strategies that can be developed in implementation of brain based  learning.  First, create a learning environment that challenges students’ thinking  ability.  Second, create a fun learning environment.  Third, create a situation of active and meaning ful for students.  By knowing  the brain development  in children,  parents and teachers can apply the appropriate education and teaching to the children.

Keywords: learning , early childhood education, brain based learning



Full Text:

PDF

References


Ahmad, Nur. 2014. Menggali Potensi Kecerdasan Anak Melalui Pendekatan Spiritual. Jurnal Thufula, journal of Preschool Education.Volume Juli-Desember. Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus.

Buzan, Tony. 2002. Use Your Perfect Memory. Teknik Optimalisasi Daya Ingest. Temuan terkini Tentang Otak Manusia. Terjemahan basuki Hari Winarno. Ikonterelitera. Yogyakarta.

Caine, R . N., & Caine, G. (2003). 12 Brain/Mind Learning Principles In Action. The Eldbook for Making Connections, Teaching And The Human Brain. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Fathurrahman, M. dan Sulistiyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran.

Yogyakarta: Sukses offset.

Hamalik, Oemar. 2008. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan

Kompetensi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Child Development International Student

Edition. Mcgraw Hil.

Megawangi, dan Williams. 2011. Dampak Pendidikan Karakter Terhadap Akademi Anak: http://pondokibu.com/parenting/ pendidikan-psikologianak/dampak-pendidikan-karakter- terhadap-akademi-anak/ (diakses 21 Juni 2015)

Mufidah, Luk luk Nur. 2014. Brain Based Teaching.Yogyakarta: Sukses offset.

Purwanto, M.N. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Salim, Nibras Or dkk.2009. Acuan Menu Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.

Jakarta: Rajawali Pers.

Sidiarto, K & Lily, D.S. 2008. Belajar & Pola Pikir Berbasis Mekanika

Otak (Whole-Brain Thinking) Jakarta: UI Press.

Wijana, Widarmi D. dkk. 2008. Kurikulum Pendidikan Anak Usia

Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yulisardi, Arman. 2010. Merevolusi Cara Belajar Anak Melaluli Aktivasi

Sirkuit Otak. Jakarta: Generasi Cerdas




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.