AUDIENCE CENTERED PADA METODE PRESENTASI SEBAGAI AKTUALISASI PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING
Abstract
Penulisan artikel ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan paradigma dari guru sebagai pusat dalam pembelajaran/ Teacher Centered Learning (TCL) kepada siswa sebagai pusat dalam pembelajaran/Student Centered Learning (SCL). Untuk maksud tersebut, penulis melakukan penelitian kualitatif dengan memfokuskan pada metode presentasi sebagai salah satu metode yang dapat diaplikasikan untuk mengaktualisasikan Student Centered Learning (SCL) dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Metode ini dapat diterapkan pada fokus menempatkan audiens sebagai komponen penting dalam keberhasilan pembelajaran aktif. Peran guru di sini adalah hanya sebagai seorang hakim super yang memungkinkan presenter untuk menangani kegiatan kelas dan menerapkan beberapa teknik untuk membuat para audien aktif dan interaktif.
Kata kunci: Student Centered Learning (SCL), presentasi, audiens sebagai pusat pembelajaran
AUDIENCE CENTERED ON THE METHOD OF PRESENTATION AS THE ACTUALIZATION OF STUDENT LEARNING CENTERED APPROACH. The writing of this article was based on the changing of the paradigm from Teacher Centered Learning (TCL) to Student Centered Learning (SCL). For that purpose, the author did a qualitative research by focusing on the presentation method as one of methods that can be apply to actualize the SCL in the learning process in classroom. This method could be applied on the focus of audience centered that places the audience as the important component in the success of an active learning. The role of the teacher here is only as a super judge who lets the presenters to handle the classroom activities and apply some techniques to make their audience be active and interactive.
Keywords: Student Centered Learning (SCL), presentation, audience centered
Full Text:
PDFReferences
Attard, Angela, dkk. 2010. Student Centred Learning , Toolkit for students Staffs, and Higher Education Institution. Education International and the European Student Union, Brussel, Belgia.
Beebe, S.& Beebe, J. 2010. Public Speaking : An Audience-Centered
Approach (7th ed.). USA: Pearson.
Bowman, Daria Price. 1998. Presentations. Madison WI: F+W Publications Inc.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi
Aksara.
Hamalik, Oemar. 2009. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum.
Bandung: Remaja Rosda-karaya.
Kurdi, Fauziah Nuraini. 2009. Penerapan Student Centered Learning dari Teacher Centered Learning : Mata Ajar Ilmu Kesehatan pada Program Studi Penjaskes. Forum Kependidikan, volume
No. 2.
Kusuma, D., Hermana, D., Supardan, D., Undang, G. 2010.
Contextual Teaching and Learning : Sebuah Panduan Awal dalam Pengembangan PBM. Yogyakarta: Rahayasa.
Pannen, Paulina dkk. 2001. Konstruktivisme Dalam Pembelajaran.
Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka.
Rosyada, Dede. 2015. Student Centred Learning. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.http://uinjkt.ac.id/id/student-centered- learning-2/
Syamsul, Arifin. 2010. Memahami KBK_SCL dan implementasinya.
P3AI-ITS. Diakses dari: http://www.vilila.com/2010/10/
memahami-kbk-scl-dan- implementasinya.html
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Swestin, Grace & Primasanti, K.B. 2014. Public Speaking Dalam Konteks Pengajaran. Jurnal SCRIPTURA, Vol. 4, No. 2, Desember 2014: 60-68.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trinova. 2013. Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning pada
Materi PAI. Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, No. 4. Hlm. 324-335. Undang-undang No.20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional
(SISDIKNAS). Jakarta: Sinar Grafika.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.794
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: