AUDIENCE CENTERED PADA METODE PRESENTASI SEBAGAI AKTUALISASI PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING

Dliyaul Millah

Abstract


Penulisan artikel  ini dilatarbelakangi  oleh adanya perubahan paradigma dari guru sebagai pusat dalam pembelajaran/ Teacher  Centered  Learning   (TCL) kepada siswa sebagai pusat dalam pembelajaran/Student Centered  Learning  (SCL). Untuk maksud tersebut, penulis melakukan penelitian kualitatif dengan memfokuskan pada metode presentasi sebagai salah satu metode yang dapat diaplikasikan  untuk  mengaktualisasikan   Student Centered Learning (SCL) dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Metode ini dapat diterapkan pada fokus menempatkan  audiens sebagai komponen penting dalam keberhasilan  pembelajaran aktif. Peran guru di sini adalah hanya sebagai seorang hakim super yang memungkinkan presenter untuk menangani kegiatan kelas dan menerapkan beberapa teknik untuk membuat para audien aktif dan interaktif.

Kata kunci:  Student Centered  Learning  (SCL), presentasi, audiens sebagai pusat pembelajaran

AUDIENCE CENTERED ON  THE METHOD OF PRESENTATION AS THE ACTUALIZATION OF STUDENT LEARNING CENTERED APPROACH. The writing of this article was based on the changing of the paradigm from Teacher Centered Learning  (TCL)  to Student Centered  Learning (SCL). For that purpose, the author  did a qualitative research by focusing  on the presentation method as one of methods that can be apply to actualize the SCL in the learning process in classroom. This method  could be applied on the focus of audience centered that places the audience as the important component in the success of an active learning. The role of the teacher here is only as a super judge who lets the presenters to handle the classroom activities and apply some techniques to make their audience be active and interactive.

Keywords: Student Centered Learning (SCL), presentation, audience centered


Full Text:

PDF

References


Attard, Angela, dkk. 2010. Student Centred Learning , Toolkit for students Staffs, and Higher Education Institution. Education International and the European Student Union, Brussel, Belgia.

Beebe, S.& Beebe, J. 2010. Public Speaking : An Audience-Centered

Approach (7th ed.). USA: Pearson.

Bowman, Daria Price. 1998. Presentations. Madison WI: F+W Publications Inc.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi

Aksara.

Hamalik, Oemar. 2009. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum.

Bandung: Remaja Rosda-karaya.

Kurdi, Fauziah Nuraini. 2009. Penerapan Student Centered Learning dari Teacher Centered Learning : Mata Ajar Ilmu Kesehatan pada Program Studi Penjaskes. Forum Kependidikan, volume

No. 2.

Kusuma, D., Hermana, D., Supardan, D., Undang, G. 2010.

Contextual Teaching and Learning : Sebuah Panduan Awal dalam Pengembangan PBM. Yogyakarta: Rahayasa.

Pannen, Paulina dkk. 2001. Konstruktivisme Dalam Pembelajaran.

Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka.

Rosyada, Dede. 2015. Student Centred Learning. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.http://uinjkt.ac.id/id/student-centered- learning-2/

Syamsul, Arifin. 2010. Memahami KBK_SCL dan implementasinya.

P3AI-ITS. Diakses dari: http://www.vilila.com/2010/10/

memahami-kbk-scl-dan- implementasinya.html

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Swestin, Grace & Primasanti, K.B. 2014. Public Speaking Dalam Konteks Pengajaran. Jurnal SCRIPTURA, Vol. 4, No. 2, Desember 2014: 60-68.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trinova. 2013. Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning pada

Materi PAI. Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, No. 4. Hlm. 324-335. Undang-undang No.20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional

(SISDIKNAS). Jakarta: Sinar Grafika.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.