PENILAIAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA
Abstract
Penilaian tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar mengajar. Untuk memperoleh keterampilan berbahasa yang baik, maka penilaian psikomotorik siswa dalam proses belajar mengajar perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian psikomotorik siswa dengan menggunakan metode library research. Hasilnya menunjukkan bahwa penilaian hasil belajar psikomotor atau keterampilan harus mencakup persiapan, proses, dan produk. Ketiganya harus seimbang. Penilaian dapat dilakukan pada saat proses berlangsung yaitu pada waktu peserta didik melakukan praktik, atau sesudah proses berlangsung dengan cara mengetes peserta didik. Sebagai alternatif, tes pragmatik adalah tes untuk kompetensi psikomotorik yang ditawarkan. Tes tersebut adalah dikte, berbicara, pemahaman parafrase, jawaban pertanyaan dan teknik cloze.
Kata kunci: keterampilan berbahasa, penilaian psikomotorik, proses belajar mengajar
Assessment cannot be separated from teaching and learning process. For having good language skills, psychomotoric assessment should be used. The purpose of this study was knowing the psychomotoric assessment in language teaching. This study used library research method. The result showed that assessment of psychomotoric learning result or the skills should cover preparation, process, and product. These three points dhould be balanced. The assessment can be done when they have teaching and learning process. The appropriate time is when students practice or after the students having learning process by testing them. As the alternatives, pragmatic test is offered. It is for measuring the students’ psychomotoric competence. Those tests are dictation, understanding parafrase, answering question and cloze technique.
Keywords: language skill, psychomotoric assessment, teaching and learning process
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zaenal. 1991. Evaluasi Instruksional, Prinsip, Teknik, Prosedur.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Brown, Douglas. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa.
Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.
Buttler, F. Coit. 1972. Instructional System Development for Vocational and Technical Training. Educational Technology Publication Inc. New Jersey: Englewood Cliffs
Domjan, Michael. 2005. The Essentials of Conditioning and Learning.
Third Edition. Canada: Thomson Wadsworth.
Edwardes, HN. 1981. Bagaimana Membantu Orang Belajar
Keterampilan. Padang: FPTK –IKIP Padang.
Goetz, P.W. 1981. The New Encyclopedi Britanica. Vol. 10, 15th. ed.
Chicago: William Benton Publisher.
Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan
Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hasan, Alwi, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan. Nasional Balai Pustaka.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran
Bahasa. Bandung: UPI dan PT Remaja Rosdakarya.
Klein, Stephen B. 2002. Learning : Principles and Applications. Fourth
Edition. New York: McGraw Hill.
Mardapi, Djemari. 2003. Penyusunan Tes Hasil Belajar. Yogyakarta: UNY.
Mills, H.R. 1977. Teaching and Training. London: The Macmillan
Press, Ltd
Muijs, Daniel dan David Reynolds. 2008. Effective Teaching Evidence and Practice. Second Edition. London: Sage Publication.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan
Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Ryan, D.C. 1980. Characteristics of Teacher. a Research Study: Their Description, Comparation, and Appraisal. Washington, DC: American Council of Education.
Singer,R.N. 1972. The Psychomotor Domain: Movement Behavior.
London: Henry Kimton Publisher.
Sudjana, Nana. 1991. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Sinar Baru.
Walter. 2010. Pengaruh Terapi Kelompok Teraupetik terhadap Perkembangan Industri Anak Usia Sekolah di Panti Sosial Asuhan Anak Kota Bandung Tahun 2010. Tesis. Jakarta: Universitas Indonesia.
Winkel, WS. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.781
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: