ASPEK-ASPEK PENILAIAN KUALITAS GURU PAI
Abstract
Guru sebagai pendidik adalah seseorang yang memberikan kontribusi kepada masyarakat dan bangsa. Budaya tinggi dan rendah, kemajuan atau kemunduran suatu masyarakat dan tingkat budaya negara sangat tergantung pada pendidikan dan pengajaran yang diberikan oleh guru. Penelitian ini mengkaji bagaimana cara memperbaiki kualitas mengajar guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggunakan metode library reasearch. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa cara yang efektif dari pemerintah untuk memperbaiki kualitas mengajar guru Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah dengan memberikan mereka apresiasi atau penghargaan berupa sertifikasi guru. Sertifikasi ini merupakan bukti formal pengakuan formalitas guru yang diberikan kepada guru sebagai tenaga profesional. Untuk itu, gurupun diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dan profesionalitasnya.
kata kunci: kualitas, guru, PAI
Teacher as educator is someone who gives contribution to the society in a country. The culture level and the progress of society lie on the education quality. It can not be separated from teachers’ role. The aim of this study was discussing and finding the way how to improve the Islamic Education teachers’ quality. The method used in this study was library research. Based on the data analysis, the result showed that the effective way from government to improve the Islamic Education teachers’ quality is giving the appreciation. That appreciation is in the form of teachers’ certification. It can be the formal proof that the government acknowledge them as professional personnel. Hopefully, the teachers are able to improve their competence and professionality.
Keywords: quality, teacher, Education, Islam, Studi
Full Text:
PDFReferences
Daen, Amir. 1973. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha
Nasional.
Danim, Sudarman. 1994. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Peningkatan Mutu
Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: PEQIP.
Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan
Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Harefa, Andrias. 1999. Membangkitkan Roh Profesionalisme. Jakarta: Gramedia.
Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan
Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Nurdin, Syafruddin. 2002. Guru Profesinal dan Implementasi
Kurikulum. Jakarta : Ciputat Pers.
Ibrahim, R dan Nana Syaodih S. 1996. Perencanaan Pengajaran.
Jakarta: Rineka Cipta.
Semiawan, Conry R. 1991. Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan
Nasional Menjelang Abad-21. Jakarta: PT. Gramedia.
Suyanto. 2001. Wajah dan Dinamika Pendidikan Anak Bangsa. Jakarta: Adicipta.
Thoha, M. Chabib. 1996. Tehnik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Tilaar, H.A.R. 1999. Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim Didaktik Metodik Kurikulum IKIP Surabaya. 1993. Pengantar Didaktik Metodik Kurikulum PBM. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Usman, Muhammad Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.778
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: