ASPEK-ASPEK PENILAIAN KUALITAS GURU PAI

Adri Efferi

Abstract


Guru  sebagai pendidik adalah seseorang yang memberikan kontribusi kepada masyarakat dan bangsa.  Budaya tinggi dan rendah, kemajuan atau kemunduran suatu masyarakat dan tingkat budaya negara sangat tergantung pada pendidikan dan pengajaran yang diberikan oleh guru. Penelitian  ini mengkaji bagaimana cara memperbaiki kualitas mengajar guru Pendidikan Agama Islam (PAI)  dengan menggunakan metode library  reasearch. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa cara yang efektif dari pemerintah untuk memperbaiki kualitas mengajar guru Pendidikan Agama Islam (PAI)  adalah dengan memberikan mereka apresiasi atau  penghargaan berupa  sertifikasi  guru. Sertifikasi ini merupakan bukti formal pengakuan formalitas guru yang diberikan kepada guru sebagai tenaga profesional. Untuk itu, gurupun diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dan profesionalitasnya.

kata kunci: kualitas, guru, PAI

Teacher as educator is someone who gives contribution  to the society in a country. The culture level and the progress of society lie on the education quality. It can not be separated from teachers’ role. The aim of this study was discussing and finding the way how to improve the Islamic Education  teachers’ quality. The method  used in this study was library research. Based on the data analysis, the result showed that the effective way from government to improve the Islamic Education teachers’ quality  is giving the appreciation.  That appreciation  is in the form of teachers’ certification. It can be the formal proof that the government acknowledge them as professional personnel. Hopefully, the teachers are able to improve their competence and professionality.

Keywords: quality, teacher, Education, Islam, Studi



Full Text:

PDF

References


Daen, Amir. 1973. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha

Nasional.

Danim, Sudarman. 1994. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Peningkatan Mutu

Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: PEQIP.

Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan

Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Harefa, Andrias. 1999. Membangkitkan Roh Profesionalisme. Jakarta: Gramedia.

Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan

Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Nurdin, Syafruddin. 2002. Guru Profesinal dan Implementasi

Kurikulum. Jakarta : Ciputat Pers.

Ibrahim, R dan Nana Syaodih S. 1996. Perencanaan Pengajaran.

Jakarta: Rineka Cipta.

Semiawan, Conry R. 1991. Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan

Nasional Menjelang Abad-21. Jakarta: PT. Gramedia.

Suyanto. 2001. Wajah dan Dinamika Pendidikan Anak Bangsa. Jakarta: Adicipta.

Thoha, M. Chabib. 1996. Tehnik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

Tilaar, H.A.R. 1999. Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Didaktik Metodik Kurikulum IKIP Surabaya. 1993. Pengantar Didaktik Metodik Kurikulum PBM. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Usman, Muhammad Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.